




Moderators: ferry, sahid, handoyo6299
mandiridjaya wrote:klo menurut saya sih bisa aja oplosan dipake diheli...
itu klo tanya BISA nya....
karena pada dasarnya sama aja hanya berbeda kandungan nitronya 15% dan 0%
tetapi untuk performa jelas beda jauh... klo pesawat 0% pun ga masalah krn memang tdk dibutuhkan performa se tinggi heli krn pesawt bisa glide tanpa power sekalipun tetapi klo heli. (tdk bicara kompetisi ya, ini bicara pesawt untuk seneng2 aja)
so klo mau coba 0% ya silahkan.. atau mungkin ada penemuan baru misal ditambahkan kapur barus kayak di bensin untuk menambah oktan, ini misal loh bukan merekomendasikan utk ditambah kapurbarus metanolnya..
DedDredd wrote:Ngoplos sendiri bisa, cuman sudah cari nitromethan nya ato yg paling mudah mengencerkan nitro 30% menjadi 15%.
christoffel wrote:biasa pake nitro 15% ya. hmmmm ...
sekarang mau nyari alternatif yg murah ?
satu2nya jalan, jual, beli baru (minimal engine nya harus baru / belum kenal nitro).
Baru kita bisa coba pakai oplosan 0% nitro ... (oplosan artinya nyampur sendiri, belum tentu berarti nggak pakai nitro)
nb:
sekedar meluruskan
pesawat dan heli ataupun mobil disini, adalah wahana yg membutuhkan bahan bakar methanol karena menggunakan motor bakar sebagai sumber tenaga nya. nggak ada hubungan nya harus pake nitro atau tidak. yg penting tenaga yg tersedia harus lebih besar dari kebutuhan minimalnya.
Panambahan unsur nitro methane pada methanol+oli adalah upaya untuk meningkatkan nilai bakar, jadi bukan berarti tanpa nitro mesin nggak bisa dipakai. Sebagai akibatnya, mesin dengan bahan bakar mengandung nitro tentu saja akan lebih bartenaga daripada yg tidak.
Jadi kalau misalnya heli nya kelas 50, menurut saya sah2 saja meski tidak pakai nitro sepanjang tetap pakai engine 50. tapi kalau dipasangin engine 15, biarpun pake nitro 60% ya pasti nggak bisa terbang.
Tentu saja kalau di competisikan dengan yg pake nitro, tentu saja kalah ...
yg lebih aneh lagi, sejak kapan ada methanol+oli dan 0% nitro bisa merusak engine ?
yg bikin rusak engine itu kalau oli nya kurang ... bukan nitronya yg kurang.
christoffel wrote:selama ini yg biasa saya pakai methanol + castor dg perbandingan 4:1
kalau oli 2T saya nggak tau, karena nggak pernah pake, setahu saya oli 2T kan musuhan sama air, sedangkan methanol masih sepupu sama air.
kalau supaya kemampuan mendekati nitro 15% waduh, saya angkat tangan ...
dari sononya nilai bakarnya sudah beda, ada uang ada performance ...
yg bikin mahal itu memang nitronya, kalau saja ada bahan lain yg lebih murah tapi kemampuan sama atau lebih, pastinya nggak ada lagi yg jual nitro ...
untuk nitro oplosan, saya biasa beli nitro 60%, lalu di campur dg yg 0% diatas menjadi 5% (1:11) dan 10% (1:5).
yg 15% saya nggak pernah pake, tapi kalau mau nyampur bisa pake 1:3
pokoknya rumusnya nitro_asal dibagi nitro_tujuan dikurangi 1
jadi misal dari nitro 30% mau dibikin jadi 10% maka 30/10-1=2 jadinya 1:2
nb:
engine yg sudah biasa minum 15% jangan di paksain minum dibawah itu, bakalan rewel ...
kalau di naikin nitronya boleh, diturunkan sebaiknya jangan ...
makanya saya bilang diatas, kalau mau pake 0% harus ganti engine baru yg belum pernah kena racun nitro.