Cara menentukan RC Plane Wing

Buat yang baru belajar bikin pesawat

Moderators: im-sad, GandrungMaBur

Post Reply
User avatar
Sutarto Arto
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 210
Joined: 09 Nov 2012, 10:51

Cara menentukan RC Plane Wing

Post by Sutarto Arto »

Selamat Siang Para Suhu dan Gaero-Er

Ada kepikiran nich tentang RC Plane, RC Plane kan ada beberapa bentuk dan kharacternya.
Yang menjadi pertanyaanku adalah :
1. Bagaimana cara menentukan tinggi rendahnya main wing dan tail wing untuk setiap model RC Plane.
dan jarak antara main wing dgn tail wing?
2. Bagaimana pula untuk Vertikal Finnya ?
3. Mohon maaf jika pernah diulas dan jika salah tempat mohon dibetulkan.

Terima kasih.
NewBie.
:ktk
User avatar
amaraditya
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 62
Joined: 18 Jan 2011, 12:23
Location: jember
Contact:

Re: Cara menentukan RC Plane Wing

Post by amaraditya »

kalo saya pakai rumus ini om

viewtopic.php?f=45&t=32
User avatar
Sutarto Arto
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 210
Joined: 09 Nov 2012, 10:51

Re: Cara menentukan RC Plane Wing

Post by Sutarto Arto »

amaraditya wrote:kalo saya pakai rumus ini om

viewtopic.php?f=45&t=32


Heehee...
ada yang reply juga... om Amaraditya met kenal..

Tapi yang aku maksud adalah:

Sebagai contoh :
RC Plane utk kategori trainer ( Low Wing dan High Wing), nah untuk menentukan tinggi rendahnya Main Wing terhadap tail wing nya, apakah ada rumusannya?

Terimakasih Om.

Ayo suhu yang lain, aku tunggu infonya.
:ktk
User avatar
im-sad
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 63
Joined: 26 Jun 2007, 22:24
Location: Bukit Sentul/Sentul City
Contact:

Re: Cara menentukan RC Plane Wing

Post by im-sad »

Untuk tinggi rendahnya sayap itu tergantung dari jenis pesawat dan bagaimana kita ingin pesawat itu terbang.

Untuk trainer begginer, sayap tinggi dengan dihedral (tekuk sayap) yang sedang akan cukup untuk memberikan stabilitas pada axis roll. Ini memudahkan pesawat kembali terbang lurus setelah berbelok tampa input dari pilot sehingga memudahkan prosses belajar terbang.

Trainer low wing pada intinya sama namun sayap diletakkan di bawah dan dihedral cenderung lebih banyak untuk mengkompesasi turunnya sayap. Dengan menurunkan sayap kestabilitas roll lebih rendah karena berat pesawat sekarang terletak diatas sayap, dimana pada pesawat high wing berat pesawat menggantung di bawah sayap. Walau begitu, low wing trainer akan relatif mudah diterbangkan dan berguna mengajarkan pilot untuk meluruskan sayap setelah berbelok.

Terhadap horizontal stabilizer atau yang anda sebut "tail wing", tidak ada rumus khusus mengenai tinggi rendahnya posisinya. Efek dihedral dan tinggi rendah penempatan akan sama seperti sayap utama namun tidak akan memiliki efek besar karena ukurannya yang relatif kecil dibanding sayap utama. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa tail wing tidak terletak pas dibelakang sayap melainkan diatas atau dibawah posisi sayap (dilihat dari depan). Ini berguna untuk mencegah udara turbulent dari sayap tidak menganggu kinerja tail wing/elevator.

Image

tekuk sayap - http://en.wikipedia.org/wiki/Dihedral_(aircraft)



Untuk Vertical Stabilizer/vertical fin, sebagai rule of thumb atau hitungan kasar pastikan saja bahwa jika dilihat dari samping, luas permukaan pesawat di belakang CG lebih besar daripada luas permukaan di depan.
Post Reply