Page 2 of 3
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 07 Jul 2012, 11:43
by opikandy
Kalau untuk menentukan CG mungkin link ini dapat membantu om :
http://www.palosrc.com/index.php?option=com_content&view=article&id=50:cg&catid=41:ic&Itemid=50bisa juga link yang ini om :
http://www.flyingsites.co.uk/downloads/index.htmsekalian Ikut menimba ilmu dari suhu2
Jadi klo untuk pesawat jenis pattern F3A (aerobatik) antara sayap dan horizontal stab apa ada beda sudut ato sudutnya 0dec
Krn yang saya ketahui pesawat ini tidak perlu banyak koreksi untuk berbagai macam gerakan aerobatik
Mohon bimbingannya
Salam
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 12 Jul 2012, 17:11
by wibawana
christoffel wrote:beda ketinggian sayap dari horisontal stab itu nggak ada pengaruh nya terhadap lift (yg ada sedikit pengaruh adalah efisiensi stab, karena terkena wake dari sayap. T-tail lebih efektif karena posisi nya yg di atas sayap sehingga minim terkena pengaruh wake sayap). yg benar adalah seperti jawaban suhu iwan21, yaitu sudut antara sayap terhadap horisontal stab (ini yg namanya AoA atau sudut serang). posisi stab nya boleh saja di atas (T-tail) atau sama ataupun di bawah sayap.

waduh.. teknis sekali....
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 12 Jul 2012, 17:45
by AgoesAurelz
saya selama ini cuman ukur CG dengan petunjuk yg udah ada dari buku.. kalo ngga ada petunjuk ya saya kira-kira aja.. paling ngga pake rumus dodol dombret, caranya: Bidang sayap dibagi 2 garis dan diambil garis pertama dari leading edge...disitulah kisaran CG-nya.... selanjutnya saya meditasi dan siapin jempol dan terbangin.... setting remote D/R full, dan EPA di set paling lemot (kususnya di bagian elevator).. dari situ saya akan adjust pake remote sambil merasakan karakter terbangnya.... kurang lebihnya saya baru atur lagi setelah penerbangan kedua... re posisi battery, adjust motor mount dll... dan saya coba terbang lagi sampai bener2 enak dan pas sesuai selera saya...
Begitu aja... ga ribet2 amat kok om...
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 12 Jul 2012, 17:47
by udinkirai
Ijin menyimak om

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 12 Jul 2012, 17:50
by wibawana
AgoesAurelz wrote:saya selama ini cuman ukur CG dengan petunjuk yg udah ada dari buku.. kalo ngga ada petunjuk ya saya kira-kira aja.. paling ngga pake rumus dodol dombret, caranya: Bidang sayap dibagi 2 garis dan diambil garis pertama dari leading edge...disitulah kisaran CG-nya.... selanjutnya saya meditasi dan siapin jempol dan terbangin.... setting remote D/R full, dan EPA di set paling lemot (kususnya di bagian elevator).. dari situ saya akan adjust pake remote sambil merasakan karakter terbangnya.... kurang lebihnya saya baru atur lagi setelah penerbangan kedua... re posisi battery, adjust motor mount dll... dan saya coba terbang lagi sampai bener2 enak dan pas sesuai selera saya...
Begitu aja... ga ribet2 amat kok om...
betul juga ya

try and error. tapi takut kena error nya

. ok deh saya coba semua saran dari senior-senior semuanya

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 12 Jul 2012, 18:08
by BZ123456
Bravo pak chris....ini yang selama ini saya masih bingung...terima kasih atas sharingnya
Salam
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 13 Jul 2012, 10:12
by fadliputra
saya tambahin dikit pertanyaan"a ya.
begini cerita'a
bixler glider saya aneh banget ni sampe patah carbon tube'a.
awal'a CG saya terapkan 30% hasil"a karakter pswt semakin kencang semakin mendangak tapi waktu throtle di tutup stabil banget. trus saya coba geser kedepan lagi sktr 25% pas'a di letak wingspar hasil'a sama trus saya coba berlawanan angn akhir'a wingspar'a patah sampe pesawat jatuh. untung aja pesawat g ada yg patah
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 13 Jul 2012, 18:34
by simanjuntak
fadliputra wrote:saya tambahin dikit pertanyaan"a ya.
begini cerita'a
bixler glider saya aneh banget ni sampe patah carbon tube'a.
awal'a CG saya terapkan 30% hasil"a karakter pswt semakin kencang semakin mendangak tapi waktu throtle di tutup stabil banget. trus saya coba geser kedepan lagi sktr 25% pas'a di letak wingspar hasil'a sama trus saya coba berlawanan angn akhir'a wingspar'a patah sampe pesawat jatuh. untung aja pesawat g ada yg patah
Cek uptrustnya Pak, karena Bixler itu pusher.
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 13 Jul 2012, 19:27
by wibawana
simanjuntak wrote:fadliputra wrote:saya tambahin dikit pertanyaan"a ya.
begini cerita'a
bixler glider saya aneh banget ni sampe patah carbon tube'a.
awal'a CG saya terapkan 30% hasil"a karakter pswt semakin kencang semakin mendangak tapi waktu throtle di tutup stabil banget. trus saya coba geser kedepan lagi sktr 25% pas'a di letak wingspar hasil'a sama trus saya coba berlawanan angn akhir'a wingspar'a patah sampe pesawat jatuh. untung aja pesawat g ada yg patah
Cek uptrustnya Pak, karena Bixler itu pusher.
lha ternyata ada upthrus juga? baru tau saya
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 13 Jul 2012, 19:55
by fadliputra
itu dari HK om,, motor'a udah terpasang semua.. kan g mgkin kita otak-atik lagi