Page 2 of 4

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 01 Jul 2012, 22:50
by endycute
jadi,masih lebih unggul 2 tak ya?

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 02 Jul 2012, 07:58
by setyo antarikso
buat saya, kalau sering main rpm rendah, mending 4str. Kalo rpm tinggi, 2stroke.

Lihat spek power 55AX vs 56FS, beda powerband 16rb vs 10rb.

Powerband 55AX jauh lebih lebar, tapi kita tidak pernah dapet grafik HP/Torsi vs RPM.
Asumsi ilmu persotoan, di rpm bawah 55AX lebih kecil power/torsinya, rasanya mesin 2 stroke punya grafik eksponensial.

Artinya dgn rpm lebih rendah, katakan dibawah 8rb, torsi 4str lebih tinggi dibanding 2str.

Mirip dgn karakter mesin diesel vs bensin.

Jadi, kalo doyan rpm tinggi -- 2stroke
doyan rpm bawah -- 4 stroke

cmiiw

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 02 Jul 2012, 09:17
by toto
untuk lebih menguatkan penjelasan om suhu setyo seperti yang saya lihat selama ini bagaimana om suhu setyo menikmati penerbangannya slow and sure juga hanging prop maka dengan menggunakan engine 4S uenak tenan nah kenapa2 nya yang lebih tahu para suhu itu deh semoga suhu christoffel dan suhu setyo berkenan menjelaskan nya karena kalau saya cuman lihat saja jadi bisa jadi pandangan saya yang salah dan enggak kecil bisa jadinya ..... :shy




salam

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 02 Jul 2012, 10:20
by farhanalfarisi
unding wrote:
farhanalfarisi wrote::tlt :tlt makasih suhu Pak Unding , tapi kenapa RPM,Output,dll yg 4tak kalah dari 2 tak?
Bore dan Stroke itu apa ya ? :thx

Walaupun cc nya (volume) sama, 2 tak lebih unggul dari 4 tak sebab siklus langkah kerjanya yg berbeda. Pada mesin 2 tak langkah kerja (pembakaran) terjadi setiap 1 kali putaran shaft, sedangkan 4 tak langkah kerjanya terjadi setiap 2 kali putaran shaft, jadi jika masing2 mesin berputar pada 1000 rpm (misalnya) 2tak mengalami pembakaran (langkah kerja) sebanyak 1000 x , sedangkan 4 tak cuma 500 x jadi disinilah letak perbedaan power yg dihasilkan, tapi dari segi konsumsi bahan bakar 4 tak lebih irit.
Bore adalah diameter silinder sedangkan stroke adalah panjang langkah piston dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas).
Volume = (1/4 x 3.14 x Bore^2) x Stroke + Volume ruang Bakar
Perbandingan kompressi = Volume ruang bakar/Volume.
Nilai perbadingan Kompressi u/ Gasolin atau Glow adalah 1 : 7-8, sedangkan untuk diesel 1 : 16


Terimakasih Banyak Suh atas penjelasannya :thx :thx :thx

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 02 Jul 2012, 11:49
by unding
Kelebihan mesin 4 tak adalah pada langkah kerja, di saat pembakaran udara + fuel terjadi expansi volume dan menghasilkan tekanan yg tinggi mendorong piston bergerak dari TMA ke TMB, pada langkah ini katup (valve) masuk & katup buang dalam keadaan tertutup rapat, artinya tekanan udara hasil pembakaran seutuhnya diubah menjadi energi mekanik (torsi).
Sedangkan pada mesin 2 tak tidak demikian, tekanan udara yg mendorong piston dari TMA menuju ke TMB tidak sepenuhnya terpakai sebab sebelum piston mencapai TMB, jendela/saluran buang sudah terbuka, artinya tekanan yg masih ada (15 - 20 %) dipergunakan untuk membuang gas hasil pembakaran.
Karena sistem siklus yg berbeda dimana 4 tak (langkah), setiap langkahnya tunggal2 mulai dari langkah Isap, Kompressi, Kerja lalu langkah Buang dan setiap siklusnya membutuhkan 2 kali putaran shaft mengakibatkan terbatasnya putaran yg dicapai, akan tetapi torsinya yg lebih mantap (putaran rendah). Dari segi effisiensi (konversi energi kimia ke energi mekanik) 4 tak lebih unggul.
Pada mesin 2 tak langkahnya ganda, langkah kompressi serentak dgn langkah isap, setelah langkah kerja langkah buang serentak dgn langkah bilas dan setiap siklusnya cuma membutuhkan 1 kali putaran shaft sehingga putaran tinggi bisa dicapai.
Jadi apabila 2 tak dan 4 tak ditandingkan dgn catatan Power sama (bukan volume), maka 2 tak memiliki putaran yg tinggi akan tetapi torsi kurang. Sedangkan 4 tak memiliki torsi yg tinggi akan tetapi putaran yg kurang.

Tambahan dikit animasi mekanisme kerja mesin 2 tak & 4 tak

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 02 Jul 2012, 12:09
by christoffel
unding wrote:Jadi apabila 2 tak dan 4 tak ditandingkan dgn catatan Power sama (bukan volume), maka 2 tak memiliki putaran yg tinggi akan tetapi torsi kurang. Sedangkan 4 tak memiliki torsi yg tinggi akan tetapi putaran yg kurang.
@TS: tolong di perhatikan baik2 yg saya tebal kan.
jadi jangan membandingkan 55AX dg FS56 karena power nya beda jauh ...

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 02 Jul 2012, 15:18
by wibawana
berarti 4tak lebih unggul dari efisiensi bahan bakar, tapi kalah dari rpm yang dihasilkan 2 tak.. dari segi kekuatan mesin untuk memutar propeler dengan picth besar masih menang 4 tak, apa benar begitu? :tlt sedangkan untuk panas yang dihasilkan pada mesin apakah lebih dingin 4 tak?

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 02 Jul 2012, 16:43
by toto
wibawana wrote:berarti 4tak lebih unggul dari efisiensi bahan bakar, tapi kalah dari rpm yang dihasilkan 2 tak.. dari segi kekuatan mesin untuk memutar propeler dengan picth besar masih menang 4 tak, apa benar begitu? :tlt sedangkan untuk panas yang dihasilkan pada mesin apakah lebih dingin 4 tak?


soal unggul yang mana menurut saya sih sangat tergantung entar dengan peruntukannya ........... bisa aja nanti waktu dipasang di bench misal nya engine 4S unggul efisiensi nya banding dengan engine 2S tapi karena tidak sesuai waktu di cangkokan ke pesawat yg bukan peruntukannya bisa jadi enggak unggul ........... jadi saran saya soal unggul sebaiknya di pandang dari seluruh elemen jadi nantinya enggak salah nyesel di kemudian harinya atas pemiliohan type engine vs pesawat vs gaya terbang nya .............. :tlt


yang dimaksudkan panas disini nantinya untuk melakukan apa ya om mohon pencerahannya ya ........... kalau soal panas yang mana pada saat engine bekerja kayanya sih sama aja deh dengan catatan si engine digunakan untuk penerbangan normal demikian juga setting si engine optimal/benar ........... gituh loh setahu yang saya bandingkan antara engine 2S dan 4S yang saya miliki .... :ide




salam

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 02 Jul 2012, 17:59
by christoffel
kelihatan nya masih banyak yg rancu antara torsi dengan power.
power, di ukur dg satuan watt atau HP.
torsi satuan nya kgf.meter
hubungan nya :
Power (HP) = RPM x Torsi / 726
untuk memutar prop memang di perlukan torsi. Tapi Torsi didapat dari power.
Jadi, kalau bagi saya, mesin yg powernya lebih besar itu yg lebih baik.

contoh nyatanya begini :
engine 55AX punya power 1.68HP @16000 RPM
torsi nya = 1.68/16000 x 726 = 0.076kgf.m (pada 16000RPM)

engine FS56 punya power 0.99HP @10000 RPM
torsinya = 0.99/10000 x 726 = 0.072 kgf.m (pada 10000RPM)

karena mau di perbandingkan, tentunya harus pada RPM yg sama (1)
jadi kita asumsikan yg 55AX karena RPM nya lebih tinggi maka harus di pasang reduction gear sedemikian sehingga RPM nya harus jadi 10000RPM
jadi reduction ratio nya 16000/10000 = 1.6
karena RPM nya di turun kan maka torsi nya akan naik menjadi 0.076 x 1.6 = 0.122kgf.m
dengan kata lain, 55AX setelah dipasang reduction gear 1.6:1 spec nya menjadi 1.68HP @10000RPM (perhatikan nilai HP nya tetap sam meskipun RPM nya jadi 10000)
nah, sekarang baru bisa di bandingkan torsi nya, 0.122 untuk 55AX dan 0.072 untuk FS56

kenapa saya hanya menghitung untuk RPM maximum saja, dan kenapa di spec harus ditulis juga RPM nya ? karena ini karakter mesin, power maximum nya baru bisa keluar di RPM tersebut.
kalau RPM nya di bawah nilai tersebut tetu saja powernya juga berkurang dan ini wajar saja karena itu memang tujuan nya diberi throtle.
kalau kita kurangi throtle nya tentu karena kita berharap power/torsi yg lebih rendah.

Analogi listrik nya :
Power atau HP : Daya atau watt
Torsi : Arus atau ampere
RPM : tegangan atau volt
jadi Watt = volt x ampere
ini sebanding dg HP = RPM x torsi

lalu pertanyaan nya menjadi :
55AX ==> batt 168Watt 16Volt
FS56 ==> batt 99Watt 10Volt
bagus yg mana ?


nb:
(1) kenapa harus RPM sama ? contoh nya begini,
kalau mesin sepeda motor 100cc mau dibuat menjalankan truk gandeng bermuatan penuh kira2 kuat nggak ?
untuk ini dibutuhkan torsi yg sangat besar, sehingga banyak orang akan mengatakan nggak mungkin.
padahal jawaban nya : bisa saja. caranya, mesin sepeda motor tersebut di reduksi dulu yg banyak (RPM nya jadi rendah, tapi torsi nya akan naik) baru dipakai untuk menggerak kan truk gandeng tadi. hasilnya, truk gandeng akan bisa di jalankan oleh mesin 100cc tadi, cuman jangan berharap bisa jalan dg kecepatan normal, tentunya hanya bisa jalan sangat pelan saja. jadi apakah mesin 100cc tersebut sama kuat dg mesin truk gandeng yg asli ? tentu saja tidak karena kecepatan nya berbeda. lalu mana yg lebih bagus ? tentu saja yg bisa jalan lebih cepat. tapi kalau kita hanya perlu menjalankan sepeda motor, tentu saja akan sangat berlebihan kalau harus pake mesin truck gandeng.

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 02 Jul 2012, 18:03
by wibawana
toto wrote:
wibawana wrote:berarti 4tak lebih unggul dari efisiensi bahan bakar, tapi kalah dari rpm yang dihasilkan 2 tak.. dari segi kekuatan mesin untuk memutar propeler dengan picth besar masih menang 4 tak, apa benar begitu? :tlt sedangkan untuk panas yang dihasilkan pada mesin apakah lebih dingin 4 tak?


soal unggul yang mana menurut saya sih sangat tergantung entar dengan peruntukannya ........... bisa aja nanti waktu dipasang di bench misal nya engine 4S unggul efisiensi nya banding dengan engine 2S tapi karena tidak sesuai waktu di cangkokan ke pesawat yg bukan peruntukannya bisa jadi enggak unggul ........... jadi saran saya soal unggul sebaiknya di pandang dari seluruh elemen jadi nantinya enggak salah nyesel di kemudian harinya atas pemiliohan type engine vs pesawat vs gaya terbang nya .............. :tlt


yang dimaksudkan panas disini nantinya untuk melakukan apa ya om mohon pencerahannya ya ........... kalau soal panas yang mana pada saat engine bekerja kayanya sih sama aja deh dengan catatan si engine digunakan untuk penerbangan normal demikian juga setting si engine optimal/benar ........... gituh loh setahu yang saya bandingkan antara engine 2S dan 4S yang saya miliki .... :ide

:ktk berarti sesuai aplikasi diperuntukkan untuk gaya terbang nya ya om.
untuk panas yang saya maksud adalah disaat mesin bekerja, yang mana cepat panas? 2 tak apa 4 tak? atau tergantung settingan karburatornya.




salam