roni wrote:kalo ane sih ngikuti garis merah, sama uptrust nol.............
yang betul gimana nih.....
saya punya wd 5 biji semua lurus2 aja om, ga ada trus2an kecuali kalo posisi motor di atas sayap, musti nungging ngadep ke atas propnya................. utk prop yg paling oke memang 7x5 seperti om arie bilang...............
Sharing pengalaman aja ya... saya main aero juga cuman bisa nerbangin WD doang... (ada ya... WD doang). Saya sampai punya 4 biji WD. Menurut saya pesawat ini enak bener buat fun. Betul kata para om disini gak usah mikirin trust trust an itu WD sudah mabur.... tapi nanti kalau sudah bisa terbang... coba mulai di ikutin para suhu di sini, misalnya saran dari suhu ariebudi, coba dibuat trust yang benar benar (untuk WD mesti uptrust dan left trust) nanti akan terasa bedanya, lebih maknyuuuusss lah... Jangan takut bereksperimen dengan WD, saya punya WD sudah dipake terbang akrobatik, ngelepasin parasut, bawa banner, bawa mini camera... yang belum terbang malam ma FPV (modalnya mahal soalnya heee...) Terakhir saya beli WD 300 yang kecilan buat terbang di depan rumah.
ariebudi wrote:up thrust nya udah oke om... side thrust nya yang salah arah... mestinya searang garis hijau...
pake prop 7x5 lebih enak om...ngebut oke selow juga oke...batre irit...
Kalau pake propeller normal (putaran motor dibalik) ikut garis kuning, kalau pake propeller pusher (putaran motor normal) ikut garis hijau, kalau pake motor KV tinggi (propeller kecil) boleh ikut garis merah.
tes terbang dulu aj om... saya pake WD gak pernah mikir Thrust2 an lurus2 aja, kalo di kasih left n up thrust kayaknya lebih stabil terbangnya saya pake motor 2408 prop 7x4 n 7x5 dah bisa ngacir...
ariebudi wrote:up thrust nya udah oke om... side thrust nya yang salah arah... mestinya searang garis hijau...
pake prop 7x5 lebih enak om...ngebut oke selow juga oke...batre irit...
Kalau pake propeller normal (putaran motor dibalik) ikut garis kuning, kalau pake propeller pusher (putaran motor normal) ikut garis hijau, kalau pake motor KV tinggi (propeller kecil) boleh ikut garis merah.
Pada dasarnya bawaan WD (dgn bawaan battereinya) dan juga posisi motor (left,right, up & down thrust) sudah layak terbang, walaupun masih diperlukan pengetriman sana sini agar pesawatnya stabil. Namun untuk menikmati terbang yg enak dan pesawat aman (terbangnya lurus) tentunya diperlukan penyesuaian kondisi untuk pesawat itu sendiri. Pesawat yg bagus apabila sirip2 (rudder, elevator & aileron) pada posisi normal (nol) sudah mampu melayang (glide) dengan sempurna (motor off), hal ini bisa tercapai apabila posisi CG benar2 tepat. Disaat motor on harusnya kondisinya sama (terbangnya lurus) walaupun posisi throttle ber ubah2. Jadi arah gaya dorong (thrust) dan momen puntir (torque) dari motor harus dikondisikan untuk mencapai kestabilan diatas. Untuk itu diperlukan penepatan arah (thrust & torque) dengan jalan mengatur sudut motor up/down thrust dan left/right thrust.
Saya pake WD jg ndak kepikir left thrust/up thrust, yg penting dipake terbang OK, klo kurang2 dikit settingannya di-trim aj sdh beres.. Motor pake Gold Motor DYS A2212-10/1400KV, baling2 seringnya pake 8x6, tp pake tambahan mounting motor yg ditinggi'in spy baling2 ngga nyamber tailboom.. Salam
terimakasih saran2nya. saya coba motor ndak ada left/right trust n up/down trust. saya coba kondisi normal. mudah2an minggu besok bisa maiden n ada yang bawa kamera di lanud SIM. salam kenal semua dari neubii