Biasa Pakai Fuel 15 % kalo ganti 30 % apa yang mesti di set?

Diskusi Heli RC secara umum

Moderators: e12ry, Yudha

User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Biasa Pakai Fuel 15 % kalo ganti 30 % apa yang mesti di set?

Post by christoffel »

dari pengalaman saya kalau di pesawat :
misalkan engine dengan nitro 15%, bisa full throtle sampai 15000 RPM
lalu di beri nitro 30% (prop sama, nedle di setel ulang), max rpm jadi tembus 16000 RPM
setelah persediaan nitro 30% habis, di kembalikan lagi ke 15% (prop tetap sama, lagi2 nedle nya di setel ulang)
max rpm nya pasti di bawah 15000, nggak bisa kembali ke 15000 rpm lagi, disetel bagaimana pun juga.
ini kalau di pesawat lho ...
User avatar
doditsky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 614
Joined: 09 Nov 2008, 07:20
Location: Kudus, Jawa Tengah
Contact:

Re: Biasa Pakai Fuel 15 % kalo ganti 30 % apa yang mesti di set?

Post by doditsky »

christoffel wrote:dari pengalaman saya kalau di pesawat :
misalkan engine dengan nitro 15%, bisa full throtle sampai 15000 RPM
lalu di beri nitro 30% (prop sama, nedle di setel ulang), max rpm jadi tembus 16000 RPM
setelah persediaan nitro 30% habis, di kembalikan lagi ke 15% (prop tetap sama, lagi2 nedle nya di setel ulang)
max rpm nya pasti di bawah 15000, nggak bisa kembali ke 15000 rpm lagi, disetel bagaimana pun juga.
ini kalau di pesawat lho ...


mungkin pemuaian dari engine ya suhu....metalurginya nggak mau kembali lagi kalee yaa....
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Biasa Pakai Fuel 15 % kalo ganti 30 % apa yang mesti di set?

Post by Budiman »

doditsky wrote:Bagaimana sekarag kalo dibalik biasa 15 % dipakai dgn 5 % kalo hanya untuk patroli , bikin jebol mesin nggak ya...


Ya kalo saya kira sih, kasian heli nya kalo dikasi fuel 5%....sedangkan 15% sendiri, sepanjang yang saya tahu adalah batasan minimum untuk helikopter....

Karena rotary-wing(heli) bukanlah fixed-wing(pesawat) dan fixed-wing(pesawat) bukanlah rotary-wing (heli).....
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Biasa Pakai Fuel 15 % kalo ganti 30 % apa yang mesti di set?

Post by christoffel »

waduh ...
berarti selama ini trex600 saya menyalahi batas minimum nih ...
lha saya cuman bisa beli non nitro (0%)
:htg :htg :htg
User avatar
doditsky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 614
Joined: 09 Nov 2008, 07:20
Location: Kudus, Jawa Tengah
Contact:

Re: Biasa Pakai Fuel 15 % kalo ganti 30 % apa yang mesti di set?

Post by doditsky »

Pembahasan makin menarik :

Menurut Suhu handoyo : Needle dibuka 3 klik...analisa saya dengan menyimak keterangan dari suhu budiman dan suhu Cristofel dan Suhu Toto mungkin dengan bertambahnya kadar nitro maka pembakaran akan lebih cepat sehingga RPM tertentu akan lebih mudah tercapai nah berarti kalo misal 11.000 rpm didapat dengan bukaan 1,5 dengan posisi seting trotle yang sama maka akan didapat rpm yang lebih saat ganti nitro 30% sehingga bukaan needle ditambah 3 klik untuk menurunkan RPM pada seting yang sama...

Nah yang terakhir suhu cristoffel malah pake 0 %....bisa share apakah itu dari awal engine pake non nitro atau ganti BBM....bagaimana rasanya terbang dengan non nitro di hely dari pengalaman suhu ....
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Biasa Pakai Fuel 15 % kalo ganti 30 % apa yang mesti di set?

Post by christoffel »

semua engine saya, heli maupun pesawat, break-in atau sudah selesai break-in, tidak pakai nitro, methanol campur castor di oplos sendiri 4:1.
sejauh ini baik2 saja, nggak ada keluhan, cuman saya memang nggak pernah ikut lomba, cuman terbang just for fun sendiri saja.

menurut saya, kalau rpm 11000 itu jauh dari optimal. engine saya (glow OS 15 32 46 55 60) rata2 beroperasi di 15000 sampai 16000 rpm, kecuali 46VX yg sampai 23000 rpm. yg paling tua OS32F (dipakai mulai th 96) saat ini masih bisa 16000 rpm dg prop 10x4, dan belum pernah bongkar head sekalipun.

sekali lagi, saya nggak suka ikut pertandingan, meskipun suka balapan juga sih.
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: Biasa Pakai Fuel 15 % kalo ganti 30 % apa yang mesti di set?

Post by handoyo6299 »

Kalau suhu Christ berkenan, walaupun saya yakin sudah pernah di share disini mengenai tips and trik perawatan enginenya, bagaimana diperlakukan mulai dari break in, sehabis dioperasikan (mau ngomong dimainin kok kurang pas ya he..h.e..he), storagenya, sampai kalau harus ada penggantian partnya, baik yang Heli engine, maupun Fix wing engine, karena ada perbedaan di kedua jenis mesin ini tho. monggo suhu Christ.... :thx :thx
User avatar
doditsky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 614
Joined: 09 Nov 2008, 07:20
Location: Kudus, Jawa Tengah
Contact:

Re: Biasa Pakai Fuel 15 % kalo ganti 30 % apa yang mesti di set?

Post by doditsky »

wah wah suhu handoyo mau zero nitro juga ya....iya om....kalo nitro nggak ada memang susyahhhhh... :flu ..... :pyg

methanol cuma 15 ribu/liter minyak jarak 25 ribu sebotol kecil.......wah enak sekali kalo bisa engine minum oplosan.....

masih terus menyimak.... :tlt
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: Biasa Pakai Fuel 15 % kalo ganti 30 % apa yang mesti di set?

Post by handoyo6299 »

Iya pakdhe, sebenarnya mau konversi ke yang non subsidi, tapi ok partnya gak dateng-dateng ya hiks...
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Biasa Pakai Fuel 15 % kalo ganti 30 % apa yang mesti di set?

Post by Budiman »

christoffel wrote:waduh ...
berarti selama ini trex600 saya menyalahi batas minimum nih ...
lha saya cuman bisa beli non nitro (0%)
:htg :htg :htg

Kalo dikatakan menyalahi batas minimum ,buat saya...memang iya...karena meskipun saya tidak ikut pertandingan, namun karena saya lebih condong untuk bermanuver berat dan rata2 berdurasi lama....saya bukan bermanuver 3D....

Pada dasarnya heli mengalami variasi beban yang rapid...beban dari pitch main blade ditambah swash degree sendiri...bahkan saat hover2 patroli2....ini sebatas pengertian saya saja...
Mungkin untuk T-Rex 600, tidak perna mengalami hal yang terlalu significant, karena heli ini dirancang dengan RPM headspeed yang tinggi, karena main gearnya memiliki jumlah 'teeth' yang banyak, yang sejauh yang saya amati adalah justru menguntungkan engine, jadi perbedaan kadar nitro bukan menjadi masalah
Saya kira hal seperti ini akan berbeda dengan heli lain yang ber-headspeed rendah, karena heli benar2 akan mengandalkan torque dari engine untuk bermanuver yang berat.

Oleh karena itulah, untuk keperluan ber-manuver, saya kemudian berusaha untuk menertibkan diri mengenai throttle curve, pitch curve serta swash degree, karena menurut yang saya amati, 3 parameter ini adalah yang berperan utama dalam hal membebani engine pada heli
Untuk engine sendiri, saya berusaha untuk mendapatkan torque yang saya perlukan tanpa terlalu membebani engine, salah satunya yaitu menggunakan nitro dg kadar yang sesuai, ditambah fine tune soal throttle-cyclic mixing....

Sekedar pendapat saja kok, kalopun misalnya sudah merasa cukup dengan nitro 0% atopun 5% atopun 15%...ya sah2 saja sih,dikarenakan perbedaan keperluan soal manuver yang berbeda...
Post Reply