Modifikasi tuas throtle TX, ada yang bisa bantu?

Berbagi tips , trick serta cara2 reparasi pesawat

Moderator: hadi

User avatar
sandiarta
Airman
Airman
Posts: 44
Joined: 03 May 2007, 16:07
Location: Cakung Jakarta Timur
Contact:

Modifikasi tuas throtle TX, ada yang bisa bantu?

Post by sandiarta »

Saya punya TX Futaba (tipenya lupa.....), tuas throtle nya ada di kanan. saya mau pindahkan tuas throtle tersebut ke sisi kiri, bisa nggak ya?
ada teman2 yang bisa bantu untuk urusan ini? thanks
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

om roji mungkin bisa om.
User avatar
andre77
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 376
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

Oh iya saya juga pernah punya TX seperti itu dan waktu itu saya di bantu ama pak Hadi KNV,klo om di jakarta lebih enak lagi ada Suhu roji di bekasi.
User avatar
rpramusinto
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 125
Joined: 26 Jan 2007, 00:48
Location: Bekasi
Contact:

Post by rpramusinto »

akanlebih membantu bapak liat dulu aja type nya apa?? brp chnl?? paling engga kita bisa cariin caranya.. kalo mentok.. SEND IT TO CHAPTER BEKASI (SUHU ROJI) adalah jawab nya.. hehehehe :bow:
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1654
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

biasanya di bagian Dalam nya!
User avatar
Abi Ghiffa
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 646
Joined: 19 Jan 2007, 13:30
Location: Jakarta - Lombok
Contact:

Post by Abi Ghiffa »

Kalau digital bisa langsung dari menu pak, tapi kalau Analog, harus dibongkar dan mindahin kebel di dalemnya Om,.. saya ada kenalan LHS disini di Jakarta yang bisa bantu.
User avatar
jedx
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 313
Joined: 17 Jan 2007, 16:34
Location: BPT ( Bekasi Pinggir Tol ) ... Asline Ponorogo
Contact:

Post by jedx »

saya barusan convert ...beberapa minggu yang lalu
TX saya Hitec.

Stepnya :
1. Untuk throtle , nanti ada penahan di stick gimbalnya ( biasanya ada kayak gerigi, nha digeriginya itu ada penahanya ... ) Lepas penahan ini...
2. Pindah penahan ke gimbal bagian kiri.
3. cabut kabel dari gimbal yang bersangkutan ( throtle yang semula dari kanan, dan elevator yang semula dari kiri ). Kebetulan , kabelnya pake konektor jadi enak nglepasnya.
4. Trus tukar kabel nya pas masukin konektor. Konektor yang dari throtle masuk ke elevator, dan sebaliknya.
5. Coba, dan ternyata bisa.

Sorry fotonya gak ada, tapi jangan lupa liat manualnya.... dan yang pasti, agak susah mindahin pegasnya..
oh ya lupa, untuk ch selain throtle , ada pegas yang mengatur agar gimbal selalu kembali ke tengah.

jadi
6. Jangan lupa mindahin pegasnya...
yang dari throle : penahan dilepas ikut ke elevator
dari elevator : pegas dilepas, ikut ke throtle.

karena saya tukar kabel konektor, channel tetap, tidak ada yang berubah.....
Last edited by jedx on 11 May 2007, 15:58, edited 1 time in total.
User avatar
rpramusinto
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 125
Joined: 26 Jan 2007, 00:48
Location: Bekasi
Contact:

Post by rpramusinto »

pak,
selain dari menu kita ttp juga harus mindah rachet/ spring pada tuas dan memindahkan nya.. memang pada menu ada option mode selector( dari mode 1 pindah ke 2 DST) tp tetap harus di ingat.. pada mode 2 stick kanan berfungsi sbg aileron dan elevator,. yg mana stick di tahan oleh spring.. sedangkan throttle ada di kiri dan hanya ditahan spring pada gerakan kiri kanan saja (rudder) jadi ya itu.. ttp bongkar dikit.. gampang kok..
User avatar
jedx
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 313
Joined: 17 Jan 2007, 16:34
Location: BPT ( Bekasi Pinggir Tol ) ... Asline Ponorogo
Contact:

Post by jedx »

rpramusinto wrote:pak,
selain dari menu kita ttp juga harus mindah rachet/ spring pada tuas dan memindahkan nya.. memang pada menu ada option mode selector( dari mode 1 pindah ke 2 DST) tp tetap harus di ingat.. pada mode 2 stick kanan berfungsi sbg aileron dan elevator,. yg mana stick di tahan oleh spring.. sedangkan throttle ada di kiri dan hanya ditahan spring pada gerakan kiri kanan saja (rudder) jadi ya itu.. ttp bongkar dikit.. gampang kok..



betul Om Sinto... yang pasti mindahin spring sama penahanya...
Penahan gampang, tinggal screw lepas dan dipindah...
Springnya harus agak hati2 karena tempatnya nyempil....
User avatar
tn
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 214
Joined: 17 Jan 2007, 17:44
Location: seribu sungai (Banjarmasin)
Contact:

Post by tn »

tapi bagi yg asing dg dunia elektro,mending minta bantu sama rekan yg bisa deh....(saya pernah coba mindah mode di Tx fut 9 chp,akhirnya....... ](*,) ](*,) ](*,) )
Post Reply