ask :electric conversion ke engine (video maiden)

Diskusi pesawat rc tenaga engine
User avatar
antokrose
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 15 Jun 2011, 14:18
Location: candi - sidoarjo

ask :electric conversion ke engine (video maiden)

Post by antokrose »

mohon ijin suhu suhu gareo numpang nanya, newbie lagi keracunan engine

kira kira big cessna epo ini bisa ngak di conversi ke engine ?

Image

apakah engine asp 21cc bisa diaplikasikan ke plane tersebut?

kira kira engine berapa yang direkomendasikan ?


mohon penerawangan nya suhu suhu gaero
Last edited by antokrose on 03 Jan 2012, 16:02, edited 1 time in total.
User avatar
zaki
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2242
Joined: 19 May 2008, 20:43
Location: Cilegon - BANTEN
Contact:

Re: ask :electric conversion ke engine

Post by zaki »

sebelum suhu nya nongol...numpang share ya om
kalo ga salah di tread pernah ada yg posting deh om...lupa sy

klo menurut saya sih bisa..pernah liat di toko di jakarta yg konvert( cuma ga nanya ukuran brp..tapi klo 2 stroke kisaran 21 dan 30.an ..tapi klo 21cc..blom pernah liat besar engine nya :thx )

yg penting lindungi FOAM nya om di lapisi lakban lagi..klo ga abis deh kena panas :thx
User avatar
madesatya
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 95
Joined: 24 Apr 2011, 18:58
Location: Surabaya,Rungkut
Contact:

Re: ask :electric conversion ke engine

Post by madesatya »

:pyg :pyg :pyg
udah keracunan suara engine ya om...lanjutkan om penerawangannya. :plk :plk :plk
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: ask :electric conversion ke engine

Post by unding »

Equivalent motor bawaan Cessna tsb adalah engine .25 -.30, tapi dengan ASP 21 (prop 8x6)saya jamin sdh mampu menerbangkan Cessnanya Om, dgn alasan pesawatnya cukup ringan, 1000 gram termasuk batrei 2200, sedangkan berat "motor + batrei 2200 = asp 21 + 120 cc fuel).Jadi tidak ada perubahan berat kecuali mount engine. Wing loadingnya 34-36 gr/dm2. Pengalaman saya dgn asp21 pswt dengan bobot 1300 gram dan WLnya 50 gr/dm2 masih enak terbangnya, jadi saran saya ... Lanjuuuttt...Om
User avatar
antokrose
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 15 Jun 2011, 14:18
Location: candi - sidoarjo

Re: ask :electric conversion ke engine

Post by antokrose »

unding wrote:Equivalent motor bawaan Cessna tsb adalah engine .25 -.30, tapi dengan ASP 21 (prop 8x6)saya jamin sdh mampu menerbangkan Cessnanya Om, dgn alasan pesawatnya cukup ringan, 1000 gram termasuk batrei 2200, sedangkan berat "motor + batrei 2200 = asp 21 + 120 cc fuel).Jadi tidak ada perubahan berat kecuali mount engine. Wing loadingnya 34-36 gr/dm2. Pengalaman saya dgn asp21 pswt dengan bobot 1300 gram dan WLnya 50 gr/dm2 masih enak terbangnya, jadi saran saya ... Lanjuuuttt...Om


kalau dilihat motor yang terpasang sekarang turnigy 3548 dengan berat 210 gram di comper sama asp21 233 gram jadi beda dikit,, karena stok yang ada asp 21a ,ok proyek akan dilajutkan :ok :ok :ok :ok :ok makasi masukanya om uding :thx :thx :thx :thx :thx :thx
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: ask :electric conversion ke engine

Post by unding »

antokrose wrote:
unding wrote:Equivalent motor bawaan Cessna tsb adalah engine .25 -.30, tapi dengan ASP 21 (prop 8x6)saya jamin sdh mampu menerbangkan Cessnanya Om, dgn alasan pesawatnya cukup ringan, 1000 gram termasuk batrei 2200, sedangkan berat "motor + batrei 2200 = asp 21 + 120 cc fuel).Jadi tidak ada perubahan berat kecuali mount engine. Wing loadingnya 34-36 gr/dm2. Pengalaman saya dgn asp21 pswt dengan bobot 1300 gram dan WLnya 50 gr/dm2 masih enak terbangnya, jadi saran saya ... Lanjuuuttt...Om


kalau dilihat motor yang terpasang sekarang turnigy 3548 dengan berat 210 gram di comper sama asp21 233 gram jadi beda dikit,, karena stok yang ada asp 21a ,ok proyek akan dilajutkan :ok :ok :ok :ok :ok makasi masukanya om uding :thx :thx :thx :thx :thx :thx

Jangan lupa om berat batt 2200 +/- 190 gram sedangkan berat fuel 120 cc + tank + accesories
+/- 150 gram , jadi kesimpulannya secara total hampir tidak ada perubahan berat
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: ask :electric conversion ke engine

Post by christoffel »

antokrose wrote:kira kira big cessna epo ini bisa ngak di conversi ke engine ?
bisa

antokrose wrote:apakah engine asp 21cc bisa diaplikasikan ke plane tersebut?
bisa, tapi cessna nya di fotocopy perbesar dulu ... hehehe
kalau yg sekarang, ya nggak bisa terbang keberatan mesin ....
kalau maksudnya asp .21, lha itu bisa ...

antokrose wrote:kira kira engine berapa yang direkomendasikan ?
glow 2C .15 sampai .25
.32 juga masih bisa lah, kalau pengen over power, cuman kira2 kalau di full throtle lama, bakal banyak yg mrotoli deh itu part2 nya, jadi mesti di kuatin dulu semua ....
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: ask :electric conversion ke engine

Post by iwan21 »

Setelah baca2 jawaban om Christoffel, saya baru ngeh, om Antokrose keliru tulis, engine .21 ditulis engine 21 cc :ha3

engine 21 itu maksudnya 0,21 Ci ( cubic inch) om, bukan 21 CC
Utk engine glow , penulisan volume silinder adalah dalam standar imperial/cubic inch ( 15 utk engine 0,15 Ci, 25 utk 0,25 Ci, dst)
kalo engine gasoline baru deh penulisannya dalam metrik/CC
User avatar
antokrose
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 15 Jun 2011, 14:18
Location: candi - sidoarjo

Re: ask :electric conversion ke engine

Post by antokrose »

iwan21 wrote:Setelah baca2 jawaban om Christoffel, saya baru ngeh, om Antokrose keliru tulis, engine .21 ditulis engine 21 cc :ha3

engine 21 itu maksudnya 0,21 Ci ( cubic inch) om, bukan 21 CC
Utk engine glow , penulisan volume silinder adalah dalam standar imperial/cubic inch ( 15 utk engine 0,15 Ci, 25 utk 0,25 Ci, dst)
kalo engine gasoline baru deh penulisannya dalam metrik/CC



maaf suhu iwan dan suhu christofel maksudnya glow .21 bukan gasoline 21 maaf salah tulis :thx :thx :thx :thx :thx :thx :thx
User avatar
zaki
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2242
Joined: 19 May 2008, 20:43
Location: Cilegon - BANTEN
Contact:

Re: ask :electric conversion ke engine

Post by zaki »

antokrose wrote:
iwan21 wrote:Setelah baca2 jawaban om Christoffel, saya baru ngeh, om Antokrose keliru tulis, engine .21 ditulis engine 21 cc :ha3

engine 21 itu maksudnya 0,21 Ci ( cubic inch) om, bukan 21 CC
Utk engine glow , penulisan volume silinder adalah dalam standar imperial/cubic inch ( 15 utk engine 0,15 Ci, 25 utk 0,25 Ci, dst)
kalo engine gasoline baru deh penulisannya dalam metrik/CC



maaf suhu iwan dan suhu christofel maksudnya glow .21 bukan gasoline 21 maaf salah tulis :thx :thx :thx :thx :thx :thx :thx


jgn lupa lindungi FOAM nya om ... nti keropos deh :thx
Post Reply