Re: Ask : Pesawat yg cocok dgn engine OS 15 LA
Posted: 02 Mar 2012, 16:29
dulbehek wrote:jamespaulus wrote:sebaiknya langsung size .40 , lebih mudah dan stabil terbangnya. karena pesawat lebih besar jadi Reynold Number nya lebih besar. control authority lebih besar.
maksudnya om untuk mendapat reynold number yang besar tidak butuh kecepatan yang besar
hubungan nya kan sama yang namanya similarity dinamik. n sifat aliran
biar kinerjanya mirip2 ma pesawat aselinya.
Bukan, Reynold Number bergantung dengan ukuran object terhadap viscosity udara.
Makin besar object (pesawat), Reynold Number untuk kalkulasi aerodynamic nya lebih besar.
Makanya pesawat lebih besar, lebih "enak" terbangnya, dan lebih punya "authority" terhadap viscosity (kekentalan) udara.
karakter, kinerja di udara pada dua pesawat dengan ukuran yang berbeda, meskipun skala nya benar benar identik, tidak akan bisa sama.
ingat, Viscosity udara nya sama, tapi Reynold number nya berbeda...
saya punya scale model piper cub clip wing size .25 dan size 100cc . skala nya benar benar tepat.
karakter mereka di udara dan "rasa" mengendalikan nya benar benar berbeda....
Makanya teman teman aeromodelling saya yang juga pilot komersil selalu bilang: mengendalikan Jumbo jet jauh lebih mudah daripada RC model....