Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Tutorial mengenai gerakan2 manuver pesawat RC

Moderators: su-31, DIMAS

User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by iwan21 »

farhanalfarisi wrote:3. Untuk ESC Opto itu katanya harus pakai batrei tambahan saja ya pak? karena cuman buat gerakin motor pak? jadi tambahan batrenya kyk 4,8 V Nicd ,betul pak?
6. Terjawab Oleh Suhu Pak Iwan,Terimakasih banyak :thx
7.Maksudnya seperti ini bukan pak :
3s 3000 mAh x 2 = 6 sell 3000 mAh ?

'' baik diseri ( 3sx2 jadi 6s1p) atau diparallel jadi 3s2p" . Saya kurang faham arti 6S1P 3s2p itu apa pak ? dan sya juga belum dapat intinya :pyg :thx

Terimaksih banyak pak


3. bisa juga, jadi tanpa BEC external tapi langsng dg batere Nicd atau Nimh 4 sel
karena yg enggak ada dari ESC opto adalah tegangan 5 Volt utk catuan ke rx dan servo2, makanya perlu tambahan BEC atau batere diluar lagi dimana BEC sendiri juga bisa menggunaan batere tersendiri

7. 3s 3000 mah x 2 kalau jadi 6s 3000 mah disebut 6s1p, artinya 6 sel dalam 1 pack, karena 2 batere 3 sel diseri menjadi 1 pack 6 sel

kalau ditulis 3s2p, artinya batere 3 sel yg terdiri dari 2 pack batere 3 sel yg di paralel, sehingga tegangan batere tetap 3s tapi dg kapasitas 2 kali lipat per pack
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by farhanalfarisi »

iwan21 wrote:
3. bisa juga, jadi tanpa BEC external tapi langsng dg batere Nicd atau Nimh 4 sel
karena yg enggak ada dari ESC opto adalah tegangan 5 Volt utk catuan ke rx dan servo2, makanya perlu tambahan BEC atau batere diluar lagi dimana BEC sendiri juga bisa menggunaan batere tersendiri

7. 3s 3000 mah x 2 kalau jadi 6s 3000 mah disebut 6s1p, artinya 6 sel dalam 1 pack, karena 2 batere 3 sel diseri menjadi 1 pack 6 sel

kalau ditulis 3s2p, artinya batere 3 sel yg terdiri dari 2 pack batere 3 sel yg di paralel, sehingga tegangan batere tetap 3s tapi dg kapasitas 2 kali lipat per pack


Kakau nambahin Tegangan dan kapasitas ada caranya pak ?
Terimakasih
:thx :thx
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by iwan21 »

farhanalfarisi wrote:Kakau nambahin Tegangan dan kapasitas ada caranya pak ?
Terimakasih
:thx :thx


6s2p ? artinya perlu 4 pack lipo 3s, masing2 2 pack diseri dan kedua batere seri diparallel lagi :mwr
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by unding »

farhanalfarisi wrote:Wah Makasih Banyak Suhu Pak Unding .
tapi ,kalau buat engine nitronya pake 250 cc Fuel tanknya Pas atau tidak ya ? kalau pake yg 450 cc ?

Pake 450 cc, tidak ada masalah selama fuel tanknya masih muat di body pesawat

farhanalfarisi wrote:lalu bedanya kalau kita pake engie 120 2 stroke sama 120 4 stroke apa pak ? apa volume nya sama juga ? sekitar 20ccan ?
Terimakasih

120 2 & 4 stroke volumenya sama yaitu 19.66 cc, power, rpm & akselerasi 2 stroke lebih besar sebab langkah kerja (pembakaran) terjadi setiap 1 x putaran shaft sedangkan 4 stroke langkah kerjanya terjadi setiap 2 x putaran shaft tapi konsumsi fuel 4 stroke lebih irit. Dalam aplikasinya 2 stroke digunakan untuk pesawat sport dan speed, sedangkan 4 stroke untuk pesawat aerobatik dan 3D
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by toto »

sekedar saran saja tapi keputusan diserahkan kepada yang empunya ............ kalau saya sih lupakan mengkonversi produk sebart tersebut dari elctric ke engine apapun engine nya ...... [-( ...... kenapa, banyak pertimbangan nya mengingat proses kelahirannya ..... :-k


mohon maaf apabila tidak berkenan .........




salam
Last edited by toto on 04 Jun 2012, 10:13, edited 1 time in total.
User avatar
akwet77
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 637
Joined: 22 Jul 2009, 09:10
Location: pekanbaru
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version

Post by akwet77 »

farhanalfarisi wrote:Sebart Wind 50E
Image

Dapur Pacu...
Image


:thx :thx


Mau coba bantu ingatkan Suhu ,mohon koreksi jika salah,
setau saja Sebart 50 memang sepknya u elektrik ,jika mau dikonversi ke engine alangkah baiknya diperhatikan juga dudukan /mounting u engine agar diperkuat dulu ,karena kalau langsung ditempelkan engine apalagi Gasoline wah getarannya bisa bikin body sebart gemetaran ..... :ide
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by farhanalfarisi »

iwan21 wrote:
farhanalfarisi wrote:Kakau nambahin Tegangan dan kapasitas ada caranya pak ?
Terimakasih
:thx :thx


6s2p ? artinya perlu 4 pack lipo 3s, masing2 2 pack diseri dan kedua batere seri diparallel lagi :mwr


6s2p boleh lihat seperti apa tidak pak ? susunannya pa ..
terimakasih :thx :thx
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by farhanalfarisi »

unding wrote:
farhanalfarisi wrote:Wah Makasih Banyak Suhu Pak Unding .
tapi ,kalau buat engine nitronya pake 250 cc Fuel tanknya Pas atau tidak ya ? kalau pake yg 450 cc ?

Pake 450 cc, tidak ada masalah selama fuel tanknya masih muat di body pesawat

farhanalfarisi wrote:lalu bedanya kalau kita pake engie 120 2 stroke sama 120 4 stroke apa pak ? apa volume nya sama juga ? sekitar 20ccan ?
Terimakasih

120 2 & 4 stroke volumenya sama yaitu 19.66 cc, power, rpm & akselerasi 2 stroke lebih besar sebab langkah kerja (pembakaran) terjadi setiap 1 x putaran shaft sedangkan 4 stroke langkah kerjanya terjadi setiap 2 x putaran shaft tapi konsumsi fuel 4 stroke lebih irit. Dalam aplikasinya 2 stroke digunakan untuk pesawat sport dan speed, sedangkan 4 stroke untuk pesawat aerobatik dan 3D



Lalu pak,sya pernah lihat peswat engine ukuran 46 2 stroke ,pakenya 70 4 stroke (sesuai recommended manualnnya) .itu bagaimana pak ?
:thx :thx terimakasih
:thx
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by farhanalfarisi »

toto wrote:sekedar saran saja tapi keputusan diserahkan kepada yang empunya ............ kalau saya sih lupakan mengkonversi produk sebart tersebut dari elctric ke engine apapun engine nya ...... ...... kenapa, banyak pertimbangan nya mengingat proses kelahirannya ..... :-k


mohon maaf apabila tidak berkenan .........




salam


Semua orang saya tanyain memang mayoritas lupak sebart versi engine eyang ...
tapi berhubung dana tipis sekali , :htg :ngs . jadi makin bingung :pyg

Boleh tau ngga pakdhe,pertimbangannya apa saja ? mengingat saya juga dikasih Motor elektriknya

Sebelumnya saya haturkan terimakasih eyang :thx

Image
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version

Post by farhanalfarisi »

akwet77 wrote:
farhanalfarisi wrote:Sebart Wind 50E
Image

Dapur Pacu...
Image


:thx :thx


Mau coba bantu ingatkan Suhu ,mohon koreksi jika salah,
setau saja Sebart 50 memang sepknya u elektrik ,jika mau dikonversi ke engine alangkah baiknya diperhatikan juga dudukan /mounting u engine agar diperkuat dulu ,karena kalau langsung ditempelkan engine apalagi Gasoline wah getarannya bisa bikin body sebart gemetaran ..... :ide


Gasoline sepertinya dilupakan suhu , tinggal eletrik/nitro nih :pyg
mohon bantuannya

terimakasih banyak :thx
Post Reply