Main Heli engine yg sip pake batre apa ?

Diskusi tentang heli engine

Moderators: ferry, sahid, handoyo6299

User avatar
JetFlyer
Penasehat Senior
Penasehat Senior
Posts: 8
Joined: 21 Jan 2007, 21:21
Location: Jakarta Selatan

Post by JetFlyer »

Reva wrote:
andre77 wrote:Emang bener saran dari pak REVA dan pak tralala setelah saya kembali pake batery NICD 1800mah dan charger pake LCD gak pernah lagi ngalami GYRO eror saat heli terbang,dulunya sering banget.Enak jadinya abis main heli 2 tangki sambil charge NICD bisa main WD


kalo masuknya 1800 (lihat di lcd kanan atas) waktu end of charge... harusnya bisa 3-4 terbang tuh.....
kapasitas/tulisan batt gak penting.... yg penting waktu di charge dari kosong bisa masuk berapa MAh..... kalo dicharge bisa masuk 80% dari capasitas tertulis berarti batt masih bagus.... hati2 kalo batt di charge sering TRICKLE... berarti batt nya jelek/palsu atau sudah waktunya ganti batt baru....



Pak, walaupun sudah masuk 1800 mah, bukan berarti battery kita pasti ada kapasitas segitu lhoo..
harus kadang2 di CYCLE.. artinya di discharge lalu di charge kembali.

dan sebelum terbang, di test dgn LOAD BATTERY TESTER.
saya pernah punya pengalaman, battery di cycle, bagus. artinya di discharge dan charge kembali, kapasitasnya masih bagus.
masih sekitar 95%... wah happy banget.
tapi tiap kali mau di pake, servonya goyang2 sendiri.
belakangan di test dgn load tester 1 ampere. voltagenya melorot ke 4,6Volt !!.
kalo engga ada loadnya masih OK, sktr 5,2Volt.

katanya sich ini ada urusannya dgn IR (internal Resistance)... jadi batterynya udah kaga bisa menyimpan power lagi (seperti Tanki bensin yg Bocor)

Oh yach, satu lagi. kalo battery yg FULL di tinggal 1 minggu, lalu di test lagi(atau di discharge) dan sisanya tinggal 70an% itu artinya juga udah mulai jelek tuch. self dischargenya makin gede.(IRnya tinggi)


kalo saya pribadi, lebih suka pake batterynya 1650 atau maximum 2150.
nanti setelah 3 kali terbang, di charge lagi. dari pada pake yg gede2 banget... too much risk.

thx,
NT
User avatar
JetFlyer
Penasehat Senior
Penasehat Senior
Posts: 8
Joined: 21 Jan 2007, 21:21
Location: Jakarta Selatan

Post by JetFlyer »

Reva wrote:@Jetflier

Makanya saya recomendasikan pake batt checker FUTABA BR2000 yang pake load yg bs disetel 1-3A....
saya juga pake batt kecil 1700-2400 NICD.... yg type quick charge ato high temp...

@ALL
tentang battery bisa dibaca di http://www.sanyo.co.jp


kalo soal battery, saya banyak sekali belajar dr sini :

http://www.rcbatteryclinic.com/
http://www.vencon.com/index.php?page=support_art3


sedikit outdated sich,..... tapi majority masih relevan koq.
Sites ini sudah dapat beberapa award as the best site juga lhoo!!!

brg,
NT
User avatar
ferry
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 525
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Post by ferry »

JetFlyer wrote:
JetFlyer wrote:kalo masuknya 1800 (lihat di lcd kanan atas) waktu end of charge... harusnya bisa 3-4 terbang tuh.....
kapasitas/tulisan batt gak penting.... yg penting waktu di charge dari kosong bisa masuk berapa MAh..... kalo dicharge bisa masuk 80% dari capasitas tertulis berarti batt masih bagus.... hati2 kalo batt di charge sering TRICKLE... berarti batt nya jelek/palsu atau sudah waktunya ganti batt baru....



Pak, walaupun sudah masuk 1800 mah, bukan berarti battery kita pasti ada kapasitas segitu lhoo..
harus kadang2 di CYCLE.. artinya di discharge lalu di charge kembali.

dan sebelum terbang, di test dgn LOAD BATTERY TESTER.
saya pernah punya pengalaman, battery di cycle, bagus. artinya di discharge dan charge kembali, kapasitasnya masih bagus.
masih sekitar 95%... wah happy banget.
tapi tiap kali mau di pake, servonya goyang2 sendiri.
belakangan di test dgn load tester 1 ampere. voltagenya melorot ke 4,6Volt !!.
kalo engga ada loadnya masih OK, sktr 5,2Volt.

katanya sich ini ada urusannya dgn IR (internal Resistance)... jadi batterynya udah kaga bisa menyimpan power lagi (seperti Tanki bensin yg Bocor)

Oh yach, satu lagi. kalo battery yg FULL di tinggal 1 minggu, lalu di test lagi(atau di discharge) dan sisanya tinggal 70an% itu artinya juga udah mulai jelek tuch. self dischargenya makin gede.(IRnya tinggi)


kalo saya pribadi, lebih suka pake batterynya 1650 atau maximum 2150.
nanti setelah 3 kali terbang, di charge lagi. dari pada pake yg gede2 banget... too much risk.

thx,
NT


Betul bpk kita yg satu ini terkadang kita mengabaikan tahanan dalam batre dan self discharge batre selama disimpan utk waktu lama
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Susahnya lagi kalau kebeli battery palsu, padahal kemasanya meyakinkan sekali. Dengan adanya forum ini sangat membantu sekali.
Post Reply