arief wrote:kalo melihat foto om wisnu di atas, posisi pesawat pd saat hover agak condong ke depan
apakah ini memang sengaja utk mengurangi torque mesin supaya tdk terjadi torque roll atau lagi melawan angin?
...ternyata salah satu jurus 7J akan segera diredam oleh oom Arief.
Terpaksa eYang buka dapur...
Jadi memang demikianlah adanya...
Kalo kita tegak lurus 0/180derajat, pasti ada 2 kemungkinan.
Jatuh ke Canopy, atau ya..., masuk Torque-Roll.
Dan kalau ini kita bahas terus, termasuk apa yg dibahas oleh murid pembelot itu...
Maka hari ini 14-Des-2008, e7J terpaksa buka celana, ganti kain sarung.., bongkar rahasia "Close Hover".
(sebelum ahirnya dibaca oleh Pak Budi)...
Sebelumnya saya ulas dikit soal "Seni"..., karena ada kemiripan.
Ya contohnya yg lagi digandrungi si Blur.., Seni Fotografi.
Beauty is in the eye of the beholder.
Foto yg saya rasa jelek.., orang terkagum2 bilang bagus & sebaliknya.
Saya hover deket2.., ada orang yg bilang hebat.
Ketidakmampuan saya, dilihat orang sebagai suatu keahlian !.
...itu dia !!!.
Saya bisa hover deket2.., karena memang TIDAK mahir hover jauh dari saya.
Saya ndak bisa hover jauh2 dari saya.., justru karena kelemahan orientasi saya.
Saya cuma senyum kecut geli sendiri..., waktu saya hover di Irian dulu..,
..bule2 yg nonton pada tepok tangan sambil tereak2.., closer wiz.., closer !
Nah itu salah satu kaitannya.., kalo hover, syarat nya harus 2 ato 3 derajat miring ke belly..(agar ndak masuk T-Roll).
Lah, kalo jauh2..., bagaimana saya bisa liat kemiringannya ?????????
Belum lagi saat belly menghadap saya..., Cilaka 7J.
Tapi cerita ini nanti bakal berkepanjangan...
Misalnya, buat si Blur yg baru belajar Hover, ndak sekali kali saya anjurkan hover deket/rendah. (at least 3 mistakes high).
Kalau engine quit.., apa yg terjadi kalo hover rendah2.
Gak Newbie gak Expert.., Kayak Bill Hempel yg baru mau Torque-Roll dengan 40% Edge nya..,
..engine hi-end (3W)nya mati..., ndak ada obat nya.
Lantas gimana dong ?
Tinggi susah, rendah jangan.., wuah maunya apa sih ??.
OK...
Practice, belajar, Practice & Belajar.
Nanti kita terusin ya..,
CG, Throttle setting, Control deflection, dmm (dan macem macem).
...ini lagi merampungken tulisan bikin wayang planker dulu nih...
@ Pak Budi...
Bagaimana Pak.., saya dah ngaku dosa nih.