topankaltim wrote: ...nah itu Om..pertanyaan saya selanjutnya....he..he...dimana beli mosfetnya???ada pernah referensi kah di gaero yang sukses ganti mosfet???harganya sebanding tidak dengan jika beli baru dengan hasil perbaikan???? dan perbaikannya di mana??apa bisa solder sendiri dan aman???
MOSFET nya belum ada yg jual di dalem negri banyak yg sukses kok ganti MOSFET, saya juga dah beberapa kali , cuman ya itu, MOSFETnya hasil kanibalan juga, jadi 2 ESC rusak dapet 1 ESC sehat lagi nyolder sendiri ?, bisa aja asal punya solder yg solder bitnya kecil , paling enak pake solder hot air blower kaya tukang servise HP ( kalo saya kebetulan di kantor ada heheheheeee)
topankaltim wrote:dan...jika tetap saya gunakan dengan kondisi sekarang? (dengan cara apa agar tetap aman??) agar panas tidak berlebih dan resiko terbakar), mengingat masih bisa dipakai ....sampai saat sekarang...(timing saya turunkan di 7.5 (low, dan masih bisa diturunkan lagi, membantukah Om???)yang sebelumnya 15 (midle) Mohon dengan sangat dibantu ya Om.. salam
arus bocor gak tergantung timing, posisi throttle, dll, bagitu ada arus lewat di MOSFET, ya otomatis bocor aja antara Drain -Source nya, itu yg nyebabin panas, jadi ya memang riskan kalo mau dipake juga karena bisa tiba2 short ESC nya
topankaltim wrote: ...nah itu Om..pertanyaan saya selanjutnya....he..he...dimana beli mosfetnya???ada pernah referensi kah di gaero yang sukses ganti mosfet???harganya sebanding tidak dengan jika beli baru dengan hasil perbaikan???? dan perbaikannya di mana??apa bisa solder sendiri dan aman???
MOSFET nya belum ada yg jual di dalem negri banyak yg sukses kok ganti MOSFET, saya juga dah beberapa kali , cuman ya itu, MOSFETnya hasil kanibalan juga, jadi 2 ESC rusak dapet 1 ESC sehat lagi nyolder sendiri ?, bisa aja asal punya solder yg solder bitnya kecil , paling enak pake solder hot air blower kaya tukang servise HP ( kalo saya kebetulan di kantor ada heheheheeee)
topankaltim wrote:dan...jika tetap saya gunakan dengan kondisi sekarang? (dengan cara apa agar tetap aman??) agar panas tidak berlebih dan resiko terbakar), mengingat masih bisa dipakai ....sampai saat sekarang...(timing saya turunkan di 7.5 (low, dan masih bisa diturunkan lagi, membantukah Om???)yang sebelumnya 15 (midle) Mohon dengan sangat dibantu ya Om.. salam
arus bocor gak tergantung timing, posisi throttle, dll, bagitu ada arus lewat di MOSFET, ya otomatis bocor aja antara Drain -Source nya, itu yg nyebabin panas, jadi ya memang riskan kalo mau dipake juga karena bisa tiba2 short ESC nya
Wah...terima kasih atas pencerahannya Om Suhu Rodji..
akan saya coba perhatikan kembali ESC saya..memang benar benar harus banyak ilmu untuk mendalami aeromodelling...termasuk ilmu elektronik dan engine.... ..tidak hanya bisa beli - buang- dan beli lagi...
..kapan ya Indonesia bisa bikin ESC dan elektronik lainnya sendiri?????he..he....cikal bakalnya kayaknya sudah ada kandidat di Cikempong dan MGT nih....siapa ya??? salam
topankaltim wrote: ...nah itu Om..pertanyaan saya selanjutnya....he..he...dimana beli mosfetnya???ada pernah referensi kah di gaero yang sukses ganti mosfet???harganya sebanding tidak dengan jika beli baru dengan hasil perbaikan???? dan perbaikannya di mana??apa bisa solder sendiri dan aman???
MOSFET nya belum ada yg jual di dalem negri banyak yg sukses kok ganti MOSFET, saya juga dah beberapa kali , cuman ya itu, MOSFETnya hasil kanibalan juga, jadi 2 ESC rusak dapet 1 ESC sehat lagi nyolder sendiri ?, bisa aja asal punya solder yg solder bitnya kecil , paling enak pake solder hot air blower kaya tukang servise HP ( kalo saya kebetulan di kantor ada heheheheeee)
topankaltim wrote:dan...jika tetap saya gunakan dengan kondisi sekarang? (dengan cara apa agar tetap aman??) agar panas tidak berlebih dan resiko terbakar), mengingat masih bisa dipakai ....sampai saat sekarang...(timing saya turunkan di 7.5 (low, dan masih bisa diturunkan lagi, membantukah Om???)yang sebelumnya 15 (midle) Mohon dengan sangat dibantu ya Om.. salam
arus bocor gak tergantung timing, posisi throttle, dll, bagitu ada arus lewat di MOSFET, ya otomatis bocor aja antara Drain -Source nya, itu yg nyebabin panas, jadi ya memang riskan kalo mau dipake juga karena bisa tiba2 short ESC nya
Wah...terima kasih atas pencerahannya Om Suhu Rodji..
akan saya coba perhatikan kembali ESC saya..memang benar benar harus banyak ilmu untuk mendalami aeromodelling...termasuk ilmu elektronik dan engine.... ..tidak hanya bisa beli - buang- dan beli lagi...
..kapan ya Indonesia bisa bikin ESC dan elektronik lainnya sendiri?????he..he....cikal bakalnya kayaknya sudah ada kandidat di Cikempong dan MGT nih....siapa ya??? salam
sepertinya udah bayak yg tau nih om topan.. xxixixixi
Mantaf terbangnya, stabil, power keliatan cukup banget
selamat om atas sukses Wilga Coro nya
Terima kasih Om Rodji atas bantuan dan Supportnya sejak proses pembuatan Wilga Coro ini.
Untuk power memang lebih dari cukup Om Suhu, trotel 50 % malah kelihatan ngebut banget..jadi begitu di atas, trotle cuma saya kasih 30 - 40 % aja. takut sayap gak kuat.
terus kelihatan agak terlalu nose heavy...jadi sepanjang penerbangan harus pencet elevator dan trimnya untuk nemu yang paling pas dapat level, dan tidak menyiksa jempol kanan..dan kayaknya memang batere masih perlu mundur 1 - 2 cm, mengingat trim udah mentok ke bawah tapi jempol kanan masih perlu menyeimbangkan level trim.
sekali lagi buat Om Suhu Pakde semua dan ditunggu karya karya homemade dari Newbie dan pemula pecinta aeromodelling dengan budget pas pasan seperti saya prinsip minimalis realistis menjadi inspirasi selalu