antara engine nitro dn gasoline

Berbagi tips , trick serta cara2 reparasi pesawat

Moderator: hadi

User avatar
muchtar
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 252
Joined: 25 Feb 2008, 12:48
Location: indramayu
Contact:

Re: antara engine nitro dn gasoline

Post by muchtar »

Maria Nindhya wrote::hmm klu saya.. engine gasoline atau nitro... tetep pake methanol.. abis blm ada CL pake gasoline.. he.. he.. :kabur

jadi ,..... :hmm ...
Pakai Engine Nitro dong bu Maria....
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: antara engine nitro dn gasoline

Post by toto »

Pa'lik topan dari kaltim pertanyaannya kok ya nyeremin deh .... Yang di stel ulang ya lo dan high needle nya toh tapi mlintir nya enggak banyak kok sekitar mak nyuk aja kan maklum kalau semula di setting misalnya pada ketinggian 10 mt dpl terus ceritanya kita main di daerah misal nya 100 mt dpl kan densitas udara nya berbeda maka sedotan sang carbu akan kekurangan udara jadi disini kemungkinan akan terjadi kondisi rich yg berbuntut engine jadi mbrebet atau waktu throttle dibuka terus tiba2 ditutup bisa jadi engine mati karena kebanyakan sisa fuel yg tidak mengabut dan bagaimana setting sang needle dengan berbagai gejalanya kan ada di manual utk membuat engine bergembira .... Maap ya kalau tulisan saya ini mbulet maklum bukan ahli nulis dan juga masih belajar setting terus nih

Terus biar flow nya sang udara lancar coba pasangin deh velocity stack di carbunya juga kotak jangkrik rasa2 nya sih dengan nambahin 2 alat bantu ini menambah sang engine lebih senang bekerja nya




Salam
User avatar
topankaltim
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 671
Joined: 20 Mar 2011, 18:47
Location: Yogyakarta, Jakarta

Re: antara engine nitro dn gasoline

Post by topankaltim »

toto wrote:Pa'lik topan dari kaltim pertanyaannya kok ya nyeremin deh .... Yang di stel ulang ya lo dan high needle nya toh tapi mlintir nya enggak banyak kok sekitar mak nyuk aja kan maklum kalau semula di setting misalnya pada ketinggian 10 mt dpl terus ceritanya kita main di daerah misal nya 100 mt dpl kan densitas udara nya berbeda maka sedotan sang carbu akan kekurangan udara jadi disini kemungkinan akan terjadi kondisi rich yg berbuntut engine jadi mbrebet atau waktu throttle dibuka terus tiba2 ditutup bisa jadi engine mati karena kebanyakan sisa fuel yg tidak mengabut dan bagaimana setting sang needle dengan berbagai gejalanya kan ada di manual utk membuat engine bergembira .... Maap ya kalau tulisan saya ini mbulet maklum bukan ahli nulis dan juga masih belajar setting terus nih

Terus biar flow nya sang udara lancar coba pasangin deh velocity stack di carbunya juga kotak jangkrik rasa2 nya sih dengan nambahin 2 alat bantu ini menambah sang engine lebih senang bekerja nya


Salam


Matur sembah nuwun Pakde Suhu Toto....ilmu ini yang saya tunggu...la wong saya itu anu kok...maklum orang tinggal dihutan dan gunung gunung...sering pindah lokasi terbang biar tidak di usir sama Sautpuol ParaPormal..begitu loh Pakde..pantesan saja rasa rasanya setiap pindahan kok ada yang aneh sama tenaga angin keluaran dari si propeler.kadang kuenceng...kadang kala memble...sekali lagi terima kasih njih Pakde.
salam
topan
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: antara engine nitro dn gasoline

Post by toto »

sama2 kangmas kanjeng topankaltim semoga penerbangannya semakin menggembirakan .... coba nanti kapan2 dikasih minum tuh engine pakai methanol dan castor doang tapi jangan keseringan ya nanti tuh engine jadi nganu .......... :hi3




salam
User avatar
Janto_JAC
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 02 Jul 2013, 19:38

Re: antara engine nitro dn gasoline

Post by Janto_JAC »

toto wrote:Sedikit berbagi informasi tapi belum tentu bener loh ya :

1. Apapun engine nya baik glow atau spark performance yg dihasilkan berawal dari saat break'in dan memang utk mendapatkan hasil yg optimal hasil break'in untuk engine spark memerlukan waktu dan step yg lebih lama dan banyak dibandingkan engine glow

2. Pada engine spark begitu broken'in atau selesai br3ak'in dan setting sudah ketemu praktis setiap akan terbang tidak lagi memerlukan resetting dibandingkan dgn engine glow yg setiap awal penerbangan memerlukan setting diantara seperti mengangkat posisi pesawat jadi vertikal pakai di koclak2 segala. Engine spark yang pasti memerlukan sedikit setting ulang bila lokasi terbang memiliki beda ketinggian yg relatif berbeda banyak dr lokasi penerbangan sebelumnya

3. Mengingat power yg dihasilkan oleh engine spark kira2 3/4 dr engine glow untuk volume engine yg sama maka patut dipertimbangkan apabila ingin mengkonversi powertrain drpesawat yg tadi nya pakai engine glow utk di diganti pakai engine spark biar nanti hasilnya enggak under power

4. Pesawat terkecil yg akan dipasangkan dengan engine spark di rekomendasikan tidak lebih kecil pesawat kelas 60 dengan engine gas 15cc tapi alangkah lebih optimal kelas 90


Saya sangat setuju dengan masukan dari suhu Pak Toto. Salam kenal Pak Toto.

Berdasarkan pengalaman saya, pesawat trainer yang direkomendasikan adalah kelas mesin nitro 2 stroke 40 (kalau OS46AX).

Pesawat itu tidak terlalu kecil, sehingga lebih mudah dikendalikan, dan juga tidak terlalu besar, sehingga juga tidak terlalu mahal.

Sebenarnya, makin besar pesawat trainer dan ukuran mesinnya, makin mudah belajarnya, tetapi dari sisi biaya, sudah tidak efisien.

Mesin gasoline biasa digunakan untuk pesawat ukuran besar dan untuk penerbang intermediate dan advance.

Mesin yang banyak digunakan biasa dari ukuran 30 cc sd 150 cc.

Kalau belajar terbang dengan mesin gasoline 30 cc, sayap pesawatnya mungkin kelas 2 meteran, terus servo-nya harus yang diatas 5 kg barangkali, tidak bisa kelas Futaba S3001, jadi mahal, dan bikin was-was pada saat belajar dan sepertinya tidak ada pabrikan yang membuat pesawat trainer kelas 30 cc, semuanya untuk kelas intermediate dan advance.

Teman saya ada yang menggunakan mesin gasoline dibawah 30 cc, ribet sekali penyetelannya, malah nggak terbang-terbang. Sepertinya untuk gasoline lebih mudah mesin besar penyetelannya dibandingkan dengan yang kecil.

Karena beginner belajar terbang, bukan belajar mesin, direkomendasikan untuk terbang dengan mesin nitro 2 stroke, kalau mau lebih hemat, jangan pakai Cool Power, pakai Brataco Power :D

Salam aeromodelling
Post Reply