toto wrote:setuju dengan pandangan suhu Santoso ... paling gampang takeoff dan landing pesawat dengan system three cycle atawa landing gear nya yang atu ada di bagian nose ... tantangan takeoff dan landing dengan peswat menggunakan system landing gear nya yg ada di buntut adalah waktu takeoff sepesawat gampang kaya ekor bebek egal egol terus waktu landing selalu mencari sajadah atau tikar untuk sujud karena seneng nya begitu touch down langsung nungging tuh ............ ................... untuk mengatasinya palaing ampuh hanya dengan cara touchdown three point landing ............ nah untuk memperdalam tehnik landing ini selanjutnya suhu Santoso akan memberikan pengarahannya kan ..... terima kasih sebelum nya suhu ...........
salam
kirain cuma pesawat home madeku saja yg demikian, maaf om KBSantoso nampilin sedikit video egal egol (istilahnya om suhu toto)
Kelihatannya hal yang sepele,... Tapi taukah anda, banyak pilot RC yang sukses take off dan melakukan manuver di udara, namun masih belepotan dalam menutup penerbangan??
Beberapa minggu terakhir saya tidak lagi tergerak untuk menjungkirbalikkan TB20, karena ada rekan yg bilang percuma kita bisa manuver segala macam di udara, tapi gagal landing (yg kalo pesawat beneran berkaitan dengan nyawa awaknya). Dalam hati saya mengiyakan...meskipun agak malu juga waktu itu...karena hampir 90% penerbangan pesawat saya berakhir di rerumputan yg lebat, jauh dari runway.
Mulailah saya tekun berlatih landing, dengan metode Touch & Go... Hasilnya,....lebih dari 90% penerbangan (TB20) berakhir dengan landing yg mulus....sisanya karena faktor angin yang ekstrem sehingga keluar jalur.
Happy Flying,....happy landing Keep practice...
Hal yg paling saya perhatikan banget..., yaitu waktu pas mau landing...., sering saya batalkan utk segera nyentuh tanah karena blm pas aja, tepaksa muter lagi baru landing, saya paling sukaa Liat Pilot dgn Smooth Landing...bener2 mesraa aja kliatannya pas nyentuh tanah..
Jangan tiru yang ini ya...hehehehe susahnya belajar tail gear.....tambah bawa pesawat bongsor pertama kali... wingspan 2,5 meter dengan landasan terbatas....tapi nice landing walaupun lompat kodok
doditsky wrote:Jangan tiru yang ini ya...hehehehe susahnya belajar tail gear.....tambah bawa pesawat bongsor pertama kali... wingspan 2,5 meter dengan landasan terbatas....tapi nice landing walaupun lompat kodok
Wah,...landing di lapangan rumput gitu kalo pswt kecil yg ada sujud syukur terus,karena roda tersangkut. Untung pswt gaban dan dibantu petugas ATC,hehehe.... Sekali2 bawa yg gaban2 ke marina om Yudo...
tapi setiap kali habis landing ada kerjaan tambahan om.., urut2 landing gear (bengkok) akibat rodanya kecil (nyangkut dirumput) ditambah wing loading yg cukup besar 68 gram/dm2, AUW 1240 gram dan wing area 18 dm2, jadi saat mau landing harus ada speed (throttel 2 klik) agar pesawatnya tidak stall