mantap.. penjelasan detail sekali... ini namanya sudah top markotop.. dari dasar sampai jadi pesawat udah diperhitungkan...
Re: Sebatas 3 Sell
Posted: 05 Apr 2012, 19:33
by iwan21
satu faktor lagi pak, body harus slim, licin semulus mungkin tanpa tonjolan2 drag , baru saya rasa efisiensi motor bisa tercapai 70%
Re: Sebatas 3 Sell
Posted: 05 Apr 2012, 20:17
by unding
@yoyonh..... Effisiensi = Actual/Teoritis x 100% @asoenhauw..,@panji76...,@Bodyguard...,@ fly123...,@fidaero.. Thanks atas atensinya @roni.... saya juga bingung, dari nilai WLnya masuk kelas sport, dari powernya (power loading) masuk pylon/racer
Re: Sebatas 3 Sell
Posted: 05 Apr 2012, 20:35
by unding
iwan21 wrote:satu faktor lagi pak, body harus slim, licin semulus mungkin tanpa tonjolan2 drag , baru saya rasa efisiensi motor bisa tercapai 70%
Betul sekali masukannya suhu, aliran fluida (udara) yg menyentuh permukaan pesawat harus se laminer mungkin, tonjolan2 pada permukaan menyebabkan terjadinya turbulensi dan menimbulkan drag yg cukup besar.
Re: Sebatas 3 Sell
Posted: 06 Apr 2012, 21:27
by fadliray
d tunggu pidionya ya suhu unding.....
Re: Sebatas 3 Sell
Posted: 07 Apr 2012, 18:03
by abdullah
[quote="unding"]Rencana mau buat pesawat speed dgn batasan menggunakan batrei 3 sell saja ( 2200 mAh 30C). Target kecepatan yg mampu dicapai dikisaran 200 Km/jam namanya juga target. Dapur pacu (yg ada) : motor Frewing 3000 Kv 600 watt & Esc 60 Ampere.
Secara teori : RPM = 3000 x 11.1 = 33300 putaran/menit Jika pitch propeller yg digunakan 6" (inch) atau 6 x 2.54 = 15.24 Cm artinya dlm satu kali putaran propeller pesawat bergerak sejauh 15.24 cm atau 0.1524 meter. Kecepatan pesawat = RPM x Pitch = 33300 x 0.1524 = 5,074.92 meter/menit = 5.07492 Km/menit = 304.4952 Km/Jam. Jika Efisiensi 70% bisa dicapai, artinya segala kerugian2 ; mekanis, elektrik density udara drag pswt dll hanya mencapai 30% maka : Kecepatan yg dicapai = 304.4952 x 70% = 213 Km/Jam.... .. Teori..!!
Target AUW maximal = 600 gram Power Loading = 600 Watt/600 gram = 1 Watt/gram (sangat lebih) Wing loading = 50 gram/dm2 (ditetapkan/ masih ada gliding) Wing Area = AUW/WL = 600/50 = 12 dm2
Wingspan = 74 Cm Root chord = 18 Cm Tip chord = 16 Cm om unding,trima kasih banyak bisa buat hitungan, tolong dong cara menghitung beban pesawat nya,teng kiyu
Re: Sebatas 3 Sell
Posted: 07 Apr 2012, 18:24
by wanwan
Terimakasih ILMU-nya suhu.... semoga berhasil di 200+ km/jam
Re: Sebatas 3 Sell
Posted: 08 Apr 2012, 18:54
by unding
Karena tidak sabar menunggu pesanan servo metal gear & propeller pitch 6", terpaksa pesawat dirampungkan dgn menggunakan servo HXT 900 dan propeller 6 x 4 (cuma itu yg ada). Hasil maiden tadi siang di Bandara Hasanuddin sepertinya speed yg dicapai belum maksimal.
namanya Om Jett
Om Jett & Fun Jet
Hasil videonya kurang akurat, saya tidak tahu penyebabnya apakah kameranya yg konvensional ataukah kameramennya (Om Hidayat) yg belum Profesional
Re: Sebatas 3 Sell
Posted: 08 Apr 2012, 19:07
by yoyonh
unding wrote:Karena tidak sabar menunggu pesanan servo metal gear & propeller pitch 6", terpaksa pesawat dirampungkan dgn menggunakan servo HXT 900 dan propeller 6 x 4 (cuma itu yg ada). Hasil maiden tadi siang di Bandara Hasanuddin sepertinya speed yg dicapai belum maksimal.
namanya Om Jett
Om Jett & Fun Jet
Hasil videonya kurang akurat, saya tidak tahu penyebabnya apakah kameranya yg konvensional ataukah kameramennya (Om Hidayat) yg belum Profesional
Serius loh. cepet banget suhu
Re: Sebatas 3 Sell
Posted: 08 Apr 2012, 19:14
by yrakluz
unding wrote:1. sudah benar om.. angka pertama adalah diameter dan angka kedua adalah sudut kemiringan propeller atau pitch, yg saya tulis diataskan pitch 2. KV adalah putaran per satu volt, berati rpm motor tergantung pada voltase yg digunakan dikalikan dgn KV yg tertera pada motor tsb...
1. He he, iya salah lihat. ternyata pitchnya 6 2. Yg ini ternyata saya selama ini salah nangkep, kirain gak pake dikali voltase lagi.