Modifikasi E-Starter tuk CrashProof&Speed

Berbagi tips , trick serta cara2 reparasi pesawat

Moderator: hadi

User avatar
DeVIN
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 162
Joined: 22 May 2007, 05:55
Location: Tasbi MEDAN
Contact:

Modifikasi E-Starter tuk CrashProof&Speed

Post by DeVIN »

Tuk dokumentasi dan berbagi,....

Semoga bermanfaat.
Salam.



Maiden,

Yudha wrote:GWS Estarter (Devin)

Spek :
- BL 2409
- Propeler 8x47
- TX-RX Hitec Optic
- Servo Towerpro x 3
- ESC Towerpro 30 Amp
- Lipo 3s

Ritual wajib
Image

Berhasil...... :bow:
Image


Modifikasinya;

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Masih ada yang kurang sebenarnya,.... maunya dihedral dipapas abis, dan tip juga dipotong.
User avatar
eidri
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 582
Joined: 16 Apr 2007, 21:32
Location: Starhill
Contact:

Post by eidri »

banyak juga y modifikasinya.....
tapi....modifikasi buat nglawan kodrat kaya gini neh yang seru....heehehehe.... :smt023
User avatar
DeVIN
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 162
Joined: 22 May 2007, 05:55
Location: Tasbi MEDAN
Contact:

Post by DeVIN »

Ya Om Eidri, yang penting puas, hi3x. Tuk modif 3 roda (scale look) sepertinya gak mungkin,.... berarti harus di lambatin lagi nih, AUW cukup berat.

Salam.
User avatar
MrDoms
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1078
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

mantap kali bang... =D> =D> =D> =D> =D>

hobi modif motor direalisasikan juga ke e-starter.... motor bebek formula... hehehehe...

stickernya mantap juga loh...
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

Mantap om.. modifikasinya ok banget :)
Dari hasil modif bisa 485gram? cukup ringan ya om.
Berat E-starter aslinya berapa ya? Kalo berat aslinya tanpa battery berapa ya?
Wilga 2000 saya yg paling ringan 465gram (tanpa battery) itu udah di modif paling maximal dan seringan mungkin...
Berat sangat pengaruh buat pswt electric... makin ringan makin enak terbangnya terutama waktu terbang slow & low...
Mendaratnya jg lebih anteng..
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Saya juga modif beberapa bagian estarter seperti yang dilakukan om devin... hasilnya selama ini kuat dan kenceng larinya

dengan spek motor 2409, esc 25A Align, lipo 2200mah 15C 3sel, prop 1047 mantap bener... dan berat keseluruhan blm mencapai 500gram, apalagi kalau menggunakan lipo 1000mah 3sel jadi tambah ringan banget
Modif yang dilakukan memperkuat bagian vertical fin dan horisontal pada bagian clevis cekungannya yang rentan patah... mounting landing gear depan dan belakang dan dudukannya di body dg triplek, spar di body dan main wing... posisi esc diletakkan dibelakang cowl yang lubang untuk antisipasi cutt-off

Sayangnya saya tidak begitu mengerti teori dihedral, airfoil untuk untuk meningkatkan performa kecepatan, gesit dll...

Hasilnya sangat puas dengan estarter
User avatar
DeVIN
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 162
Joined: 22 May 2007, 05:55
Location: Tasbi MEDAN
Contact:

Post by DeVIN »

@Om Dom's, tks,.. maklum, masukan tuk stiker dari sikecil yang terus menjadi asisten baik, he3x.

@Om August, ya om, Estater stok bisa dibangun kurang dari 400 gr tanpa Lipo.

Berat AUW menjadi kritis karena kondisi lapangan berangin membuat pesawat elektrik di sini paling tidak 500 gr. Espad polifoam pertama saya 300 gr tidak cukup kuat "melawan-nya" (melayang seperti layangan), dan akhirnya motor 2408-nya lumer sehingga espad kedua udah dibuat 500gr baru enakan. Estater tinggal mengikutinya.

@Om Syafik, iya om emang manteff,... 1047 menghasilkan torsi om, coba dulu dengan 86 atau potong jadi 847, biar speed yang didapet.
Dihedral membuat stabilisasi level flight (juga wingtip esatater ini), bikin beberapa manuver agak lemot (tuk trainer),... Pasti lebih gesit kalo dipapas.

Oya, posisi ESC di cowl cenderung berisiko juga seandainya crash,...hi3x.

Salam.
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Modifikasi E-Starter tuk CrashProof&Speed

Post by toto »

DeVIN wrote:Tuk dokumentasi dan berbagi,....

Semoga bermanfaat.
Salam.



Maiden,

Yudha wrote:GWS Estarter (Devin)

Spek :
- BL 2409
- Propeler 8x47
- TX-RX Hitec Optic
- Servo Towerpro x 3
- ESC Towerpro 30 Amp
- Lipo 3s

Ritual wajib
Image

Berhasil...... :bow:
Image


Modifikasinya;

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Masih ada yang kurang sebenarnya,.... maunya dihedral dipapas abis, dan tip juga dipotong.


@Devin, wah kalo ngeliat jeroannya kaya gitu ya saya yakin kuat lah, dasar pemula nekad waktu itu saya modif cuman bagian power nya aja jadi begitulah nasibnya EStrater saya tidak hanya jebol di sayap tapi bagian pengait di fuselage depan dan belakang juga ikut kebawa berterbangan sendiri-sendiri .... :-# :-# :-# ......... any way thank you for sharing ........ saya ijin untuk mencontoh ya bang ...... :bow: :bow: :bow:
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

DeVIN wrote:
@Om Syafik, iya om emang manteff,... 1047 menghasilkan torsi om, coba dulu dengan 86 atau potong jadi 847, biar speed yang didapet.
Dihedral membuat stabilisasi level flight (juga wingtip esatater ini), bikin beberapa manuver agak lemot (tuk trainer),... Pasti lebih gesit kalo dipapas.

Oya, posisi ESC di cowl cenderung berisiko juga seandainya crash,...hi3x.

Salam.

Prop udah dicoba beberapa kemungkinan om... jadi bisa merasakan semua, pernah pake 7035, 8040, kurang tenaga, 0806 enak, 0907 lbh enak tapi motor cepet panas, akhirnya jatuh di 1047 aja deh...

posisi esc sebenarnya tidak di cowl kok om, tapi didalam body tapi tepat diujung lubang cowl yang tempat kabel itu... lubangnya dicoak lbh besar dikit biar kena angin...
User avatar
DeVIN
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 162
Joined: 22 May 2007, 05:55
Location: Tasbi MEDAN
Contact:

Re: Modifikasi E-Starter tuk CrashProof&Speed

Post by DeVIN »

toto wrote:
@Devin, wah kalo ngeliat jeroannya kaya gitu ya saya yakin kuat lah, dasar pemula nekad waktu itu saya modif cuman bagian power nya aja jadi begitulah nasibnya EStrater saya tidak hanya jebol di sayap tapi bagian pengait di fuselage depan dan belakang juga ikut kebawa berterbangan sendiri-sendiri .... :-# :-# :-# ......... any way thank you for sharing ........ saya ijin untuk mencontoh ya bang ...... :bow: :bow: :bow:


Lanjut om, paling tidak ini mendokumentasikan thread di rcgroups tentang estarter yang berpuluh2 halaman dan terbagi 2 thread lagi. Emang puas benar pake pesawat ini,.... semoga sikecil setelah jadi asisten ntar mau juga mencoba, itu harapan saya dengan kedua mata di fuse itu. Wingdragon pernah diminta pake pilot Barbie waktu itu belum kesampaian,...... hi3x.

@Om Syafik, terbang pake 1047 berarti jadi slow ya om?, melihat float di estater punya om, di rcgroups ada yang merekom pake prop yang 3 blade, biar torque lebih manteff dan sangat slow terbangnya.

Salam.
Post Reply