FieX 94 Electric Control Line

Fly by Wire alias pesawat CL

Moderators: yanfajar, su-31

User avatar
fidaero94
GUEST

FieX 94 Electric Control Line

Post by fidaero94 »

-----------Spesifikasi-----------

motor : TP 2408 - 1400kv
propeller : APC 7" x 4"
speed controler : 30 Amp
battery : 3s 1000mah
material : styrofoam, balsa wood, plywood
timer : e-flite efla172
lines : pe line 0.5mm 600inch
handle : Plywood homemade handle

Image

plan-nya

Image
viewtopic.php?f=169&t=10729

Dibantu suhu control line di Balikpapan... :bow: :bow: :hl :hl
:yes :ghug: :smt051
Last edited by fidaero94 on 12 Feb 2012, 06:48, edited 1 time in total.
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Re: FieX 94 Electric Control Line

Post by sudjai sarmo »

2408 1400KV dengan prop 8X6 memakai LiPo 3S dengan ESC 30 A bisa panas itu motornya, malahan mungkin terbakar, jangan lebih dari prop 7X6 untuk spec tersebut agar aman semuanya. Motor tersebut didisain pabriknya untuk tidak lebih dari 12A Max. Lebih dari itu bisa ngebul.
User avatar
stefendy
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 300
Joined: 14 Aug 2009, 08:13
Location: Jayapura , 2°34'10.04"S - 140°41'21.37"E

Re: FieX 94 Electric Control Line

Post by stefendy »

CL tidak perlu menggunakan vertical stabilzer, malahan condong narik tali jika pakai vert. stab. ( pesawat berusaha lurus ) untuk motor / engine di kasih right trush yang besar saja agar pesawat condong ke luar / menjauh dari pilot... CMIW
User avatar
fidaero94
GUEST

Re: FieX 94 Electric Control Line

Post by fidaero94 »

sudjai sarmo wrote:2408 1400KV dengan prop 8X6 memakai LiPo 3S dengan ESC 30 A bisa panas itu motornya, malahan mungkin terbakar, jangan lebih dari prop 7X6 untuk spec tersebut agar aman semuanya. Motor tersebut didisain pabriknya untuk tidak lebih dari 12A Max. Lebih dari itu bisa ngebul.

Sip dah masukannya, sy pikir sih kalau prop nya gede malah rada lambat gerakannya..ternyata....


stefendy wrote:CL tidak perlu menggunakan vertical stabilzer, malahan condong narik tali jika pakai vert. stab. ( pesawat berusaha lurus ) untuk motor / engine di kasih right trush yang besar saja agar pesawat condong ke luar / menjauh dari pilot... CMIW


oke....FIN nya ndak di pakai cuman buat membentuk pesawat aja..hehehe
rightthrust digedein berarti ya???
User avatar
ariebudi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 725
Joined: 19 Jul 2010, 23:29
Location: kroya, cilacap
Contact:

Re: FieX 94 Electric Control Line

Post by ariebudi »

sudjai sarmo wrote:2408 1400KV dengan prop 8X6 memakai LiPo 3S dengan ESC 30 A bisa panas itu motornya, malahan mungkin terbakar, jangan lebih dari prop 7X6 untuk spec tersebut agar aman semuanya. Motor tersebut didisain pabriknya untuk tidak lebih dari 12A Max. Lebih dari itu bisa ngebul.


setuju pak djai...pake 8x6 bakalan berasep motornya...mungkin amannya pake 7x3 ato 6x6 aja...karena selama terbang throtlenya harus konstan diposisi full...dan satu lagi...pesawat harus dibuat seringan mungkin...
:thx
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: FieX 94 Electric Control Line

Post by iwan21 »

stefendy wrote:CL tidak perlu menggunakan vertical stabilzer, malahan condong narik tali jika pakai vert. stab. ( pesawat berusaha lurus ) untuk motor / engine di kasih right trush yang besar saja agar pesawat condong ke luar / menjauh dari pilot... CMIW



boleh aja om, asal fin nya dikasih ofset keluar, tujuannya supaya pesawatnya cenderug terbang ke arah luar lingakaran, jaman dulu waktu bantu2 temen yg maen C/L begitu yg saya liat
User avatar
fidaero94
GUEST

Re: FieX 94 Electric Control Line

Post by fidaero94 »

ariebudi wrote:setuju pak djai...pake 8x6 bakalan berasep motornya...mungkin amannya pake 7x3 ato 6x6 aja...karena selama terbang throtlenya harus konstan diposisi full...dan satu lagi...pesawat harus dibuat seringan mungkin...
:thx


Sip om... max berapa gram beratnya nih???

iwan21 wrote:
stefendy wrote:CL tidak perlu menggunakan vertical stabilzer, malahan condong narik tali jika pakai vert. stab. ( pesawat berusaha lurus ) untuk motor / engine di kasih right trush yang besar saja agar pesawat condong ke luar / menjauh dari pilot... CMIW



boleh aja om, asal fin nya dikasih ofset keluar, tujuannya supaya pesawatnya cenderug terbang ke arah luar lingakaran, jaman dulu waktu bantu2 temen yg maen C/L begitu yg saya liat



berarti FIN nya dilengkungkan ke kanan (right rudder) 2-3 derajat ya?
terus kalau sudah begitu motor tetep di kasih DT dan RT gak suhu???
User avatar
fidaero94
GUEST

Re: FieX 94 Electric Control Line

Post by fidaero94 »

Progres berlanjut
potong-potong foam
Chapter 1 - bagian bodi
Image Image
fuselage length: 90 cm (kepanjangan gak nih????)
User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Re: FieX 94 Electric Control Line

Post by Kiki_54 »

fidaero94 wrote:Progres berlanjut
potong-potong foam
Chapter 1 - bagian bodi
Image Image
fuselage length: 90 cm (kepanjangan gak nih????)

Lanjut Oom....ditunggu.................. :shy
User avatar
fidaero94
GUEST

Re: FieX 94 Electric Control Line

Post by fidaero94 »

Kiki_54 wrote:
fidaero94 wrote:Progres berlanjut
potong-potong foam
Chapter 1 - bagian bodi
Image Image
fuselage length: 90 cm (kepanjangan gak nih????)

Lanjut Oom....ditunggu.................. :shy


:ok :pis
Post Reply