Hopatz wrote:Powernya bagus ini engine rcgf 15cc cukup kuat narik low wing .61 - .75 Staterannya juga gampang..
terakhir saya pasang di mustang TWM size 61.....berat 3700 gr, hasilnya pesawatnya crash krn ngak ada tenaga, setelah nanya sana-sini nih engine hanya bisa dibawah 2700 gr.....skrg sdh jadi pajangan enginenya nunggu pswt baru yg size 50 an...berat < 2700 gr
Size 50 sepertinya bakal nose heavy om.. Saya pake pesawat homemade cepet banget Take off nya over power.. Size ukuran .61 ws 1,6m. Mustang twm kit nya berat br gram om?
membaca respon suhu hery, analisis saya terkait yang membuat kaya engine tidak bertenaga kira2 gini deh :
1. waduh itu propeller rupanya yang turut menyumbang power yg dihasilkan tidak maksimal, menurut saya propeller yg optimal itu 15x6 s/d 15x8, dengan propeller 14x6 bisa jadi over rev alias mesin menjerit tapi tidak menghasilkan thrust sesuai jadi adanyanya malah kaya kurang tenaga tuh
2. kemudian karena pakai bbm nya premium turut maka turut serta menurunkan performance dari sang engine karena timing pemercikan kalau enggak salah di set dengan menggunakan bbm yg oktannya sekelas pertamax, maka untuk mengembalikan performancenya mendekati performance kalau pakai pertamax ada dengan me resetting kembali posisi si pickup pulse nya
3. soal point 5 dan 6 itu betul sekali terkait teknik pencoakan lubang keluar untuk jalannya angin yang masuk dari depan cowl dan mengoptimalkan aliran angin melalui hanya sirip cyc head dengan tujuan agar tidak terjadi turbulensi di dalam cowl yang malah mengakumulasi panas yg berakhir dengan engine jadi panas
4. nah tanda2 mbrebet itu yang terjadi engine yang saya miliki adalah tanda bahwa engine belum fully broken'in, setelah tuntas suaranya asyik kok enggak ada brebetan di seluruh range rpm engine dan enteng lagi
kira2 gitu deh sharing info yang bisa sampaikan berdasarkan pengalaman saya menggunakan engine gasoline, semoga enggak ada yang salah nih dan bila ada yg salah mohon koreksinya dari para senior suhu2 gasoline