bayupbm wrote:klo misal seperti kemaren sy coba buat PD-51 berat 450gr, WS 80cm, ternyata wing loadingnya stelah di itung sekitar 44-45 gr/sq.dm, sy pakai prop 7X6 dngn motor 1400kv dpt thrust 400gram, susah sekali terbang, baru sy coba dengan motor dngan watt lbih gede trust 1kg (ga pnya yng lbh kecil) saya set maximal trotle di 60% shingga maximal thrust cuma 600gram, bs terbang ngebut, cm ya batre boros (4-5 mnit saja).. dengan WL 45gr/dm dan trust 400gram, apakah seharusnya udah bisa gt om? atau pesawat masih di dalam stall speed? jadi kecepatan pesawat belum cukup untuk terbang gitu kah?
kalo ini masalahnya karena wingloading kegedean om, dg ukuran segitu jadi kayak batu pesawatnya, makanya setelah pake motor berpower lebih gede baru terbang ( pastoi boroslah kan power motornya gede) Dg wingloading segede itu, utk pesawat elektrik, maka stall speednya jadi tinggi, karena itu perlu terbang lebih kenceng ( ini yg gak tercapai oleh motor sebelumnya) kalo boleh trau, motor awal itu yg berapa watt?m terus motor yg kedua yg berapa watt?
sekalian pengen berguru sama suhu iwan21 nih mumpung lagi ada dikelas ini, dari hasil baca2 denger2 liat2 coba2 sana sini kira2 kesimpulan saya pas enggak ya suhu:
1. wing loading punya hubungan yang paling deket ke stall speed dan glide ratio, dengan wing loading yg kecil enggak bikin deg2an sang pilot karena takeoff dan landing serta terbang bisa pelan tanpa takut masuk posisi stall 2. thrust punya hubungannya kemampuan si mesin untuk menarik (tractor)/mendorong (pusher) si pesawat jadi disini tinggal mau gaya apa takeoff, terbang dan landingnya yg terang sebagai contoh kalau thrustnya kecil untuk takeoff pasti membutuhkan landasan pacu yang panjang untuk bisa mencapai kecepatan dimana sayap bisa mendapatkan gaya lift off, terus kalo mau bikin loop kalau enggak dimulai dengan posisi menukik dulu ya bakalan kagak dapet tuh moment utk ngangkat pesawat, jadi thrust itu paling deket hubungannya sama berat pesawat juga ame gaya terbang apa yang kita mauin
jadi soal wing loading sama thrust hubungannya kalau adapun enggak deket2 amat ya, nah dari kesimpulan saya ini kira2 gimana ya wak suhu guru iwan21 tolong dikoreksi ya
bayupbm wrote:klo misal seperti kemaren sy coba buat PD-51 berat 450gr, WS 80cm, ternyata wing loadingnya stelah di itung sekitar 44-45 gr/sq.dm, sy pakai prop 7X6 dngn motor 1400kv dpt thrust 400gram, susah sekali terbang, baru sy coba dengan motor dngan watt lbih gede trust 1kg (ga pnya yng lbh kecil) saya set maximal trotle di 60% shingga maximal thrust cuma 600gram, bs terbang ngebut, cm ya batre boros (4-5 mnit saja).. dengan WL 45gr/dm dan trust 400gram, apakah seharusnya udah bisa gt om? atau pesawat masih di dalam stall speed? jadi kecepatan pesawat belum cukup untuk terbang gitu kah?
kalo ini masalahnya karena wingloading kegedean om, dg ukuran segitu jadi kayak batu pesawatnya, makanya setelah pake motor berpower lebih gede baru terbang ( pastoi boroslah kan power motornya gede) Dg wingloading segede itu, utk pesawat elektrik, maka stall speednya jadi tinggi, karena itu perlu terbang lebih kenceng ( ini yg gak tercapai oleh motor sebelumnya) kalo boleh trau, motor awal itu yg berapa watt?m terus motor yg kedua yg berapa watt?
klo watt-nya gak tau om... nanti saya coba ukur amphernya, kayanya sih yang kecil skitar 100 kurang,.. tp dulu pnah untuk homed saya jg, 500an gram, bisa terbang... ga tau wing loading nya brapa waktu itu (belum kepikiran WL), sayapnya sih skiteran 120cm * 20an cm...
bayupbm wrote:klo watt-nya gak tau om... nanti saya coba ukur amphernya, kayanya sih yang kecil skitar 100 kurang,.. tp dulu pnah untuk homed saya jg, 500an gram, bisa terbang... ga tau wing loading nya brapa waktu itu (belum kepikiran WL), sayapnya sih skiteran 120cm * 20an cm...
kalo ukuran sayap segitu ( 120x20cm) dan berat 500 gr, ya wingloadingnya ringan banget, cuman 21 gr/dm2 an kalo bener power motornya kelas 100 Watt, maka power loadingnya 100/500=0,2 watt/gram. sangat cukup buat terbang slow dg wingloading rendah
bayupbm wrote:klo misal seperti kemaren sy coba buat PD-51 berat 450gr, WS 80cm, ternyata wing loadingnya stelah di itung sekitar 44-45 gr/sq.dm, sy pakai prop 7X6 dngn motor 1400kv dpt thrust 400gram, susah sekali terbang, baru sy coba dengan motor dngan watt lbih gede trust 1kg (ga pnya yng lbh kecil) saya set maximal trotle di 60% shingga maximal thrust cuma 600gram, bs terbang ngebut, cm ya batre boros (4-5 mnit saja).. dengan WL 45gr/dm dan trust 400gram, apakah seharusnya udah bisa gt om? atau pesawat masih di dalam stall speed? jadi kecepatan pesawat belum cukup untuk terbang gitu kah?
kalo ini masalahnya karena wingloading kegedean om, dg ukuran segitu jadi kayak batu pesawatnya, makanya setelah pake motor berpower lebih gede baru terbang ( pastoi boroslah kan power motornya gede) Dg wingloading segede itu, utk pesawat elektrik, maka stall speednya jadi tinggi, karena itu perlu terbang lebih kenceng ( ini yg gak tercapai oleh motor sebelumnya) kalo boleh trau, motor awal itu yg berapa watt?m terus motor yg kedua yg berapa watt?
waduh tambah mumet aja neh...!!!
wah... maaf om... bukan maksud ngerusak trit-nya om.. cuma sekalian biar ilmu yg di ajarkan senior ngumpul jadi satu...
@om iwan.. dulu sih belum kapikiran tentang pentingnya wing loading dan parameter2 lainya om...
Last edited by bayupbm on 04 Aug 2011, 14:46, edited 1 time in total.
iwan21 wrote:Hahahahaha.. Wak Toto emang jempolan bikin rangkuman, itu yg saya gak punya elmunya
baidewei , kok foto avatarnye tiap 2 -3 ari sekali ganti2 ye?, ape dibikin otomatis gitu ? mantef juge tuh
lagi demen aja wak majang foto mumpung baru bisa resize entuh foto ame nempelin di avatar sekalian mengenalkan keluarga karena kaau tanpa dukungan tuh yg duduk diepan ame di kiri aye bisa2 aye kena serangan jantung karena kagak dapat ijin kelapangan terus konci mobil dan motor disita repot dah ...........
NF wrote::tlt ...ehmmm.....OOT dikit........., ....suhu toto yg ada di foto avatar yg sebelah mana ya ?????
nah saya di avatarnya yang bagian moto di depan sama nempelin nih avatar di forum .................. ampun deh nih pa'de NF kalau sudah menginterogasi saya jadi inget waktu makan di warteg ama yg jualannya di tanya ber ulang2 takut saya ada yg lupa nyebutin ambil apanya ..............
punten ya kang asep saya numpang belajar juga nih baik terkait wing loading, thrust juga cara masang avatar ......................
nanya lagi om.. untuk solusi masalah seperti peswat saya yg terlalu berat wing loadingnya, biasanya bagamana solusi yg tepat? lebarin sayap..,? ganti batre yg lebih kecil biar ringan(skarang saya pakai 2cell 1600mah)...? atau cari motor lagi yang pas tenaga dan efisiensinya....?