zaki wrote:bingung nih naro postingannya dimana....
tapi ya sudahlah klo saya tolong admin di pindahkan ya
begini tentang POWER motor berlebih pada pesawat KLO GA SALAH di sebutnya OVER KILL ya om ..???
overkill ini jika dari fisik pesawat karena bentuknya kenapa ?? pesawat terlalu kecil ...?? sayap kekecilan ?
mengakibatkan pesawat melintir/twist atau bagaimana ?
mohon petunjuk nya .....
overkill satu kata gabung, bukan over kill,
itu istilah bhs inggris umum bukan hanya utk rc saja, untuk hal2 yg dilakukan secara berlebihan alias lebai

pengaruhnya kekuatan struktur pesawat tidak memadai, kalo sampe beda jauh bisa terbang motornya copot dari firewall. kalo power dibesarin biasanya firewall dikuatin lagi entah di dobel kayunya atau modif struktur.
tergantung jg kelebihannya segimana, kalo beda2 dikit gak banyak ngaruh, turunin throttle aja udah mayan gak ada berasa bedanya.
kemudian jg pemakaian batre cepet habis, kalo digedein otomatis berat bertambah, walhasil CG harus diatur2 lg. kalo pesawat keberatan juga nggak enak terbangnya walau CG nya udah pas. biasanya pas landingnya gak bisa mulus. ujung2nya cepet rusak.
kemudian durasi terbangnya juga jadi lebih singkat utk yg menggunakan batre.
kalo utk gasolin, biasanya si struktur gak nahan getaran mesin, jadi terbang brp kali udah pada remuk atau copot2.
saran, pake aja yg sesuai power range, makin besar power tidak berarti makin bagus.
kecuali mau ada pesawat yg dikorbanin, kemudian jg pas terbang gak banyak orang di sekitar, jadi kalo jatuh gak akan nimpa org. keselamatan pesawat adalah no 1 (kalo pesawat selamat pasti gak ada org yg gak selamat)