iwan21 wrote:mungkin gini om ngakalinya, 1. Horn kearah pushrod servo tetep deket engsel/hinge 2. posisi horn linkage di trailelng edge ( baik atas maupun bawah) 3. lebar aileron dipastikan sama
maka mestinya gerakan aileron atas bawah jaraknya akan sama
No.1 = saya benar 2 = saya salah 3 = Mungkin saya benar, kalau pas motongnya, tangan gak gemeter...he..he...he...
Problem yg acapkali saya alami ya menghubungkan 2 bilah aileron itu... Entah itu besaran gerakannya tdk sama (yg atas dan bawah), atau melengkung kawat.. (bisa sih klo pake kawat gedean dikit...tapi timbulnya berat + ribet)
Tampak belakang
Saya ikut nambahi ya... kalau saya lihat linkage antara 2 aileron itu menyebabkan sudut gerakan aileron gak sama karena posisi pushrod yang menghubungkan 2 aileron yang atas dan bawah tidak sama, yang atas ada diujung ail, yang bawah ada deket hinge... jadi logikanya bila aileron atas digerakkan setengah maka aileron yang bawah akan bergerak dg sudut lebih besar karena posisi pushrodnya di deket hinge... harusnya posisi atas bawah di ukuran yang sama dari jarak poros/hinge... demikian pak Joko
Klo om syafik urusan motong memotong mah lancar2 aja. Gak pake penggaris juga bakal lurus. namanya juga rang desain....... Bengkoknya saat bikin garis justru jadi seni.
Hehehehehehe....