Izin nambahin juga. Kalau saya pake sarang balpoint merek sxxwman yang diameternya cocok buat dimasukin spar dari joran pancing. Sarang balpoint dipotong sekitar 2", sisanya disimpan aja buat cadangan. Setelah dipotng 2" dipanasin kemudian dibengkokin sesuai kebutuhan. Masukin spar ke dalam lobang sarang balpoint tadi dengan terlebih dahulu dilumuri lem araldit. Lumayan kokoh juga
pake pipa almunium beli di toko almunium 1 batang 35rb an panjang 6 meter diameter +- sejari, pas tengah 2 dibengkokin pake perut yg gembul dengan sudut yg telah suhu unding diatas
1. selain pakai tripleks, bisa pakai lembaran pcb, rasanya lebih kuat. dengan posisi tegak. sudutnya diukur pakai busur dulu, trus dibentuk pakai gergaji. prinsipnya seperti WD standar. 2. kalau sparnya pakai carbon tube 3-4 mm bisa pakai ruji untuk becak, cukup fit/span, panjangnya bisa diatur
Om suhu smua, mohon dijelaskan ttg apa yang dimaksud dengan DIHEDRAL SAYAP, mgkn bs dijelaskan dgn gambar, krn masih newbie ni suhu, mohon penjelasannya suhu supaya menambah wawasan newbie ( berharap , MODE : ON )
opikandy wrote:Om suhu smua, mohon dijelaskan ttg apa yang dimaksud dengan DIHEDRAL SAYAP, mgkn bs dijelaskan dgn gambar, krn masih newbie ni suhu, mohon penjelasannya suhu supaya menambah wawasan newbie ( berharap , MODE : ON )
dehidral maksudnya kalau sayap di letakkan di lantai, maka salah satu nempel di lantai satunya lagi nggak. kalau di lihat dari depan seperti huruf V. tujuannya supaya pesawat lebih stabil dan kalau belok akan level dengan sendirinya. tolong koreksinya kalau salah..........
Hedral = sudut kalo dihedral : di = dua hedral = sudut tapi maksudnya bukan dua sudut, tapi sudut yg dibentuk oleh 2 bidang, dalam hal ini sayap kiri dan sayap kanan, sudutnya kearah atas sayap Kebalikanya kadang disebut negatif hedral, artinya keduan ujung sayap membentuk sudutnya ke arah bawah
adalagi : unhedral = enggak ada hedral polyhedral = sudut nya lebih dari dua, contoh saya glider yg panjang dg 4 bagian sayap bagian tengah ada hedral sendiri seperti sayap dg dihedral, tapi sayap bagian luar membentuk lagi hedral tersendiri, jadi ada 3 sudt yg dibentuk oleh 4 bagian sayap
begitu kira2, mohon dikoreksi kalo keliru/kurang tepat
iwan21 wrote:Hedral = sudut kalo dihedral : di = dua hedral = sudut tapi maksudnya bukan dua sudut, tapi sudut yg dibentuk oleh 2 bidang, dalam hal ini sayap kiri dan sayap kanan, sudutnya kearah atas sayap Kebalikanya kadang disebut negatif hedral, artinya keduan ujung sayap membentuk sudutnya ke arah bawah
adalagi : unhedral = enggak ada hedral polyhedral = sudut nya lebih dari dua, contoh saya glider yg panjang dg 4 bagian sayap bagian tengah ada hedral sendiri seperti sayap dg dihedral, tapi sayap bagian luar membentuk lagi hedral tersendiri, jadi ada 3 sudt yg dibentuk oleh 4 bagian sayap
begitu kira2, mohon dikoreksi kalo keliru/kurang tepat
opikandy wrote: trus guna dari dihedral sayap tersebut apa suhu?
Stabilisasi lateral, terutama utk sayap yg tanpa aileron, jadi kalo habis miring, misal saat belok, itu sayap akan meluruskan sendiri Kalo sayap tanpa hedral, utk meluruskan nya kita perlu koreksi/konter dg aileron
opikandy wrote: trus guna dari dihedral sayap tersebut apa suhu?
Stabilisasi lateral, terutama utk sayap yg tanpa aileron, jadi kalo habis miring, misal saat belok, itu sayap akan meluruskan sendiri Kalo sayap tanpa hedral, utk meluruskan nya kita perlu koreksi/konter dg aileron
ok suhu, mkasih banyak atas ilmunya sekarang newbie sudah mengerti