Pengalaman Belajar Hely...Ayo semangat Sahabat !!!!!!!

Khusus untuk membahas dasar2 heli rc

Moderators: Budiman, e12ry, Yudha

Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
User avatar
didin
Major
Major
Posts: 1793
Joined: 27 Aug 2008, 11:01
Location: Pekanbaru

Re: Pengalaman Belajar Hely...Ayo semangat Sahabat !!!!!!!

Post by didin »

Budiman wrote:Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada para rekan fanatik 3D.
Saya akan lebih menyarankan kepada para pemula untuk sementara tidak silau dgn manuver 3D dulu.Justru hover yang 'benar' adalah awal yang sangat penting dan dunia R/C heli tidak harus identik dengan 3D saja.
Mempelajari heli, bukan hanya pada manuver,namun akan lebih baik dengan belajar juga soal setting heli yg bukan hanya dibatasi oleh hal yg berkaitan dg 3D saja atopun precision flight saja serta mencari tahu perbedaan karakter umum antara 3D heli dan precision heli akan lebih melengkapi knowledge kita soal R/C heli
Sayangnya di forum ini belum perna ada yg sudi membahas karakter precision heli dari pabrik yg memang benar2 spesialis di dunia heli akurasi/presisi.


menurut saya,
1. apapun heli nya, baik utk 3D atau F3C settingan hardware dan softaware nya sangat penting
2. apapun manuvernya selalu dari gerakan dasar, hover orientasi segala arah.

cuma itu tadi, sedikit yg menulis mengenai 2 hal di atas.

:pis
User avatar
levpardede
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 89
Joined: 22 Aug 2010, 22:34
Location: bintaro
Contact:

Re: Pengalaman Belajar Hely...Ayo semangat Sahabat !!!!!!!

Post by levpardede »

Budiman wrote:Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada para rekan fanatik 3D.
Saya akan lebih menyarankan kepada para pemula untuk sementara tidak silau dgn manuver 3D dulu.Justru hover yang 'benar' adalah awal yang sangat penting dan dunia R/C heli tidak harus identik dengan 3D saja.
Mempelajari heli, bukan hanya pada manuver,namun akan lebih baik dengan belajar juga soal setting heli yg bukan hanya dibatasi oleh hal yg berkaitan dg 3D saja atopun precision flight saja serta mencari tahu perbedaan karakter umum antara 3D heli dan precision heli akan lebih melengkapi knowledge kita soal R/C heli
Sayangnya di forum ini belum perna ada yg sudi membahas karakter precision heli dari pabrik yg memang benar2 spesialis di dunia heli akurasi/presisi.


susah om bikin heli perfect apalagi dah pernah crash, kalo saya ngerasain sih spt itu beda antara heli masih baru atau heli tempur.. at least setting heli sebaik'nya aja lah.
lah wong heli baru aja suka ada cacatnya :bow:
User avatar
andreansyah
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 348
Joined: 12 Oct 2010, 21:13
Location: jak-tim
Contact:

Re: Pengalaman Belajar Hely...Ayo semangat Sahabat !!!!!!!

Post by andreansyah »

doditsky wrote:Setelah kurang lebih 3 Bulan ( mungkin efektifnya hanya 2 Bulan .... banyak hujan sih ) saya belajar menerbangkan hely saya ingin membagikan ini buat sahabat-sahabat yang baru belajar hely...

Memulai Aermodelling dengan membeli hely V4 Lama 4 ch indoor tahun 2007...sampai belt cp ...setelah itu saya tinggalkan hely beralih ke pesawt dengan beberapa pertimbangan....dari Chuck glider, glyder electrik, glider tarik ( klas A1/A2) glider kendali ( F3J)..pesawat kendali Tali (UC) ...pesawat home made...pesawat nitro sampai gasoline .... Kemudian ingin kembali belajar menerbangkan hely kembali....

Analisa SWOT pun dilakukan untuk menilai untung ruginya sebelum belajar hely kembali...Namun pertimbangan utama adalah akan memberikan contoh buat anak saya agar tidak hanya menguasai peswat saja tetapi harus bisa pesawat dan hely....untuk itu Bapaknya mesti bisa dulu...itu tekad saya motivasi harus bisa dulu ini yang akan menjadi seuatu yang bisa dilihat my junior...

So mulailah proses belajar dimulai....
saya betul2 dari nol kembali....
Pertama saya tanya ke suhu2 hely terutama di Forum tercinta ini
Kemudian saya mulai belajar Simulator Phoenix ver.3 dengan Tx futaba 7 c yang biasa saya gunakan di lapangan
....pegang simulator ini saya lakukan hampir SETIAP HARI khususnya kalo mau berangkat kerja walaupun hanya 5 menit atau malam hari mau tidur....
untuk armada saya harus realistis karena anggaran terbatas....pertama saya pilih walkera 3 ch indoor ( mainan )....betul...hanya 3 Channel ...selain mengaktifkan kembali si embah V4 Lama yang masih bisa terbang ( dari tahun 2007 )
Hasil setiap hari pegang simulator ternyata positif....orientasi dapat mudah dilakukan...walaupun remote hely 3 ch tidak standart...
ini saya gunakan di dalam rumah sekaligus sarana berkumpul dengan seluruh keluarga....bisa ber hahaha hihihi dengan anak istri....
kemudian armada ke 2 adalah trex 450 FBL seken juga....saya setingkan ke suhu2 hely ( Special Thanks to Mr Handoyo Jepara yang sudah bersusah payah menyeting semua armada hely saya ) :thx :thx :thx :thx
Nah ini salah satu titik kritis...bahwa setingan hely ini harus betul2 lemot seperti saat saya main double blade...sehingga mudah untuk mengkoreksi.......rekor Zero crash alias belum pernah crash masih tercatat di "guiness BOok Saya"....crash ringan hanya kecerobohan saya nekad latihan di Car port depan rumuah yang tidak luas...misal blade hely nyentuh daun... sehingga blade berganti 3 pasang ( itupun terjadinya masih hely dibawah dan blade nggak patah ..hanya lecet2 dan ternyata kalo hely lecetpun sudah nggak balance :flu :flu :flu )
kemudian Alhamdulillaah dapat Hibah dari temen yang nggak main hely lagi Trex 600 NP....setinganpun tetep super lemot.....saya coba di lapangan dengan sedikit dredeg.....Lohhhhh...... :hah :hah :hah Enakkkkk bener ....sangat lain dengan trex 450 yang kalo kena angin dikit kita mesti lawan....saya sangat rekomended ( hahahaha rekomended sesama pemula lo )buat temen2 yang sudah pegang 450 langsung ja ke 600...daripada banyak biaya crash...sampai akhirnya memboyong trex 700E F3C V2 masuk ke Hanggar walaupun suer saya masih hanya bisa jalan2...
:ha3 :ha3 :ha3
Nah menurut saya yang baru belajar hely :
1. Memang hely cenderung lebih mahal....tapi saat crash dan repair kita akan mendapatkan hely kondisi yang fresh kembali...
2. Masalah gampang crash....tergantung setingan kokk...kalau seting bener suer...hely 450 FBL yang terkenal liar ...bisa jadi kayak double blade...sesama pemula lo...
3. persiapan ke lapangan tidak seribet pesawat
4. bisa di lapangan yang nggak luas....( Main Pesawat gasoline trainer .....waaaaa....saya mesti cari lapangan yang luas minimal 2 x lapangan bola )


Nah tipnya dari sesama pemula yang baru belajar hely ( buat yang belajar lo...bukan buat master dan suhu 2 yang sudah dengan satu jempolpun bisa 3D ....kapan ya bisa 3D :pyg :pyg :pyg ) :
1. Pastikan jangan bermain hely kelas 450 didalam rumah...saya pake hely mainan 3 ch kalo main didalam rumah
2. Pastikan semua kondisi part kenceng saat mau terbang dan dicek saat bersih2
3. mulai dari hely yang paling gampang ( 3 ch)...karena kita butuh fun juga
4. Mainlah simulator setiap hari....setelah bisa dengan tanpa angin....set simulator dengan angin berhembus....kalo di phoenix di weather kalo nggak salah trus puter wind nya...nah ada angin deh...latihan dengan ada angin
5. Kalo ragu terbang jangan paksakan terbang......misal ada komponen yang kendor ...mending lihat temen2 mabur dan ngobrol...kalo ada wd bisa dibawa buat obat jempol
6. saya tidak terbang tinggi kalo belum yakin...( :ha3 :ha3 :ha3 hahahaha kompornya sih tingkat tinggi....Ayo dibalik...dibalik...teriakan dari selter )....jadinya yan hover setengah meter sebentar turun lagi (....bener hanya setengah meter saja )...naik dikit...naik dikit... kalo ragu turunkan lagi
7. Saya tidak seting sendiri karena memang belum mampu....so minta bantuan teman atau suhu...kalo jauhdari suhu hely pergunakan video (pake hape juga bisa kan )...trus ditanyakan di forum
seting lemot saja......
8. frequensi latihan di tambah....pagi simulator sore pegang hely...( atau kalo saya pagi setelah subuh simulator...mau berangkat latihan hover 5 menit saja )

Yaaa.....Sekedar share buat sesama pemula ( khusus pemula loh )....monggo untuk suhu2 menambahkan.....yang pasti Zero Crash masih tercatat sampai saat ini ....ya karena baru patroli dan belajar pake idle up... :shy :shy :shy :shy
AYO SEMANGAT BELAJAR HELY SAHABAT.....


Image
kalo yang coklat terbangnya di gantungkan di trex 600 ( tandem gitu loh ) :ha3 :ha3 :ha3


Image
EC 135 merah enak buat latihan di halaman dan di lapangan yang anginnya sedikit
T700 E F3C V2 sedang berdampingan dengan penghuni lama
Trex 450 FBL yang sudah terjual kemarin..( terima kasih sudah menemani belajar hely ).....

salam......

Kudus Aeromodelling Club


:plk :plk salut buat om buat langkah dlm melanjutkan hobby helynya btw t700 f3c very nice om
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Pengalaman Belajar Hely...Ayo semangat Sahabat !!!!!!!

Post by Budiman »

levpardede wrote:
Budiman wrote:Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada para rekan fanatik 3D.
Saya akan lebih menyarankan kepada para pemula untuk sementara tidak silau dgn manuver 3D dulu.Justru hover yang 'benar' adalah awal yang sangat penting dan dunia R/C heli tidak harus identik dengan 3D saja.
Mempelajari heli, bukan hanya pada manuver,namun akan lebih baik dengan belajar juga soal setting heli yg bukan hanya dibatasi oleh hal yg berkaitan dg 3D saja atopun precision flight saja serta mencari tahu perbedaan karakter umum antara 3D heli dan precision heli akan lebih melengkapi knowledge kita soal R/C heli
Sayangnya di forum ini belum perna ada yg sudi membahas karakter precision heli dari pabrik yg memang benar2 spesialis di dunia heli akurasi/presisi.


susah om bikin heli perfect apalagi dah pernah crash, kalo saya ngerasain sih spt itu beda antara heli masih baru atau heli tempur.. at least setting heli sebaik'nya aja lah.
lah wong heli baru aja suka ada cacatnya :bow:

Opini saya,
Heli apapun karakternya, setelah crashed akan kembali pada kondisi 'baru'nya asalkan :
1. Kita memiliki komitmen yg kuat utk mengganti part yg rusak dengan part yg benar2 fresh dan merupakan original part dari pabrik yg bersangkutan.Kemungkinan cacat produksi mungkin ada.

2. Kecermatan dalam memeriksa setiap bagian heli dan setting ulang dalam usaha utk mengembalikan karakter asli heli saat sebelum crashed.

3. Dalam hal setting ulang atopun men-setting heli, kita perlu memahami karakter heli, misalkan perlakuan utk men-setting heli yg ber-karakter 'presisi', tidak bisa disamakan saat kita men-setting heli berkarakter 3D.
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2003
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Pengalaman Belajar Hely...Ayo semangat Sahabat !!!!!!!

Post by sahid »

3D atau Patern ( 3C ), menurut saya adalah lanjutan dari gerakan dasar...
ibarat sekolah SD sd SMA adalah penguasaan terhadap heli ketika kita kendalikan....
Kuliah adalah aliran yg mau dipilih....
makanya ketika ada rekan mau belajar nerbangkan heli dan buru2 vonis ttg aliran terbang sy selalu menyarankan...lalui dulu tahapannya.... :shy
User avatar
doditsky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 614
Joined: 09 Nov 2008, 07:20
Location: Kudus, Jawa Tengah
Contact:

Re: Pengalaman Belajar Hely...Ayo semangat Sahabat !!!!!!!

Post by doditsky »

sahid wrote:makanya ketika ada rekan mau belajar nerbangkan heli dan buru2 vonis ttg aliran terbang sy selalu menyarankan...lalui dulu tahapannya.... :shy


ini contohnya,.....hehehehe......setengah meter hover...turun lagi...naik lagi.........yang nonton pe bosen.....hahahahaha biarin...emang bisanya lagi hover.....alias masih SD..... :ha3 :ha3 :ha3 emangnya gue pikirin...yang penting hely selamat hati senneng...... :ha3 :ha3 :ha3
User avatar
johansipp
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 22 Dec 2010, 12:12

Re: Pengalaman Belajar Hely...Ayo semangat Sahabat !!!!!!!

Post by johansipp »

Landing penting bgt tuh.. Agar gak latah nutup throtel saat blade sdh dsetting negatif pitch.

Pengalaman pernah landing cantik saat idle up1, stlh touch down lupa idupin throtle hold :pyg
Post Reply