Page 2 of 2
Posted: 05 Aug 2007, 11:18
by Redblur
bukan diem aja
paling belah
wuih tadi berhasil sampe2 salah landing ke duri2 Wakkaka
Posted: 05 Aug 2007, 13:23
by kucing
Posted: 05 Aug 2007, 14:24
by antonius bima
thx bung Ade ......mantaf jurukameranya....
laporan maiden pagi hari ini....dengan KF bawah sperti yang bung Iwan katakan...memang enak lift upnya.....karakter pesawat enak tapi saya binggung juga sih kenapa pesawat terasa agak berat....kurang lincah....apakah karena KF-nya kebesaran......? mohon pencerahan para suhu.
demikian laporannya dan terima kasih atas masukan dari bung Iwan....merdeka!!!!!!!!
Posted: 06 Aug 2007, 08:41
by iwan21
kalo boleh tau, takik bawahnya ukurannya 40 % dari chord enggak ya ?, sebab nilai efektifnya disitu.
Kalo kurang lincah ya bisa jadi karena takik bawah dragnya katanya lebih gede dari takik atas.
Tambahan aja, kalo mau pake 2 motor b/l kudu pake juga 2 ESC, karena motor b/l belom ada yg berhasil mensinkronkan dg 1 ESC.
Posted: 06 Aug 2007, 12:03
by antonius bima
takik bawahnya +/- 30% bung Iwan.....sepertinya dengan takik bawah memang lift up-nya baik tapi akibatnya speednya berkurang....
saya pikir kemaren motor saya yang lemah....ternyata waktu saya pindah ke pesawat lain (wilga) terbukti pesawatnya bisa ngacir...
jadi baiknya dimana bung Iwan....apakah saya buatkan takik atas dan bawah...atau takik atas saja atau takik bawah dengan % dari chordnya lebih diperkecil misal 15%? mohon pencerahannya.....terima kasih sebelumnya
Posted: 06 Aug 2007, 12:32
by NF
hehehe...om bima selamat ya atas maiden c 337.....
bagus krn orang jarang mikir buat model yang konfigurasi push pull gitu
Posted: 06 Aug 2007, 13:23
by iwan21
antonius bima wrote:takik bawahnya +/- 30% bung Iwan.....sepertinya dengan takik bawah memang lift up-nya baik tapi akibatnya speednya berkurang....
saya pikir kemaren motor saya yang lemah....ternyata waktu saya pindah ke pesawat lain (wilga) terbukti pesawatnya bisa ngacir...
jadi baiknya dimana bung Iwan....apakah saya buatkan takik atas dan bawah...atau takik atas saja atau takik bawah dengan % dari chordnya lebih diperkecil misal 15%? mohon pencerahannya.....terima kasih sebelumnya
Takik bawahnya mesti 40 % boeng, sedang cg antara 30 ~ 40% juga kalo pake KF profil, tebal spar yg ganjal takik juga jangan lebih tebal dari wingnya (artinya kalo wing dari polyfoam 6mm, maka tebal sparnya juga mesti polyfoam 6mm).
Pertanyaan kenapa ini terbangnya lebih lambat dari WIlga padahal pake motor yg sama, tentu ada banyak faktor boeng.
1. Wilga bodynya streamline, kalo BC ini kotak, tentu dragnya lebih gede.
2. Profil sayap Wilga semi simetris, kalo ini flat wing dg profil KF dan takik bawah, drag juga lebih gede.
Walhasil tentu berpengaruh terhadap karakter si pesawat, jadi seakan2 lebih berat, padahal karena dragnya gede jadi susah nembus udara.
Gitu aja yg keliatan dari luar/fisiknya boeng...Merdeka..!!!
Posted: 06 Aug 2007, 14:52
by antonius bima
@Iwan: setuju banget ada faktor lainnya mengapa psawat saya lebih labat dibanding wilga.
jadi saya tau kesalahan saya yaitu ketebalan ganjalan takik saya 1,5 cm padahal ketebalan wing saya cuma 1 cm.
saya coba perbaiki deh bung.......terima kasih banyak atas inputnya....beruntung deh saya punya suhu yang berbagi.......
Posted: 06 Aug 2007, 15:50
by iwan21
wingnya dari bahan 1cm ?, wah kalo gitu ganjel takiknya pake poly 5 atau 6mm aja ,1 cm itu masih terlalu tebel , apalagi saya liat (koreksi kalo salah liat ) leading edge nya enggak dibikin bulet tapi masih tetep kotak, itu juga kontribusi drag yg cukup lumayan ( udara seakan2 ditabrak, padahal mestinya dibelah dg smootth oleh leading edge yg halus)
Posted: 06 Aug 2007, 16:47
by antonius bima
ok siap laksanakan........