cara start turbine

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
barubisaterbang
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 590
Joined: 19 Sep 2010, 09:13
Location: ciledug-tangerang

cara start turbine

Post by barubisaterbang »

permisi suhu,

saya sedang penasaran, engine turbine itu cara start nya gimana ya?
apakah juga perlu glow heater dan starter untuk menyalakannya?
untuk harga fuel kisarannya berapa ?
hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan apabila ingin menerbangkan pesawat turbine?
trim suhu
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Re: cara start turbine

Post by sudjai sarmo »

Fuel Engine Turbine itu pakai Avigas Turbine biasa disebut AvTur, Avi itu penerbangan Gas itu bahan bakar jadi Avigas Turbine adalah bahan bakar untuk mesin turbin. Kalau di Amerika nama bahan bakarnya juga disebut Kerosine, kalau di Indonesia disebut Minyak Tanah. Dulu waktu disubsidi pemerintah harganya murah, sekarang malah lebih mahal dari Premium setelah subsidi dicabut. Kalau kebetulan kita berada didekat lintasan pesawat yang mau takeoff bisa kita cium bau dari hembusan mesin turbine pesawat yang mirip sekali dengan bau kompor minyak tanah setelah dimatikan.
User avatar
Gerhaen
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 256
Joined: 02 Dec 2011, 14:44
Location: PURWAKARTA

Re: cara start turbine

Post by Gerhaen »

pantesan di stop peruntukannya untuk masyarakat
karena lebih mahal klo di jual ke airline :cling :cling

makdikipe :cling :cling
User avatar
barubisaterbang
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 590
Joined: 19 Sep 2010, 09:13
Location: ciledug-tangerang

Re: cara start turbine

Post by barubisaterbang »

Untuk fuel hanya pakai minyak tanah yang biasa bisa didapat warung" benar om?
Tanpa campuran minyak pelumas lg om?
Kemudian untuk proses start nya gimana om?
Apakah perlu alat bantu?
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Re: cara start turbine

Post by sudjai sarmo »

barubisaterbang wrote:Untuk fuel hanya pakai minyak tanah yang biasa bisa didapat warung" benar om?
Tanpa campuran minyak pelumas lg om?
Kemudian untuk proses start nya gimana om?
Apakah perlu alat bantu?


Benar, Minyak Tanah seperti yang dipakai kompor dapur.
Yang saya tau kalau dipesawat beneran ya hanya Minyak Tanah tanpa campuran, tetapi pernah saya baca di website RC Jet bahwa mesin Jet kecil perlu Oli untuk pelumasan Bearingnya dan Oli tersebut dicampurkan pada Bahan Bakar pesawatnya. Untuk start dan lain2nya saya tidak tau karena di Kalsel belum ada yang punya RC Jet. Mudah2an nanti ada rekan yang bisa kasi informasi.
User avatar
black_knight
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 135
Joined: 13 Feb 2008, 20:57
Location: Semarang
Contact:

Re: cara start turbine

Post by black_knight »

Starting sequence untuk turbine semua hampir sama..
Bikin airflow jalan terlebih dahulu, ignotion spark, fuel di pump..
User avatar
dino
Major
Major
Posts: 1791
Joined: 07 Jun 2008, 18:23
Location: jatim park
Contact:

Re: cara start turbine

Post by dino »

:? minyak tanah.... kOmpOr :hi3 dulu cm 3500/L
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: cara start turbine

Post by justinus »

sudjai sarmo wrote: Untuk start dan lain2nya saya tidak tau karena di Kalsel belum ada yang punya RC Jet. Mudah2an nanti ada rekan yang bisa kasi informasi.


Perlu bertanya kepada suhu Unding, sayang beberapa waktu ini beliau tidak kelihatan muncul. Gimana suhu Hidayat, apa beliau masih ngoprek jet homemade nya?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: cara start turbine

Post by iwan21 »

Prinsip start yg paling gampang kita liat ya di peralatan foging nyamuk DBD om :cling

Itu sebenernya Pulse jet tuh, gak main2
1. Start awal di pompa dulu ( kalo turbin jet tentu kompressornya diputer dulu pake motor listrik, atau pake udara tekanan tinggi yg di semprot ke ruang bakar ( combustion chamber)
2. Setelah tekanan tercapai, bahan bakar di buka sampe bercampur dg udara yg udah bertekanan
3. setelah itu igniter aka spark plug alias busi dinyalain supaya campuran udara dan bahan bakar terbakar, igniter di micro jet engine saya liat bentuknya sama dg glow plug, bisa jadi emang pake glow plug aja

kalo di pulse jet, katupnya buka tutup, maka itu suara penyemprot foging merepet gitu.

Nah setelah campuran udara dan bahan bakar terbakar dan meletus kebelakang combustion chamber, itu gas muterin turbin yg asnya terhubung ke kompressor depan.
Kalo siklus ini udah berjalan, bantuan dari luar ( udara bertekanan atau motor starter atau igniter) di stop deh.
Tinggal monitor tekanan udara, saluran bahan bakar serta juga temperatur gas buang ( EGT)

Gitu om kira2nya yg saya perhatiin kalo orang ngidupin semprotan foging DBD aka micro jet Engine
User avatar
adhreena
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 113
Joined: 13 Aug 2007, 07:21
Location: Yogyakarta

Re: cara start turbine

Post by adhreena »

iwan21 wrote:Prinsip start yg paling gampang kita liat ya di peralatan foging nyamuk DBD om :cling

Itu sebenernya Pulse jet tuh, gak main2
1. Start awal di pompa dulu ( kalo turbin jet tentu kompressornya diputer dulu pake motor listrik, atau pake udara tekanan tinggi yg di semprot ke ruang bakar ( combustion chamber)
2. Setelah tekanan tercapai, bahan bakar di buka sampe bercampur dg udara yg udah bertekanan
3. setelah itu igniter aka spark plug alias busi dinyalain supaya campuran udara dan bahan bakar terbakar, igniter di micro jet engine saya liat bentuknya sama dg glow plug, bisa jadi emang pake glow plug aja

kalo di pulse jet, katupnya buka tutup, maka itu suara penyemprot foging merepet gitu.

Nah setelah campuran udara dan bahan bakar terbakar dan meletus kebelakang combustion chamber, itu gas muterin turbin yg asnya terhubung ke kompressor depan.
Kalo siklus ini udah berjalan, bantuan dari luar ( udara bertekanan atau motor starter atau igniter) di stop deh.
Tinggal monitor tekanan udara, saluran bahan bakar serta juga temperatur gas buang ( EGT)

Gitu om kira2nya yg saya perhatiin kalo orang ngidupin semprotan foging DBD aka micro jet Engine


Idem dengan wejangan dari master suhu ini, ga ada yg kurang ataupun lebih, :yes
Post Reply