Mini Tucano

Control=RC & WS <= 60 cm & AUW <=200 grams

Moderator: oyon

User avatar
Sulistiyo
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 266
Joined: 09 Jul 2007, 15:15
Location: Cikarang Baru Jababeka

Post by Sulistiyo »

Ada yang lebih bagus lagi om... agak kedalam sedikit dengan spesifikasi
Run Way Aspal halus dan lurus serta panjang, areal terbuka dengan dikelilingi rumput tebal cocok untuk emergency
nanti akan saya upload picnya
User avatar
GandrungMaBur
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 340
Joined: 14 May 2007, 07:37
Location: Bekasi Barat, Rawa Lumbu

Post by GandrungMaBur »

Sulistiyo wrote:Ada yang lebih bagus lagi om... agak kedalam sedikit dengan spesifikasi
Run Way Aspal halus dan lurus serta panjang, areal terbuka dengan dikelilingi rumput tebal cocok untuk emergency
nanti akan saya upload picnya


Lam kenal Om sulis,
Lihat lapangannya cukup menggiurkan, jadi semakin pingin untuk mencobanya. Tapi tiolong untuk mempengaruhi Om Coyo agar bisa hadir.
Untuk team MGT saya akan konsultasi dengan sesepuh MGT.

Salam
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Prriitt....!!!..kembali ke ...tooooppik..he heh ehhehehe
User avatar
GandrungMaBur
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 340
Joined: 14 May 2007, 07:37
Location: Bekasi Barat, Rawa Lumbu

Post by GandrungMaBur »

iwan21 wrote:Prriitt....!!!..kembali ke ...tooooppik..he heh ehhehehe

Wuaduh diomelin nich (heee.............heeee...........heeee)
Untuk perhitungan WL dan Stall speed itu gimana pengaruh dari airfoilnya.
Apa standard calculation dari airfoil yang flat???? (kembali ke topik kan?
Salam
User avatar
coyo
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 808
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Post by coyo »

ampunn... Suhu......ampun..... !!!!!!! gak oot lg deh..... :^o

cara mudah buat ngitung wingload, stall speed dll, tinggal masukin data pesawat ke:
http://sky.prohosting.com/air2/cg_calc.htm

btw, klo Om GM ke lapangan deket rumah Om Sulistiyo, sy pasti dateng - lha wong satu komplek koq.....
Iwan21: "Prriitt....!!!..kembali ke ...tooooppik" [-X
User avatar
coyo
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 808
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Post by coyo »

sebetulnya itung2an CLmax lumayan njlimet, banyak parameter yg saling berhubungan misalnya angle of attack, Reynould Number, air density, bentuk airfoil itu sendiri, dll. biasanya sih mesti diukur dalam windtunnel)

klo sekedar untuk pesawat2 biasanya dianggap CLmax = 1.0
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

coyo wrote:sebetulnya itung2an CLmax lumayan njlimet, banyak parameter yg saling berhubungan misalnya angle of attack, Reynould Number, air density, bentuk airfoil itu sendiri, dll. biasanya sih mesti diukur dalam windtunnel)

klo sekedar untuk pesawat2 biasanya dianggap CLmax = 1.0


sip sip sip...om Coyo dah bangun dari tidurnya nih..................... =D>
User avatar
GandrungMaBur
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 340
Joined: 14 May 2007, 07:37
Location: Bekasi Barat, Rawa Lumbu

Post by GandrungMaBur »

iwan21 wrote:
coyo wrote:sebetulnya itung2an CLmax lumayan njlimet, banyak parameter yg saling berhubungan misalnya angle of attack, Reynould Number, air density, bentuk airfoil itu sendiri, dll. biasanya sih mesti diukur dalam windtunnel)

klo sekedar untuk pesawat2 biasanya dianggap CLmax = 1.0


sip sip sip...om Coyo dah bangun dari tidurnya nih..................... =D>


Kalau enggak salah saya pernah masuk ke situs ini. Tapi saya ragu memakainya karena rumus ini untuk pesawat beneran.
(Jujur aslinya bingung ngelihat rumusnya, heee.....heeeee....heeeeee)
TQ Om Coyo ama Om Iwan.

Salam
User avatar
GandrungMaBur
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 340
Joined: 14 May 2007, 07:37
Location: Bekasi Barat, Rawa Lumbu

Post by GandrungMaBur »

Dear All Grager,

Karena tersusul dengan mini project yang lain, maka perlu lembur untuk menuntaskan meskipun terseok-seok.
untuk itu kondisi ampe sekarang seprti ini.
Image
didapat AUW sekitar 120~150 gram
WL = 7.33~9.17 oz/sq.ft or 22.38~27.97 g/sq.dm
Menurut table masuk dikatagori: Glider~Trainner

Demikian sekali lagi mohon masukannya.
Salam
User avatar
GandrungMaBur
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 340
Joined: 14 May 2007, 07:37
Location: Bekasi Barat, Rawa Lumbu

Lanjut ....

Post by GandrungMaBur »

Setelah dapat saran dan nunggu mini BL + ESC datang maka dilanjutkan sbb:
Posisi motor.
Image

Posisi Batery dan Equipment.
Image

Process buat top fuselage.
Image

hasil gosok menggosok dan dibandingkan dengan tangan:
Image

Hasil test servo movement:
Image

Selanjutnya lagi pusing soal Landing gear (maunya steerable).

Salam
Post Reply