BINGUNG CG YANG BENAR..
- opikandy
- Senior Airman
- Posts: 177
- Joined: 23 Dec 2011, 21:56
- Location: Banda Aceh - Surabaya
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Kalau untuk menentukan CG mungkin link ini dapat membantu om :
http://www.palosrc.com/index.php?option=com_content&view=article&id=50:cg&catid=41:ic&Itemid=50
bisa juga link yang ini om :
http://www.flyingsites.co.uk/downloads/index.htm
sekalian Ikut menimba ilmu dari suhu2
Jadi klo untuk pesawat jenis pattern F3A (aerobatik) antara sayap dan horizontal stab apa ada beda sudut ato sudutnya 0dec
Krn yang saya ketahui pesawat ini tidak perlu banyak koreksi untuk berbagai macam gerakan aerobatik
Mohon bimbingannya
Salam
http://www.palosrc.com/index.php?option=com_content&view=article&id=50:cg&catid=41:ic&Itemid=50
bisa juga link yang ini om :
http://www.flyingsites.co.uk/downloads/index.htm
sekalian Ikut menimba ilmu dari suhu2
Jadi klo untuk pesawat jenis pattern F3A (aerobatik) antara sayap dan horizontal stab apa ada beda sudut ato sudutnya 0dec
Krn yang saya ketahui pesawat ini tidak perlu banyak koreksi untuk berbagai macam gerakan aerobatik
Mohon bimbingannya
Salam
- wibawana
- Senior Airman
- Posts: 127
- Joined: 04 Jun 2009, 07:26
- Location: Bali
- Contact:
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
christoffel wrote:beda ketinggian sayap dari horisontal stab itu nggak ada pengaruh nya terhadap lift (yg ada sedikit pengaruh adalah efisiensi stab, karena terkena wake dari sayap. T-tail lebih efektif karena posisi nya yg di atas sayap sehingga minim terkena pengaruh wake sayap). yg benar adalah seperti jawaban suhu iwan21, yaitu sudut antara sayap terhadap horisontal stab (ini yg namanya AoA atau sudut serang). posisi stab nya boleh saja di atas (T-tail) atau sama ataupun di bawah sayap.

](./images/smilies/eusa_wall.gif)
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
saya selama ini cuman ukur CG dengan petunjuk yg udah ada dari buku.. kalo ngga ada petunjuk ya saya kira-kira aja.. paling ngga pake rumus dodol dombret, caranya: Bidang sayap dibagi 2 garis dan diambil garis pertama dari leading edge...disitulah kisaran CG-nya.... selanjutnya saya meditasi dan siapin jempol dan terbangin.... setting remote D/R full, dan EPA di set paling lemot (kususnya di bagian elevator).. dari situ saya akan adjust pake remote sambil merasakan karakter terbangnya.... kurang lebihnya saya baru atur lagi setelah penerbangan kedua... re posisi battery, adjust motor mount dll... dan saya coba terbang lagi sampai bener2 enak dan pas sesuai selera saya...
Begitu aja... ga ribet2 amat kok om...
Begitu aja... ga ribet2 amat kok om...
- udinkirai
- Senior Airman
- Posts: 145
- Joined: 21 Dec 2007, 22:02
- Location: padang
- Contact:
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Ijin menyimak om 

- wibawana
- Senior Airman
- Posts: 127
- Joined: 04 Jun 2009, 07:26
- Location: Bali
- Contact:
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
AgoesAurelz wrote:saya selama ini cuman ukur CG dengan petunjuk yg udah ada dari buku.. kalo ngga ada petunjuk ya saya kira-kira aja.. paling ngga pake rumus dodol dombret, caranya: Bidang sayap dibagi 2 garis dan diambil garis pertama dari leading edge...disitulah kisaran CG-nya.... selanjutnya saya meditasi dan siapin jempol dan terbangin.... setting remote D/R full, dan EPA di set paling lemot (kususnya di bagian elevator).. dari situ saya akan adjust pake remote sambil merasakan karakter terbangnya.... kurang lebihnya saya baru atur lagi setelah penerbangan kedua... re posisi battery, adjust motor mount dll... dan saya coba terbang lagi sampai bener2 enak dan pas sesuai selera saya...
Begitu aja... ga ribet2 amat kok om...
betul juga ya



- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Bravo pak chris....ini yang selama ini saya masih bingung...terima kasih atas sharingnya
Salam
Salam
- fadliputra
- Technical Sergeant
- Posts: 369
- Joined: 21 Jun 2010, 15:17
- Location: aceh utara
- Contact:
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
saya tambahin dikit pertanyaan"a ya.
begini cerita'a
bixler glider saya aneh banget ni sampe patah carbon tube'a.
awal'a CG saya terapkan 30% hasil"a karakter pswt semakin kencang semakin mendangak tapi waktu throtle di tutup stabil banget. trus saya coba geser kedepan lagi sktr 25% pas'a di letak wingspar hasil'a sama trus saya coba berlawanan angn akhir'a wingspar'a patah sampe pesawat jatuh. untung aja pesawat g ada yg patah
begini cerita'a
bixler glider saya aneh banget ni sampe patah carbon tube'a.
awal'a CG saya terapkan 30% hasil"a karakter pswt semakin kencang semakin mendangak tapi waktu throtle di tutup stabil banget. trus saya coba geser kedepan lagi sktr 25% pas'a di letak wingspar hasil'a sama trus saya coba berlawanan angn akhir'a wingspar'a patah sampe pesawat jatuh. untung aja pesawat g ada yg patah
- simanjuntak
- Senior Airman
- Posts: 103
- Joined: 30 Apr 2008, 18:36
- Location: DKI Jakarta
- Contact:
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
fadliputra wrote:saya tambahin dikit pertanyaan"a ya.
begini cerita'a
bixler glider saya aneh banget ni sampe patah carbon tube'a.
awal'a CG saya terapkan 30% hasil"a karakter pswt semakin kencang semakin mendangak tapi waktu throtle di tutup stabil banget. trus saya coba geser kedepan lagi sktr 25% pas'a di letak wingspar hasil'a sama trus saya coba berlawanan angn akhir'a wingspar'a patah sampe pesawat jatuh. untung aja pesawat g ada yg patah
Cek uptrustnya Pak, karena Bixler itu pusher.
- wibawana
- Senior Airman
- Posts: 127
- Joined: 04 Jun 2009, 07:26
- Location: Bali
- Contact:
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
simanjuntak wrote:fadliputra wrote:saya tambahin dikit pertanyaan"a ya.
begini cerita'a
bixler glider saya aneh banget ni sampe patah carbon tube'a.
awal'a CG saya terapkan 30% hasil"a karakter pswt semakin kencang semakin mendangak tapi waktu throtle di tutup stabil banget. trus saya coba geser kedepan lagi sktr 25% pas'a di letak wingspar hasil'a sama trus saya coba berlawanan angn akhir'a wingspar'a patah sampe pesawat jatuh. untung aja pesawat g ada yg patah
Cek uptrustnya Pak, karena Bixler itu pusher.
lha ternyata ada upthrus juga? baru tau saya
- fadliputra
- Technical Sergeant
- Posts: 369
- Joined: 21 Jun 2010, 15:17
- Location: aceh utara
- Contact:
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
itu dari HK om,, motor'a udah terpasang semua.. kan g mgkin kita otak-atik lagi