tanya down thrust...
Moderator: NGL
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: tanya down thrust...
@om toto: walah, koq nggak kabar2in suhu ... paling tidak kan bisa saya temenin makan tuh ... hehehe
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: tanya down thrust...
christoffel wrote:@om toto: walah, koq nggak kabar2in suhu ... paling tidak kan bisa saya temenin makan tuh ... hehehe
iya nih suhu suasananya mepet banget, saya minggu siang sih sudah kontak om diki pengen kelapangan tapi katanya udah pada balik terus juga yang lain2nya sedang pada mengisi pundi2 nya keluar kota ........... acara seminar terus ngobrol2 sama peserta di hotel bumi surabaya sampai jam 17:30 ..... lewat jam 18 saya nyebrang jalan ke coffe shop yg di gramed untuk menghadap om diki dan syafik abis itu ngider isi perut deh ...... selasa langsung terbang ke ambon ada acara disana sampai enggak kesampaian pengen ketemu om herry karena rabu pagi 1st flight balik jakarta untuk ambil order kerja lagi nih ...... kalau enggak gini entar enggak kebeli deh tuh pernak pernik aero .............. nyuwun pangapunten ya pa'lik ...............

back to slow flight mana nih om anelah semoga terjawab sudah bagaimana membuat agar pesawat bisa terbang alon2 asal dilakoni bikinnya ..................

salam
- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: tanya down thrust...
christoffel wrote:betul om AA.
om anelah ini bikin pertanyaan tentang pesawat ini di beberapa thread dan kebetulan saya baca semua, jadi saya mengerti arah pertanyaan nya.
yg saya jawab di atas itu untuk pertanyaan om anelah yg iniklu wingloding 14gr/dm2, akan tetapi pesawat terbang nggak lamban itu kira2 faktor penyebabnya dimana? tks.
untuk pertanyaan di awal thread, seperti yg dikatakan suhu iwan diatas :Faktor yg membuat terbang lebih lamban adalah wing loading yg rendah pak, setau saya gak ada hubungan sama down thrust dan juga geser2 CG
Saya bisa mengerti logika om anelah. dan ini ada benarnya juga.
supaya pesawat bisa terbang, Lift=weight.
Lift selain di pengaruhi oleh airspeed, airfoil dan luas sayap, juga dipengaruhi oleh AoA (sudut serang sayap).
Lift paling besar di dapat saat max AoA. katakan lah 45 derajat. maka pada posisi ini pesawat akan tengadah.
Pada posisi ini, sebagian dari thrust juga akan membantu Lift mengangkat pesawat, jadi airspeed bisa dikurangi juga. (terbang bisa sangat lambat).
manuver ini sering kita kenal sebagai high-alpha. om AA yg sering main ducted pasti sudah sering melakukan ... hehehe...
cuman, meskipun posisi pesawatnya tengadah, bukan berarti berat belakang.
CG nya tetap normal, cuman ada trim elevator up yg cukup.
mudah2an cukup jelas
Terima kasih, juga terima kasih pada suhu2 yang lain telah menjawab pertanyaan2 saya.
Jadi untuk membuat pesawat terbang "mendongak" (maksudnya biar bisa terbang lamban) tidak perlu harus memindahkan posisi CG ke belakang.
- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: tanya down thrust...
Ada pertanyaan lagi untuk om suhu yang terhormat, masih berkaitan dengan thrust (down/up), dimana hal ini disebabkan oleh banyaknya korban berjatuhan dari pihak propeler dan as motor.
Posisi motor dinaikkan diatas wing tepat diatas CG dengan sudut down thrust sama dengan sebelumnya, 5deg. Maksudnya agar motor/propeler tidak langsung mencium tanah saat melakukan pendaratan, kan motornya ada diatas. Masalah yang muncul sekarang: terserah mau diletakkan dimana itu batere, pesawat selalu 'njungkel' alias langsung nukik. - mlintir yang sebelumnya sudah relatif hilang -
Apakah motor tidak boleh diletakkan diatas titik berat? atau mestinya harus menggunakan up thrust?
Posisi motor dinaikkan diatas wing tepat diatas CG dengan sudut down thrust sama dengan sebelumnya, 5deg. Maksudnya agar motor/propeler tidak langsung mencium tanah saat melakukan pendaratan, kan motornya ada diatas. Masalah yang muncul sekarang: terserah mau diletakkan dimana itu batere, pesawat selalu 'njungkel' alias langsung nukik. - mlintir yang sebelumnya sudah relatif hilang -
Apakah motor tidak boleh diletakkan diatas titik berat? atau mestinya harus menggunakan up thrust?
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: tanya down thrust...
pada posisi motor nol derajat, kan sudah menimbulkan down thrust. malah kebanyakan ...
jadi harus up thrust om ...
kalau boleh saya sarankan, jangan tepat di atas CG, kompensasinya jadi susah.
lebih baik agak mundur lagi ke belakang CG (seperti WD). jadi up thrust nya nggak perlu terlalu besar.
jadi harus up thrust om ...
kalau boleh saya sarankan, jangan tepat di atas CG, kompensasinya jadi susah.
lebih baik agak mundur lagi ke belakang CG (seperti WD). jadi up thrust nya nggak perlu terlalu besar.