cara start turbine
Moderator: sudjai sarmo
- barubisaterbang
- Senior Master Sergeant
- Posts: 590
- Joined: 19 Sep 2010, 09:13
- Location: ciledug-tangerang
cara start turbine
permisi suhu,
saya sedang penasaran, engine turbine itu cara start nya gimana ya?
apakah juga perlu glow heater dan starter untuk menyalakannya?
untuk harga fuel kisarannya berapa ?
hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan apabila ingin menerbangkan pesawat turbine?
trim suhu
saya sedang penasaran, engine turbine itu cara start nya gimana ya?
apakah juga perlu glow heater dan starter untuk menyalakannya?
untuk harga fuel kisarannya berapa ?
hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan apabila ingin menerbangkan pesawat turbine?
trim suhu
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 517
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Re: cara start turbine
Fuel Engine Turbine itu pakai Avigas Turbine biasa disebut AvTur, Avi itu penerbangan Gas itu bahan bakar jadi Avigas Turbine adalah bahan bakar untuk mesin turbin. Kalau di Amerika nama bahan bakarnya juga disebut Kerosine, kalau di Indonesia disebut Minyak Tanah. Dulu waktu disubsidi pemerintah harganya murah, sekarang malah lebih mahal dari Premium setelah subsidi dicabut. Kalau kebetulan kita berada didekat lintasan pesawat yang mau takeoff bisa kita cium bau dari hembusan mesin turbine pesawat yang mirip sekali dengan bau kompor minyak tanah setelah dimatikan.
- Gerhaen
- Staff Sergeant
- Posts: 256
- Joined: 02 Dec 2011, 14:44
- Location: PURWAKARTA
Re: cara start turbine
pantesan di stop peruntukannya untuk masyarakat
karena lebih mahal klo di jual ke airline
makdikipe

karena lebih mahal klo di jual ke airline


makdikipe


- barubisaterbang
- Senior Master Sergeant
- Posts: 590
- Joined: 19 Sep 2010, 09:13
- Location: ciledug-tangerang
Re: cara start turbine
Untuk fuel hanya pakai minyak tanah yang biasa bisa didapat warung" benar om?
Tanpa campuran minyak pelumas lg om?
Kemudian untuk proses start nya gimana om?
Apakah perlu alat bantu?
Tanpa campuran minyak pelumas lg om?
Kemudian untuk proses start nya gimana om?
Apakah perlu alat bantu?
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 517
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Re: cara start turbine
barubisaterbang wrote:Untuk fuel hanya pakai minyak tanah yang biasa bisa didapat warung" benar om?
Tanpa campuran minyak pelumas lg om?
Kemudian untuk proses start nya gimana om?
Apakah perlu alat bantu?
Benar, Minyak Tanah seperti yang dipakai kompor dapur.
Yang saya tau kalau dipesawat beneran ya hanya Minyak Tanah tanpa campuran, tetapi pernah saya baca di website RC Jet bahwa mesin Jet kecil perlu Oli untuk pelumasan Bearingnya dan Oli tersebut dicampurkan pada Bahan Bakar pesawatnya. Untuk start dan lain2nya saya tidak tau karena di Kalsel belum ada yang punya RC Jet. Mudah2an nanti ada rekan yang bisa kasi informasi.
- black_knight
- Senior Airman
- Posts: 135
- Joined: 13 Feb 2008, 20:57
- Location: Semarang
- Contact:
Re: cara start turbine
Starting sequence untuk turbine semua hampir sama..
Bikin airflow jalan terlebih dahulu, ignotion spark, fuel di pump..
Bikin airflow jalan terlebih dahulu, ignotion spark, fuel di pump..
- dino
- Major
- Posts: 1791
- Joined: 07 Jun 2008, 18:23
- Location: jatim park
- Contact:
Re: cara start turbine


- justinus
- Second Lieutenant
- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: cara start turbine
sudjai sarmo wrote: Untuk start dan lain2nya saya tidak tau karena di Kalsel belum ada yang punya RC Jet. Mudah2an nanti ada rekan yang bisa kasi informasi.
Perlu bertanya kepada suhu Unding, sayang beberapa waktu ini beliau tidak kelihatan muncul. Gimana suhu Hidayat, apa beliau masih ngoprek jet homemade nya?
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: cara start turbine
Prinsip start yg paling gampang kita liat ya di peralatan foging nyamuk DBD om
Itu sebenernya Pulse jet tuh, gak main2
1. Start awal di pompa dulu ( kalo turbin jet tentu kompressornya diputer dulu pake motor listrik, atau pake udara tekanan tinggi yg di semprot ke ruang bakar ( combustion chamber)
2. Setelah tekanan tercapai, bahan bakar di buka sampe bercampur dg udara yg udah bertekanan
3. setelah itu igniter aka spark plug alias busi dinyalain supaya campuran udara dan bahan bakar terbakar, igniter di micro jet engine saya liat bentuknya sama dg glow plug, bisa jadi emang pake glow plug aja
kalo di pulse jet, katupnya buka tutup, maka itu suara penyemprot foging merepet gitu.
Nah setelah campuran udara dan bahan bakar terbakar dan meletus kebelakang combustion chamber, itu gas muterin turbin yg asnya terhubung ke kompressor depan.
Kalo siklus ini udah berjalan, bantuan dari luar ( udara bertekanan atau motor starter atau igniter) di stop deh.
Tinggal monitor tekanan udara, saluran bahan bakar serta juga temperatur gas buang ( EGT)
Gitu om kira2nya yg saya perhatiin kalo orang ngidupin semprotan foging DBD aka micro jet Engine

Itu sebenernya Pulse jet tuh, gak main2
1. Start awal di pompa dulu ( kalo turbin jet tentu kompressornya diputer dulu pake motor listrik, atau pake udara tekanan tinggi yg di semprot ke ruang bakar ( combustion chamber)
2. Setelah tekanan tercapai, bahan bakar di buka sampe bercampur dg udara yg udah bertekanan
3. setelah itu igniter aka spark plug alias busi dinyalain supaya campuran udara dan bahan bakar terbakar, igniter di micro jet engine saya liat bentuknya sama dg glow plug, bisa jadi emang pake glow plug aja
kalo di pulse jet, katupnya buka tutup, maka itu suara penyemprot foging merepet gitu.
Nah setelah campuran udara dan bahan bakar terbakar dan meletus kebelakang combustion chamber, itu gas muterin turbin yg asnya terhubung ke kompressor depan.
Kalo siklus ini udah berjalan, bantuan dari luar ( udara bertekanan atau motor starter atau igniter) di stop deh.
Tinggal monitor tekanan udara, saluran bahan bakar serta juga temperatur gas buang ( EGT)
Gitu om kira2nya yg saya perhatiin kalo orang ngidupin semprotan foging DBD aka micro jet Engine
- adhreena
- Senior Airman
- Posts: 113
- Joined: 13 Aug 2007, 07:21
- Location: Yogyakarta
Re: cara start turbine
iwan21 wrote:Prinsip start yg paling gampang kita liat ya di peralatan foging nyamuk DBD om![]()
Itu sebenernya Pulse jet tuh, gak main2
1. Start awal di pompa dulu ( kalo turbin jet tentu kompressornya diputer dulu pake motor listrik, atau pake udara tekanan tinggi yg di semprot ke ruang bakar ( combustion chamber)
2. Setelah tekanan tercapai, bahan bakar di buka sampe bercampur dg udara yg udah bertekanan
3. setelah itu igniter aka spark plug alias busi dinyalain supaya campuran udara dan bahan bakar terbakar, igniter di micro jet engine saya liat bentuknya sama dg glow plug, bisa jadi emang pake glow plug aja
kalo di pulse jet, katupnya buka tutup, maka itu suara penyemprot foging merepet gitu.
Nah setelah campuran udara dan bahan bakar terbakar dan meletus kebelakang combustion chamber, itu gas muterin turbin yg asnya terhubung ke kompressor depan.
Kalo siklus ini udah berjalan, bantuan dari luar ( udara bertekanan atau motor starter atau igniter) di stop deh.
Tinggal monitor tekanan udara, saluran bahan bakar serta juga temperatur gas buang ( EGT)
Gitu om kira2nya yg saya perhatiin kalo orang ngidupin semprotan foging DBD aka micro jet Engine
Idem dengan wejangan dari master suhu ini, ga ada yg kurang ataupun lebih,
