Page 2 of 5
Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E
Posted: 03 Jun 2012, 22:36
by iwan21
farhanalfarisi wrote:3. Untuk ESC Opto itu katanya harus pakai batrei tambahan saja ya pak? karena cuman buat gerakin motor pak? jadi tambahan batrenya kyk 4,8 V Nicd ,betul pak?
6. Terjawab Oleh Suhu Pak Iwan,Terimakasih banyak
7.Maksudnya seperti ini bukan pak :
3s 3000 mAh x 2 = 6 sell 3000 mAh ?
'' baik diseri ( 3sx2 jadi 6s1p) atau diparallel jadi 3s2p" . Saya kurang faham arti 6S1P 3s2p itu apa pak ? dan sya juga belum dapat intinya

Terimaksih banyak pak
3. bisa juga, jadi tanpa BEC external tapi langsng dg batere Nicd atau Nimh 4 sel
karena yg enggak ada dari ESC opto adalah tegangan 5 Volt utk catuan ke rx dan servo2, makanya perlu tambahan BEC atau batere diluar lagi dimana BEC sendiri juga bisa menggunaan batere tersendiri
7. 3s 3000 mah x 2 kalau jadi 6s 3000 mah disebut 6s1p, artinya 6 sel dalam 1 pack, karena 2 batere 3 sel diseri menjadi 1 pack 6 sel
kalau ditulis 3s2p, artinya batere 3 sel yg terdiri dari 2 pack batere 3 sel yg di paralel, sehingga tegangan batere tetap 3s tapi dg kapasitas 2 kali lipat per pack
Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E
Posted: 03 Jun 2012, 22:40
by farhanalfarisi
iwan21 wrote:
3. bisa juga, jadi tanpa BEC external tapi langsng dg batere Nicd atau Nimh 4 sel
karena yg enggak ada dari ESC opto adalah tegangan 5 Volt utk catuan ke rx dan servo2, makanya perlu tambahan BEC atau batere diluar lagi dimana BEC sendiri juga bisa menggunaan batere tersendiri
7. 3s 3000 mah x 2 kalau jadi 6s 3000 mah disebut 6s1p, artinya 6 sel dalam 1 pack, karena 2 batere 3 sel diseri menjadi 1 pack 6 sel
kalau ditulis 3s2p, artinya batere 3 sel yg terdiri dari 2 pack batere 3 sel yg di paralel, sehingga tegangan batere tetap 3s tapi dg kapasitas 2 kali lipat per pack
Kakau nambahin Tegangan dan kapasitas ada caranya pak ?
Terimakasih

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E
Posted: 03 Jun 2012, 22:56
by iwan21
farhanalfarisi wrote:Kakau nambahin Tegangan dan kapasitas ada caranya pak ?
Terimakasih

6s2p ? artinya perlu 4 pack lipo 3s, masing2 2 pack diseri dan kedua batere seri diparallel lagi

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E
Posted: 04 Jun 2012, 06:06
by unding
farhanalfarisi wrote:Wah Makasih Banyak Suhu Pak Unding .
tapi ,kalau buat engine nitronya pake 250 cc Fuel tanknya Pas atau tidak ya ? kalau pake yg 450 cc ?
Pake 450 cc, tidak ada masalah selama fuel tanknya masih muat di body pesawat
farhanalfarisi wrote:lalu bedanya kalau kita pake engie 120 2 stroke sama 120 4 stroke apa pak ? apa volume nya sama juga ? sekitar 20ccan ?
Terimakasih
120 2 & 4 stroke volumenya sama yaitu 19.66 cc, power, rpm & akselerasi 2 stroke lebih besar sebab langkah kerja (pembakaran) terjadi setiap 1 x putaran shaft sedangkan 4 stroke langkah kerjanya terjadi setiap 2 x putaran shaft tapi konsumsi fuel 4 stroke lebih irit. Dalam aplikasinya 2 stroke digunakan untuk pesawat sport dan speed, sedangkan 4 stroke untuk pesawat aerobatik dan 3D
Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E
Posted: 04 Jun 2012, 10:09
by toto
sekedar saran saja tapi keputusan diserahkan kepada yang empunya ............ kalau saya sih lupakan mengkonversi produk sebart tersebut dari elctric ke engine apapun engine nya ......

...... kenapa, banyak pertimbangan nya mengingat proses kelahirannya .....
mohon maaf apabila tidak berkenan .........
salam
Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version
Posted: 04 Jun 2012, 10:12
by akwet77
Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E
Posted: 04 Jun 2012, 10:34
by farhanalfarisi
iwan21 wrote:farhanalfarisi wrote:Kakau nambahin Tegangan dan kapasitas ada caranya pak ?
Terimakasih

6s2p ? artinya perlu 4 pack lipo 3s, masing2 2 pack diseri dan kedua batere seri diparallel lagi

6s2p boleh lihat seperti apa tidak pak ? susunannya pa ..
terimakasih

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E
Posted: 04 Jun 2012, 10:35
by farhanalfarisi
unding wrote:farhanalfarisi wrote:Wah Makasih Banyak Suhu Pak Unding .
tapi ,kalau buat engine nitronya pake 250 cc Fuel tanknya Pas atau tidak ya ? kalau pake yg 450 cc ?
Pake 450 cc, tidak ada masalah selama fuel tanknya masih muat di body pesawat
farhanalfarisi wrote:lalu bedanya kalau kita pake engie 120 2 stroke sama 120 4 stroke apa pak ? apa volume nya sama juga ? sekitar 20ccan ?
Terimakasih
120 2 & 4 stroke volumenya sama yaitu 19.66 cc, power, rpm & akselerasi 2 stroke lebih besar sebab langkah kerja (pembakaran) terjadi setiap 1 x putaran shaft sedangkan 4 stroke langkah kerjanya terjadi setiap 2 x putaran shaft tapi konsumsi fuel 4 stroke lebih irit. Dalam aplikasinya 2 stroke digunakan untuk pesawat sport dan speed, sedangkan 4 stroke untuk pesawat aerobatik dan 3D
Lalu pak,sya pernah lihat peswat engine ukuran 46 2 stroke ,pakenya 70 4 stroke (sesuai recommended manualnnya) .itu bagaimana pak ?

terimakasih

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E
Posted: 04 Jun 2012, 10:40
by farhanalfarisi
toto wrote:sekedar saran saja tapi keputusan diserahkan kepada yang empunya ............ kalau saya sih lupakan mengkonversi produk sebart tersebut dari elctric ke engine apapun engine nya ...... ...... kenapa, banyak pertimbangan nya mengingat proses kelahirannya .....
mohon maaf apabila tidak berkenan .........
salam
Semua orang saya tanyain memang mayoritas lupak sebart versi engine eyang ...
tapi berhubung dana tipis sekali ,

. jadi makin bingung
Boleh tau ngga pakdhe,pertimbangannya apa saja ? mengingat saya juga dikasih Motor elektriknya
Sebelumnya saya haturkan terimakasih eyang

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version
Posted: 04 Jun 2012, 10:41
by farhanalfarisi
Gasoline sepertinya dilupakan suhu , tinggal eletrik/nitro nih
mohon bantuannya
terimakasih banyak
