Page 2 of 3
Re: Tanya
Posted: 26 Jul 2012, 16:15
by erizal
Re: Tanya
Posted: 26 Jul 2012, 16:24
by erizal
Re: Tanya
Posted: 26 Jul 2012, 16:32
by erizal
Re: Tanya
Posted: 26 Jul 2012, 17:07
by Maria Nindhya
erizal wrote:mohon maaf info yang saya berikan mungkin kurang lengkap, begini ceritanya... heheh saya punya batre turnigy
2200mah 3 cell 11,1 volt setelah saya pake dan gak tau klo gak boleh sampai habis jadi sekarang voltase yang tersisa di batre cuma
lebih kurang 4 Volt dicek pake multi tester. jadi saya coba charger pake
turnigy balance charger 2s 3s tapi setelah lebih dari 4 jam batre tetap tidak terisi dan voltase masih sama. jadi saya berrencana mau pancing voltase dengan adaptor agar voltase batre naik dan dilanju dengan balancer. kira kira tindakan ini benar atau gimana menurut suhu suhu yang sudah berpengalaman. terimakasih atas bantuannya.

Dari data di atas..

3cell voltase 4 Volt.. jadi 4 dibagi 3 sama dengan 1,3 Volt percell..
charger tersedia kurang lebih seperti ini ya ?

nyerah deh.. ilmunya belum nyampe..

Re: Tanya
Posted: 26 Jul 2012, 17:08
by levpardede
fahmi43 wrote:Balancer nya kalau boleh tau pakai apa ya? kalau yang digital sejenis accucell / imax b6, bisa dicoba tuh, charge pake mode NiMH sampai tegangan batre 3.3V / Sel nya (10V kalau batre 3sell). setelah tegangan diatas 3,3v / sell, baru charge pakai mode LiPo lagi.
Saya dah 3 kali pake cara diatas kalau LiPo over discharge, dan selalu berhasil. lipo juga masih aman2 aja skr, ga berasa ada defect (Tidak kembung) / Penurunan performa.
betul mas gk berasa kalo dipake di pesawat gabus
there is noway kalo tuk heli 3D

Re: Tanya
Posted: 26 Jul 2012, 18:12
by fahmi43
Walah, kalau sedah sampe segitu sih, bagus nya di ZAP aja, coba cek kesini :
viewtopic.php?f=19&t=6883&hilit=zapBetul tuh kata Suhu levpardede, kalau buat pesawat gabus sih gapapa, kalau buat heli 3d noway, jadi buat pilot2 heli yg batre nya overdischarge, hibahin aja ke pilot pesawat gabus bir bisa manfaat lagi tuh batre.
Re: Tanya
Posted: 26 Jul 2012, 18:55
by Maria Nindhya
fahmi43 wrote:Walah, kalau sedah sampe segitu sih, bagus nya di ZAP aja, coba cek kesini :
viewtopic.php?f=19&t=6883&hilit=zapBetul tuh kata Suhu levpardede, kalau buat pesawat gabus sih gapapa, kalau buat heli 3d noway, jadi buat pilot2 heli yg batre nya overdischarge, hibahin aja ke pilot pesawat gabus bir bisa manfaat lagi tuh batre.
wah, saya baru tau ada cara seperti itu.. cuma ngeri juga.. trafo las itu voltasenya 20 Volt paling kecil 48 Volt paling besar dengan Ampere 50A paling rendah dan 150A paling besar.. Battery mesin bor 12 Volt dengan 1,5 A... resiko meledak..

50%... jika metode ini di gunakan di battery lipo dengan 11,1 volt, 2200 mAh... wah..
ammmpuuuunnn... saya nyerah deh...

NB: ingat.. "
safety first.."
Re: Tanya
Posted: 26 Jul 2012, 18:57
by ahmadbenny
Re: Tanya
Posted: 26 Jul 2012, 19:40
by unding
Topic ini sepertinya sama kasusnya dgn yg disini :
viewtopic.php?f=120&t=11988
Re: Tanya
Posted: 26 Jul 2012, 21:22
by christoffel
kalau ini mah, ke 3 cll nya sudah under voltage.
coba di charge pake mode NiCd atau NiMH saja dulu. setting arus charge boleh sampai 2A.
tegangan nya dipantau terus. kalau sudah sampai 11V baru di balance charge pake mode LiPo seperti biasanya.
kalau pake adaptor biasa juga boleh, asal arusnya jangan sampai lebih dari 2A, dan tegangan nya di pantau terus ...