BINGUNG CG YANG BENAR..

Diskusi pesawat rc secara umum

Moderators: toto, Susilo

User avatar
opikandy
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 177
Joined: 23 Dec 2011, 21:56
Location: Banda Aceh - Surabaya

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Post by opikandy »

Kalau untuk menentukan CG mungkin link ini dapat membantu om :

http://www.palosrc.com/index.php?option=com_content&view=article&id=50:cg&catid=41:ic&Itemid=50

bisa juga link yang ini om :

http://www.flyingsites.co.uk/downloads/index.htm




sekalian Ikut menimba ilmu dari suhu2

Jadi klo untuk pesawat jenis pattern F3A (aerobatik) antara sayap dan horizontal stab apa ada beda sudut ato sudutnya 0dec

Krn yang saya ketahui pesawat ini tidak perlu banyak koreksi untuk berbagai macam gerakan aerobatik

Mohon bimbingannya

Salam
User avatar
wibawana
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 04 Jun 2009, 07:26
Location: Bali
Contact:

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Post by wibawana »

christoffel wrote:beda ketinggian sayap dari horisontal stab itu nggak ada pengaruh nya terhadap lift (yg ada sedikit pengaruh adalah efisiensi stab, karena terkena wake dari sayap. T-tail lebih efektif karena posisi nya yg di atas sayap sehingga minim terkena pengaruh wake sayap). yg benar adalah seperti jawaban suhu iwan21, yaitu sudut antara sayap terhadap horisontal stab (ini yg namanya AoA atau sudut serang). posisi stab nya boleh saja di atas (T-tail) atau sama ataupun di bawah sayap.


:pyg waduh.. teknis sekali.... ](*,)
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Post by AgoesAurelz »

saya selama ini cuman ukur CG dengan petunjuk yg udah ada dari buku.. kalo ngga ada petunjuk ya saya kira-kira aja.. paling ngga pake rumus dodol dombret, caranya: Bidang sayap dibagi 2 garis dan diambil garis pertama dari leading edge...disitulah kisaran CG-nya.... selanjutnya saya meditasi dan siapin jempol dan terbangin.... setting remote D/R full, dan EPA di set paling lemot (kususnya di bagian elevator).. dari situ saya akan adjust pake remote sambil merasakan karakter terbangnya.... kurang lebihnya saya baru atur lagi setelah penerbangan kedua... re posisi battery, adjust motor mount dll... dan saya coba terbang lagi sampai bener2 enak dan pas sesuai selera saya...
Begitu aja... ga ribet2 amat kok om...
User avatar
udinkirai
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 145
Joined: 21 Dec 2007, 22:02
Location: padang
Contact:

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Post by udinkirai »

Ijin menyimak om :tlt
User avatar
wibawana
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 04 Jun 2009, 07:26
Location: Bali
Contact:

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Post by wibawana »

AgoesAurelz wrote:saya selama ini cuman ukur CG dengan petunjuk yg udah ada dari buku.. kalo ngga ada petunjuk ya saya kira-kira aja.. paling ngga pake rumus dodol dombret, caranya: Bidang sayap dibagi 2 garis dan diambil garis pertama dari leading edge...disitulah kisaran CG-nya.... selanjutnya saya meditasi dan siapin jempol dan terbangin.... setting remote D/R full, dan EPA di set paling lemot (kususnya di bagian elevator).. dari situ saya akan adjust pake remote sambil merasakan karakter terbangnya.... kurang lebihnya saya baru atur lagi setelah penerbangan kedua... re posisi battery, adjust motor mount dll... dan saya coba terbang lagi sampai bener2 enak dan pas sesuai selera saya...
Begitu aja... ga ribet2 amat kok om...


betul juga ya :ngl try and error. tapi takut kena error nya :whoaa . ok deh saya coba semua saran dari senior-senior semuanya :thx
User avatar
BZ123456
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1177
Joined: 26 Dec 2011, 21:46
Location: Jak-Tim

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Post by BZ123456 »

Bravo pak chris....ini yang selama ini saya masih bingung...terima kasih atas sharingnya
Salam
User avatar
fadliputra
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 369
Joined: 21 Jun 2010, 15:17
Location: aceh utara
Contact:

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Post by fadliputra »

saya tambahin dikit pertanyaan"a ya.
begini cerita'a
bixler glider saya aneh banget ni sampe patah carbon tube'a.
awal'a CG saya terapkan 30% hasil"a karakter pswt semakin kencang semakin mendangak tapi waktu throtle di tutup stabil banget. trus saya coba geser kedepan lagi sktr 25% pas'a di letak wingspar hasil'a sama trus saya coba berlawanan angn akhir'a wingspar'a patah sampe pesawat jatuh. untung aja pesawat g ada yg patah
User avatar
simanjuntak
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 103
Joined: 30 Apr 2008, 18:36
Location: DKI Jakarta
Contact:

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Post by simanjuntak »

fadliputra wrote:saya tambahin dikit pertanyaan"a ya.
begini cerita'a
bixler glider saya aneh banget ni sampe patah carbon tube'a.
awal'a CG saya terapkan 30% hasil"a karakter pswt semakin kencang semakin mendangak tapi waktu throtle di tutup stabil banget. trus saya coba geser kedepan lagi sktr 25% pas'a di letak wingspar hasil'a sama trus saya coba berlawanan angn akhir'a wingspar'a patah sampe pesawat jatuh. untung aja pesawat g ada yg patah

Cek uptrustnya Pak, karena Bixler itu pusher.
User avatar
wibawana
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 04 Jun 2009, 07:26
Location: Bali
Contact:

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Post by wibawana »

simanjuntak wrote:
fadliputra wrote:saya tambahin dikit pertanyaan"a ya.
begini cerita'a
bixler glider saya aneh banget ni sampe patah carbon tube'a.
awal'a CG saya terapkan 30% hasil"a karakter pswt semakin kencang semakin mendangak tapi waktu throtle di tutup stabil banget. trus saya coba geser kedepan lagi sktr 25% pas'a di letak wingspar hasil'a sama trus saya coba berlawanan angn akhir'a wingspar'a patah sampe pesawat jatuh. untung aja pesawat g ada yg patah

Cek uptrustnya Pak, karena Bixler itu pusher.



lha ternyata ada upthrus juga? baru tau saya
User avatar
fadliputra
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 369
Joined: 21 Jun 2010, 15:17
Location: aceh utara
Contact:

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Post by fadliputra »

itu dari HK om,, motor'a udah terpasang semua.. kan g mgkin kita otak-atik lagi
Post Reply