NF wrote:harusnya kalo pake prop sistem contra rotating (baik single engine atau dual ) effek tork (puntir) mesin akan hilang , coba cek , rpm kanan dan riri sama ? juga coba arah putaran kedua motor dibalik ...(lihat videonya OV 10 di UT )
Coba nanti saya pindah motor yang kiri kekanan, vice versa. Ngukur rpm blm punya alatnya
Bodyguard wrote:Mohon Izin om anelah...sudah Sekalian nanya...kebetulan ada temen yg hadapi masalah yg sama juga dgn om anelah...Sebagai tindak lanjut pembahasan dari CW dan CCW, kira2 apa efek yg akan di timbulkan dari putaran 2 motor yg berbeda arah putarannya?? NB : Kalo temen sy pake 2 ESC beda merk tapi sama ampere...
Dugaan sementara ada pada esc. Motor tsb mestinya pakai esc 10a tapi adanya 20a. Ada dua esc 10a tapi dr merek berlainan: satu motor berputar duluan, tidak bareng dan pada putaran tinggi satu motor berputar lebih.
anelah wrote:Dugaan sementara ada pada esc. Motor tsb mestinya pakai esc 10a tapi adanya 20a. Ada dua esc 10a tapi dr merek berlainan: satu motor berputar duluan, tidak bareng dan pada putaran tinggi satu motor berputar lebih.
Yg sy tebalkan, pas dan sama persis dgn apa yg dialami temen sy...
lupa saya bahwa nobody is perfect atau diterapkan pada esc, motor dan propeller harus berfungsi dengan semestinya itu adalah absurd...hehehe... dengan perangkat elektronik yang kurang perfek pun mestinya harus bisa berfungsi, nah ini dia seninya. gitu aja kok repot. dengan memberikan left/right-thrust sedikit pada kedua motor tsb tujuan dapat tercapai.
anelah wrote:lupa saya bahwa nobody is perfect atau diterapkan pada esc, motor dan propeller harus berfungsi dengan semestinya itu adalah absurd...hehehe... dengan perangkat elektronik yang kurang perfek pun mestinya harus bisa berfungsi, nah ini dia seninya. gitu aja kok repot. dengan memberikan left/right-thrust sedikit pada kedua motor tsb tujuan dapat tercapai.
anelah wrote:lupa saya bahwa nobody is perfect atau diterapkan pada esc, motor dan propeller harus berfungsi dengan semestinya itu adalah absurd...hehehe... dengan perangkat elektronik yang kurang perfek pun mestinya harus bisa berfungsi, nah ini dia seninya. gitu aja kok repot. dengan memberikan left/right-thrust sedikit pada kedua motor tsb tujuan dapat tercapai.
Iya ya...anggap aja kita pake 1 motor yg butuh righthrust untuk menghindari efek puntir... Gak kepikiran...
anelah wrote:lupa saya bahwa nobody is perfect atau diterapkan pada esc, motor dan propeller harus berfungsi dengan semestinya itu adalah absurd...hehehe... dengan perangkat elektronik yang kurang perfek pun mestinya harus bisa berfungsi, nah ini dia seninya. gitu aja kok repot. dengan memberikan left/right-thrust sedikit pada kedua motor tsb tujuan dapat tercapai.
mohon maaf nih suhu.. tunjukin donk penampakan nya, khan lebih enak adaa cerita ada barang..
anelah wrote:Untuk pesawat stik (coro) dengan dua motor (kiri&kanan) apakah juga harus menerapkan posisi motor miring kekanan? Sebab pesawat tsb selalu belok (kuat) kekiri.
Propeler kanan CCW dan kiri CW, spek dua motor tsb sama dan dua esc nya juga sama. Salah satu esc dibebani bec u servos dan rx.
ijin kuliah juga Suhu...
sambil nanya yg sy merah2 itu singkatan apa ya??? maklum newbe...
sekalian nanya suhu, klo bicara merk ESC bagusan mana ya dng ampere dan harga sebanding antara Merk dg inisial TRGY, TWRPO, HK (bukan inisial lagi memang mereknya haa) kebetulan sy sedang milih ESC tp yg handal dalam artian bisa terbang lama
anelah wrote:Untuk pesawat stik (coro) dengan dua motor (kiri&kanan) apakah juga harus menerapkan posisi motor miring kekanan? Sebab pesawat tsb selalu belok (kuat) kekiri.
Propeler kanan CCW dan kiri CW, spek dua motor tsb sama dan dua esc nya juga sama. Salah satu esc dibebani bec u servos dan rx.
ijin kuliah juga Suhu...
sambil nanya yg sy merah2 itu singkatan apa ya??? maklum newbe...
sekalian nanya suhu, klo bicara merk ESC bagusan mana ya dng ampere dan harga sebanding antara Merk dg inisial TRGY, TWRPO, HK (bukan inisial lagi memang mereknya haa) kebetulan sy sedang milih ESC tp yg handal dalam artian bisa terbang lama
Bantu jawab ya om Anelah. CCW = Counter Clock wise -berlawanan arah dengan jarum jam CW = Clock wise - searah jarum jam
Kalau kita lihat dari belakang pesawat, CW ini yang putaran normal, sementara yang CCW ini yang contra Rotating. Yang CW membuat pesawat lari ke kiri dan CCW sebaliknya, jika di pasang berdampingan maka akan saling menghilangkan effect rotasi sehingga side thrust bisa di set 0 dua duanya. Tapi seperti Om Anelah bilang, nothing perfect jadi tetep harus ada adjustment.