flaperon pada pesawat

Teori dan pembahasan aerodinamika

Moderator: NGL

User avatar
herjuno
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 300
Joined: 24 Aug 2011, 09:39
Location: depok - tembalang, semarang

Re: flaperon pada pesawat

Post by herjuno »

wah sy pake skywalker kok bgitu d flap malah cenderung naik y pswtny krn daya angkatny jd bertambah..
jdny g mau turun2 makany elevny perlu diturunin biar pswt mw turun..
mungkin memang bnr stiap pswt itu beda2 karakterny..
User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: flaperon pada pesawat

Post by Andri_Adr »

izin menyimak om..
kalo saya biasanya pas diaktifin flap, pesawat cenderung naik..dan biasa dicover ama elevator turun sekitar 10 persen biar lempeng..

kalau flaperon belum pernah nyoba, takut ah..
takut pas diaktifin flaperon nya ga bisa belok-belok lagi..
in case pas aktifin flaperon pesawat miring dan perlu dicover pake aileron..
btw, mohon maaf bila salah..
apakah ketika diaktifkan flaperon, aileronnya jadi ga berfungsi atau gmn om?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: flaperon pada pesawat

Post by iwan21 »

Andri_Adr wrote:izin menyimak om..
1. kalo saya biasanya pas diaktifin flap, pesawat cenderung naik..dan biasa dicover ama elevator turun sekitar 10 persen biar lempeng..

2. kalau flaperon belum pernah nyoba, takut ah..
takut pas diaktifin flaperon nya ga bisa belok-belok lagi..
in case pas aktifin flaperon pesawat miring dan perlu dicover pake aileron..
btw, mohon maaf bila salah..
apakah ketika diaktifkan flaperon, aileronnya jadi ga berfungsi atau gmn om?



1. Biasanya sih dg dikurangin speed aja om, karena tujuan flap kan buat nambah lift pada kecepatan rendah. kalo flap aktif saat sped normal ya emang akan cenderung jadi naik pesawatnya

2. kalo yg ini, flap diaktifin saat udah on final alias udah bener2 lurus dan ketinggian udah pas buat landing, gak perlu manuper2 lagi
User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: flaperon pada pesawat

Post by Andri_Adr »

iwan21 wrote:
Andri_Adr wrote:izin menyimak om..
1. kalo saya biasanya pas diaktifin flap, pesawat cenderung naik..dan biasa dicover ama elevator turun sekitar 10 persen biar lempeng..

2. kalau flaperon belum pernah nyoba, takut ah..
takut pas diaktifin flaperon nya ga bisa belok-belok lagi..
in case pas aktifin flaperon pesawat miring dan perlu dicover pake aileron..
btw, mohon maaf bila salah..
apakah ketika diaktifkan flaperon, aileronnya jadi ga berfungsi atau gmn om?



1. Biasanya sih dg dikurangin speed aja om, karena tujuan flap kan buat nambah lift pada kecepatan rendah. kalo flap aktif saat sped normal ya emang akan cenderung jadi naik pesawatnya

2. kalo yg ini, flap diaktifin saat udah on final alias udah bener2 lurus dan ketinggian udah pas buat landing, gak perlu manuper2 lagi



terima kasih masukkannya om Iwan..
insyaAllah akan saya coba aplikasikan..
User avatar
vtoms_486
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 117
Joined: 11 Sep 2012, 13:29
Location: Tomohon, Sulawesi Utara

Re: flaperon pada pesawat

Post by vtoms_486 »

Andri_Adr wrote:
iwan21 wrote:
Andri_Adr wrote:izin menyimak om..
1. kalo saya biasanya pas diaktifin flap, pesawat cenderung naik..dan biasa dicover ama elevator turun sekitar 10 persen biar lempeng..

2. kalau flaperon belum pernah nyoba, takut ah..
takut pas diaktifin flaperon nya ga bisa belok-belok lagi..
in case pas aktifin flaperon pesawat miring dan perlu dicover pake aileron..
btw, mohon maaf bila salah..
apakah ketika diaktifkan flaperon, aileronnya jadi ga berfungsi atau gmn om?



1. Biasanya sih dg dikurangin speed aja om, karena tujuan flap kan buat nambah lift pada kecepatan rendah. kalo flap aktif saat sped normal ya emang akan cenderung jadi naik pesawatnya

2. kalo yg ini, flap diaktifin saat udah on final alias udah bener2 lurus dan ketinggian udah pas buat landing, gak perlu manuper2 lagi



terima kasih masukkannya om Iwan..
insyaAllah akan saya coba aplikasikan..


kalo saya setting flaperon d tx fs9x di swicth ID2 gak 100% oom...
paling 65-70% tergantung pesawatnya.
jadi masih nyisa buat pergerakan aileronnya walau hanya sekitar 30-35%

saat udah clear for landing, turunin speed 60% ke +40%
aktifin flaperon dan tetap masih bisa mainin aileron...
semoga membantu oom...
User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: flaperon pada pesawat

Post by Andri_Adr »

Terima kasih banyak masukkannya om..
Ilmu baru buat saya
User avatar
yrakluz
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 258
Joined: 11 Aug 2010, 07:48
Location: Cinere, Jakarta
Contact:

Re: flaperon pada pesawat

Post by yrakluz »

arrivan wrote:

Minta tolong di share om parameter setingannya utk Fut T8FG, :cling
saya msh blm berhasil setingan flaperon dgn remote ini. :nw


Cub saya pake 2 servo flap plus 2 servo aileron. Untuk mengaktifkan flap yang bisa turun pelan2 kalo di-switch on (tapi aileron masih aktif --> bukan flaperon sih), saya ngikutin petunjuk dari pdf hasil google. Coba ketik: "futaba 8fg simulating a servo slow function", download pdf nya. Semoga sesuai dengan yg diinginkan :bye
User avatar
itwilly
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1173
Joined: 14 Mar 2008, 10:11
Location: Purwakarta
Contact:

Re: flaperon pada pesawat

Post by itwilly »

kalau pakai 2 servo flap dan 2 servo aileron, kekurangannya nambah berat pesawat.

masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya...........
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: flaperon pada pesawat

Post by toto »

Kalau menurut saya yang masih belajar loh ya .... Soal kelebihan dan kekurangan baik sistem independen flap dan flapron lebih dari sisi pemasangan dan pengoperasiannya deh

Terkait pemasangan flap pada pesawat kecil tentunya akan membebani tapi tidak pada pesawat besar dan kalau mau dipasang dipesawat kecil ada kok sekarang servo dengan torsi besar tapi bobotnya ringan ... Terus kalau pakai remote digital dgn menu yg lumayan komplit malah bisa sekalian sang aileron di aktifkan jadi airbrake biar membantu walau sedikit tapi lumayan utk mahan lajunya pesawat waktu sudah landing

Terus terkait dengan pengoperasian bisa jadi efektifitasnya berkurang dan kenapanya sudah dijelaskan oleh suhu iwan kan



Salam
User avatar
guntaey
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 71
Joined: 31 Mar 2010, 20:21
Location: X-jati Subang

Re: flaperon pada pesawat

Post by guntaey »

Maaf ikut memberi masukan sedikit.. kl ad kurang tolong dibetulkan.. disini kita membahas flaperon... setau saya flaperon itu kepanjangan flap dan aileron jadi mix antara flap dan aileron.. ini bisa dilakukan kalau aileron kita masing2 ad servonya jadi disayap kanan kiri pakai servo masing2 beda lagi yg aileron cm pakai 1 servo buat kanan kiri, sampai pesawatnya jenggotan jg ga bakal bs dilakukan.. hehe.. ini jg bs dilakukan kalau remit kita tersedia mix flaperon.. nah cara kerjanya sebenarnya simpel saat kita mengaktifkan swich flaperon si aileron dua2nya akan turun sesuai setingan yg telah kita buat berapa persen, tp walau sudah turun kita msh bisa fungsikan sebagai aileron jg.. sekarang kita bahas flap sendiri seperti yg udh dijelaskan suhu2 diatas flap berfungsi membantu daya angkat pesawat pada saat mau takeoff ataupyn landing.. kalau dipesawat beneran ini sangat membantu banget.. kl dipesawat kita sebenarnya pengaruhnya ga terlalu signifikan, krn tanpa flap jg akan dengan mudah takeoff ataupun landing.. tp pd saat landibg ini sangat diperlukan untuk pesawat2 kelas mid wing krn pswt mid wing identik dengan sayap yg flat jd akan mudah tuen ataupun drop stal yg tinggi kl g dibantu dgn flap.. ini sedikit masukan semoga bs membantu kl ad kurang tolong dikoreksi
Post Reply