Page 2 of 5

Re: CG rata@ air tapi test glide kok cenderung nyungsep tajam

Posted: 29 Apr 2012, 20:07
by christoffel
test glide : artinya belum pake power ... jadi nggak ada hubungan nya dg down thrust.

CG 25% chord itu dari teorinya memang dianjurkan segitu. jadi bukan hasil dari CoL.
CoL yg sebenarnya berada diantara 25% sampai 30% chord, tergantung airfoil nya.
Anjuran 25% sebagai nilai awal untuk maiden, memang supaya pesawat sedikit berat depan karena ini akan membuat pesawatnya jadi terbang lebih stabil.
setelah sukses terbang nanti baru CG di mundurkan lagi sesuai selera terbang ...

sudut serang sayap (AoA), diukur terhadap stabilo (bidang di depan elevator), bukan terhadap body.
coba pastikan AoA nya ini sudah benar dulu.
normalnya besar AoA ini berkisar daro 0 sampai beberapa derajat saja.
kecuali pada beberapa airfoil flat buttom yg nilainya bisa minus sedikit.
kalau ragu2, bisa di buat nol saja. pasti terbang.

kemungkinan besar AoA pesawatnya om wisnumurti ini negatif, jadi pesawat se-olah2 dapat elevator down terus ...

Re: CG rata@ air tapi test glide kok cenderung nyungsep tajam

Posted: 29 Apr 2012, 22:04
by wisnumurti
toto wrote:kalau CG di mulai dari kira2 30% dar wing chord di ukur dari leading edge sebaik nya di tumpu deket ke fuselage, kalau dirasakan sudah okay tapi cepet nyungsep waktu test glide tidak tertutup salah satunya AUW nya alias bobot pesawatnya lumayan berat sehingga wing loadingnya besar, kira2 gitu deh dan semoga ada suhu yg bersedia turun gunung .... selamat pagi



salam


kalo menurut itungan dari forum ini ditambah pencerahan dari para suhu di sini harusnya tidak terlalu berat soalnya sayap dengan chord 25 span 100 berat pesawat 550 gr om. makasih masukannya ...perlu dipertimbangkan mungkin harus ganti battery soalnya saya pake 3S 20 C 1300mah

Re: CG rata@ air tapi test glide kok cenderung nyungsep tajam

Posted: 29 Apr 2012, 22:41
by yoyonh
wisnumurti wrote:
toto wrote:kalau CG di mulai dari kira2 30% dar wing chord di ukur dari leading edge sebaik nya di tumpu deket ke fuselage, kalau dirasakan sudah okay tapi cepet nyungsep waktu test glide tidak tertutup salah satunya AUW nya alias bobot pesawatnya lumayan berat sehingga wing loadingnya besar, kira2 gitu deh dan semoga ada suhu yg bersedia turun gunung .... selamat pagi



salam


kalo menurut itungan dari forum ini ditambah pencerahan dari para suhu di sini harusnya tidak terlalu berat soalnya sayap dengan chord 25 span 100 berat pesawat 550 gr om. makasih masukannya ...perlu dipertimbangkan mungkin harus ganti battery soalnya saya pake 3S 20 C 1300mah



hehehe
Memang paling susah ketika mau urun rembuk, tapi yang empunya hanya kasih petunjuk sangat sedikit.
Saya jadi inget Kuis "Berpacu Dalam Melodi" nya Kus Hendratmo.
Yang dikasih tahu hanya beberapa nada, terus operator bunyiin suara neng nong.
jadi nebaknya sangat beragam.

Yang paling enak Om Wisnu tampilin gambar pesawatnya tampak depan, tampak samping dan tanda posisi cg saat ini.
Nah pasti suhu suhu akan lebih focus deh inputannya.

Salam

Re: CG rata@ air tapi test glide kok cenderung nyungsep tajam

Posted: 29 Apr 2012, 22:45
by wisnumurti
deninabil wrote:CG rata2x air maksdnya gmna ya? Kalo masih nose heavy berarti CG blm pas dan ada kemungkinan seperti yang disampaikan pak suhu toto AUWnya melebihi kemampuannya. Lebih afdolnya om tampilin penampakan pesawatnya biar suhu-suhu disini pada turun gunung

siap om deny gambaran pesawatnya kayak gini nih om
Image

itung itung sambil nyari CG saya tempatkan Pipa Pralon dengan posisi penumpu antara 25 % sd 30 % dari lebar Chord

Posisi Battery udah agak di ujung di luar titik CG , kalo posisi roda belakang saya taruh di belakang Trailing edge maka posisi pesawat sudah pasti tail heavy.

heheh yaa gitu cara saya nyari nyari CG nya.,,,ngawur mode on...juga..apakahn karena posisi battery yang di ujung yaa akhirnya pesawat cenderunf nyungsep waktus test glide?

berikut ini juga saya tampilkan komposisi penempatan roda belakang, servo dan reciver..

untuk motor sedikit right thrust setengah derajat, yang kemarin kelebihan righ thrust jadi pesawat saat take off muntir ke kanan, dan hasilnya harus ganti shaft...

posisi 1

battery , RX dan servo jadi satu didepan
rear landing gear depan trailing edge sedikit

Image

agak tail heavy

Posisi 2
battery , RX dan servo jadi satu didepan
rear landing gear di depan trailing edge mendekati titik CG
Image

Posisi Rata rata air

Posisi 3
Battery tetap RX agak mundur dibelakang leading Edge dekat titik CG
rear landing Gear di depan trailing edge mendekati titik CG
Servo Didepan Trailing Edge

Image

Tail Heavy

Untuk Alat saya penumpu saya buat pake pipa pralond 1/2 inch dengan gambar sebagi berikut :

Image

sebelum di pakai saya test pake water pas

Image

oh iyaa spek pesawatnya adalah sebagai berikut
peswat 3 channel
throttle, rudder, elevator aja

Wing bahan gabus tbl 2cm dengan Chord 25 cm span 100 cm
jarak motor ke leading edge : 19 cm
untuk elevator : chord 12 - 10 dengan span 44 cm
untuk rudder tinggi 20 Cm

battery 3s 1300 ma 20 c berat 100gr
motor DYS A2212-6 (2200k)
propeler 7 x 4

Re: CG rata@ air tapi test glide kok cenderung nyungsep tajam

Posted: 29 Apr 2012, 22:47
by wisnumurti
yoyonh wrote:
wisnumurti wrote:
toto wrote:kalau CG di mulai dari kira2 30% dar wing chord di ukur dari leading edge sebaik nya di tumpu deket ke fuselage, kalau dirasakan sudah okay tapi cepet nyungsep waktu test glide tidak tertutup salah satunya AUW nya alias bobot pesawatnya lumayan berat sehingga wing loadingnya besar, kira2 gitu deh dan semoga ada suhu yg bersedia turun gunung .... selamat pagi



salam


kalo menurut itungan dari forum ini ditambah pencerahan dari para suhu di sini harusnya tidak terlalu berat soalnya sayap dengan chord 25 span 100 berat pesawat 550 gr om. makasih masukannya ...perlu dipertimbangkan mungkin harus ganti battery soalnya saya pake 3S 20 C 1300mah



hehehe
Memang paling susah ketika mau urun rembuk, tapi yang empunya hanya kasih petunjuk sangat sedikit.
Saya jadi inget Kuis "Berpacu Dalam Melodi" nya Kus Hendratmo.
Yang dikasih tahu hanya beberapa nada, terus operator bunyiin suara neng nong.
jadi nebaknya sangat beragam.

Yang paling enak Om Wisnu tampilin gambar pesawatnya tampak depan, tampak samping dan tanda posisi cg saat ini.
Nah pasti suhu suhu akan lebih focus deh inputannya.

Salam


hhehe ampun om iya saya koreksi dengan data data..terima kasih masukannya...salam kenal

Re: CG rata@ air tapi test glide kok cenderung nyungsep tajam

Posted: 29 Apr 2012, 22:50
by wisnumurti
christoffel wrote:test glide : artinya belum pake power ... jadi nggak ada hubungan nya dg down thrust.

CG 25% chord itu dari teorinya memang dianjurkan segitu. jadi bukan hasil dari CoL.
CoL yg sebenarnya berada diantara 25% sampai 30% chord, tergantung airfoil nya.
Anjuran 25% sebagai nilai awal untuk maiden, memang supaya pesawat sedikit berat depan karena ini akan membuat pesawatnya jadi terbang lebih stabil.
setelah sukses terbang nanti baru CG di mundurkan lagi sesuai selera terbang ...

sudut serang sayap (AoA), diukur terhadap stabilo (bidang di depan elevator), bukan terhadap body.
coba pastikan AoA nya ini sudah benar dulu.
normalnya besar AoA ini berkisar daro 0 sampai beberapa derajat saja.
kecuali pada beberapa airfoil flat buttom yg nilainya bisa minus sedikit.
kalau ragu2, bisa di buat nol saja. pasti terbang.

kemungkinan besar AoA pesawatnya om wisnumurti ini negatif, jadi pesawat se-olah2 dapat elevator down terus ...


oke sipp suhu christ..wahh saya selama ini salah berarti sudut serang sayap say hitung dari posisi body rata aiir...
oke siap koreksi..

Re: CG rata@ air tapi test glide kok cenderung nyungsep tajam

Posted: 29 Apr 2012, 22:57
by wisnumurti
dino wrote::tlt :tlt nyungsep nya muntir ngk :tlt


nyungsepnya nggak muntir om saat dii test glide ..pesawat diluncurkan pake tangan ...posisi horisontal rata air..lempar....pesawat nanjak sebentar terus nyungsep...hidung duluan...

Re: CG rata@ air tapi test glide kok cenderung nyungsep tajam

Posted: 29 Apr 2012, 23:01
by wisnumurti
aritriyoga wrote:Dear pak wisnu, saya juga baru belajar membuat homemade... Pengalaman saya..pernah juga mengalami hal yg sama... Pertama take off.. Karakter selalu menukik... Dan kalau terbang seperti ikan lumba2 Padahal cg sdh tepat... Jadi dirunut2 ternyata motor kurang up trust.. Dan sekarang sdh solve, semoga bermanfaat....


yang ini terbangnya cenderung muntir ke kanan....pa ari., trim atas responya salam kenal ...

Re: CG rata@ air tapi test glide kok cenderung nyungsep tajam

Posted: 29 Apr 2012, 23:04
by rachmatjeny
kayaknya masalah trus motor deh... sepertinya gak ada down / rigth trush ya?

maap kalo salah.. :thx

Re: CG rata@ air tapi test glide kok cenderung nyungsep tajam

Posted: 29 Apr 2012, 23:10
by wisnumurti
rachmatjeny wrote:kayaknya masalah trus motor deh... sepertinya gak ada down / rigth trush ya?

maap kalo salah.. :thx


ini baru test gliding aa' jeny..hehhehe ...sekarang lagi seneng nggendong putrinya yaaa ...??