[ASK] Benarkah seperti itu?

Buat yang baru belajar bikin pesawat

Moderators: im-sad, GandrungMaBur

User avatar
anelah
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 743
Joined: 25 Dec 2008, 07:18
Location: Lampung

Re: [ASK] Benarkah seperti itu?

Post by anelah »

Image
User avatar
aurasyifa
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 189
Joined: 28 Nov 2009, 06:15
Location: Bandar lampung

Re: [ASK] Benarkah seperti itu?

Post by aurasyifa »

anelah wrote:Image

(Kok text nya kancrit ya...)


Iseng buat pesawat pusher. wing 42cm dihedral 20deg. cord 10cm. posisi cg wing sekitar 3.5cm dari LE.
Letak elektroniknya diatur demikian sehingga CG Pesawat berada dibawah CG Wing.

Test dengan dilempar: pesawat cenderung meluncur kebawah, alias nyungsep. Saya pikir pasti ada Drag yang kalau ditarik garis vektornya terletak dibawah cg pesawat, yang menimbulkan momen puntir M dan itu penyebab pesawat nukik. (... benarkah begitu ? ...) Untuk itu dibuat sudut pada elevator, sedikit saja.

Test lempar: pesawat bisa landing dengan mulus, demikian juga test dengan motor on.

Sebagai ganti sudut ele sebenarnya bisa dengan down thrust (down/up tergantung posisi motor apakah dibawah/atas cg pesawat)...Nah, ternyata dengan menggunakan down thrust malah membuat pesawat nukik jika sedang glide.

Maka, kembali menggunakan sudut ele.

Diakhiri dengan pertanyaan kepada para suhu, benarkah begitu seperti yang saya paparkan diatas atau ada yang salah dengan apa yang saya pikirkan.




CMIIW: semua benda yg terbang/melayang pasti ada drag om? bila bicara glide itu ada rumusannya matematis banget, suer deh.
klo mo glide yg bagus harus punya sudut layang yg bagus / glide rasio yg besar. dan itu di pengaruhi oleh bentuk airfoilnya. ke lapter deh om minggu depan sy bw in bukunya. juga di pengaruhi aspec ratio dari sayap om ?thanks
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: [ASK] Benarkah seperti itu?

Post by toto »

om anelah ............ sekarang kalau di coba enggak di pasang lipo di depan waktu di lempar hasil nya apakah pesawat juga tetap tiba2 menukik dan terus menukik tidak kembali mendongak ............. jadi penasaran deh untuk ikut belajar nih ............ :hmm





salam
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: [ASK] Benarkah seperti itu?

Post by christoffel »

anelah wrote:wing 42cm dihedral 20deg. cord 10cm. posisi cg wing sekitar 3.5cm dari LE.
Letak elektroniknya diatur demikian sehingga CG Pesawat berada dibawah CG Wing.

42cm itu apanya om ? wing span kah ?
CG wing itu maksudnya bagaimana ? apakah maksudnya CoP atau CoL ?
kalau CG sudah 35% chord mestinya pesawat cenderung tail heavy, karena aslinya CoL ada di antara 25% sampai 30% chord.

Drag (pesawat normal) tidak akan sampai mempengaruhi pitch, karena jauh lebih kecil dari berat pesawatnya dan yg namanya test lempar itu kan nggak mungkin ngebut.
kalau saya cenderung pada posisi CG memang masih di depan CoL sehingga pesawat jadi menukik.
juga AoA perlu ditambah, karena ini kan jenis pesawat trainer dg thin airfoil (flat) jadi untuk bisa menimbulkan lift harus ada AoA yg cukup.
User avatar
anelah
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 743
Joined: 25 Dec 2008, 07:18
Location: Lampung

Re: [ASK] Benarkah seperti itu?

Post by anelah »

toto wrote:om anelah ............ sekarang kalau di coba enggak di pasang lipo di depan waktu di lempar hasil nya apakah pesawat juga tetap tiba2 menukik dan terus menukik tidak kembali mendongak ............. jadi penasaran deh untuk ikut belajar nih ............ :hmm





salam

Ya tail heavy lah pak.
User avatar
anelah
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 743
Joined: 25 Dec 2008, 07:18
Location: Lampung

Re: [ASK] Benarkah seperti itu?

Post by anelah »

aurasyifa wrote:
anelah wrote:Image

(Kok text nya kancrit ya...)


Iseng buat pesawat pusher. wing 42cm dihedral 20deg. cord 10cm. posisi cg wing sekitar 3.5cm dari LE.
Letak elektroniknya diatur demikian sehingga CG Pesawat berada dibawah CG Wing.

Test dengan dilempar: pesawat cenderung meluncur kebawah, alias nyungsep. Saya pikir pasti ada Drag yang kalau ditarik garis vektornya terletak dibawah cg pesawat, yang menimbulkan momen puntir M dan itu penyebab pesawat nukik. (... benarkah begitu ? ...) Untuk itu dibuat sudut pada elevator, sedikit saja.

Test lempar: pesawat bisa landing dengan mulus, demikian juga test dengan motor on.

Sebagai ganti sudut ele sebenarnya bisa dengan down thrust (down/up tergantung posisi motor apakah dibawah/atas cg pesawat)...Nah, ternyata dengan menggunakan down thrust malah membuat pesawat nukik jika sedang glide.

Maka, kembali menggunakan sudut ele.

Diakhiri dengan pertanyaan kepada para suhu, benarkah begitu seperti yang saya paparkan diatas atau ada yang salah dengan apa yang saya pikirkan.




CMIIW: semua benda yg terbang/melayang pasti ada drag om? bila bicara glide itu ada rumusannya matematis banget, suer deh.
klo mo glide yg bagus harus punya sudut layang yg bagus / glide rasio yg besar. dan itu di pengaruhi oleh bentuk airfoilnya. ke lapter deh om minggu depan sy bw in bukunya. juga di pengaruhi aspec ratio dari sayap om ?thanks


walah, nggak usah repot2.
User avatar
anelah
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 743
Joined: 25 Dec 2008, 07:18
Location: Lampung

Re: [ASK] Benarkah seperti itu?

Post by anelah »

christoffel wrote:
anelah wrote:wing 42cm dihedral 20deg. cord 10cm. posisi cg wing sekitar 3.5cm dari LE.
Letak elektroniknya diatur demikian sehingga CG Pesawat berada dibawah CG Wing.

42cm itu apanya om ? wing span kah ?
CG wing itu maksudnya bagaimana ? apakah maksudnya CoP atau CoL ?
kalau CG sudah 35% chord mestinya pesawat cenderung tail heavy, karena aslinya CoL ada di antara 25% sampai 30% chord.

Drag (pesawat normal) tidak akan sampai mempengaruhi pitch, karena jauh lebih kecil dari berat pesawatnya dan yg namanya test lempar itu kan nggak mungkin ngebut.
kalau saya cenderung pada posisi CG memang masih di depan CoL sehingga pesawat jadi menukik.
juga AoA perlu ditambah, karena ini kan jenis pesawat trainer dg thin airfoil (flat) jadi untuk bisa menimbulkan lift harus ada AoA yg cukup.


sepertinya memang sudut aoi kurang gede.
42cm itu wingspan
saya mendapatkan nilai 35% itu juga dari test lempar, tapi dengan model pesawat yg lain yg lebih simpel. Sama saja kan? Kan yg dibutuhkan cg wing.
User avatar
anelah
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 743
Joined: 25 Dec 2008, 07:18
Location: Lampung

Re: [ASK] Benarkah seperti itu?

Post by anelah »

Sedang tugas di jogja sampai sabtu. Jauh dari bau aeromodelling.
User avatar
anelah
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 743
Joined: 25 Dec 2008, 07:18
Location: Lampung

Re: [ASK] Benarkah seperti itu?

Post by anelah »

Image

Perbedaan pada pesawat model diatas (I dan II) hanya pada letak wing, dimana cg wing, auw dsb sama dan balance dititik cg nya.
Test lempar:
Pesawat I: meluncur turun dengan baik, artinya titik cg sudah tepat.
Pesawat II: nukik...

Apakah artinya dalam hal ini memang ada momen puntir pada model II, sehingga pada test lempar nukik ? :?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: [ASK] Benarkah seperti itu?

Post by iwan21 »

Semestinya enggak ada beda pak, high wing sama low wing cuman beda di stabilitas lateralnya aja, dimana utk high wing, efek "pendulum" sangat terasa karena semua beban menggantung dibawah sayap

Seperti ditulis suhu Christo, CG di ambil antara 25-30%, dan sebelum test glide, pastikan posisi CG sudah betul seperti cara dibawah

Image
sumber : http://www.rc-airplane-world.com/balanc ... lanes.html

catatan : test glide sebenernya efektif utk bentuk sayap delta atau geometri, yg kita suka males ngitung2 pake rumus buat dapetin CG, sementara bentuk sayap kotak kan lebih mudah ngitungnya
Post Reply