Maria Nindhya wrote: terima kasih suhu Ariebudi, pulang kantor aku coba setting ulang.. untuk menu no.6 (BEC) default-nya 6.0V, di ganti ke 5.0V nggak masalah sama servo ? klu liat Volt Receiver emang 5.0 volt..
Rx cuman nglewatin saja nin, yang paling fatal adalah servo, kalo butuh servo yang gerak cepat pasti sih ngaruh dari 6 ke 5 v. Tapi ini kan pesawat trainer, lemot gak masalah....
Semalem udah setting lagi.. udah bagus.. 15% udah muter pelan.. tapi nggak ngacir.. 20% baru mau gerak dikit.. 25 % udah jalan.. Oh, gitu dok.. aku baru tahu.. padahal di servo ada tulisan 5Volt (plus minus) 1Volt.. Tinggal nyoba terbang lagi.. masalah saya.. GROOGIII.. he.. he.. he..
waktu pertama kali terbang, pesawat saya crash.. dari hasil investigasi bagian kecelakaan.. sayap pecah kena baling-baling yang masih berputar..
apakah setting ESC no 1. Brake (def=Disable) Pilihan > Disable,Soft Brake dan Hard Brake > di ubah ke soft brake bisa membantu ?
Jika ESC saya pake Ampere lebih besar (20A)<< aslinya 10A>>, ada pengaruh buruk yang muncul nggak ? seperti battery boros atau motor panas.. soalnya ESC yg 15A, mau di pake dipesawat yg lain.. he.. he.. he..
btw, buat apa sih sebetulnya pilihan BRAKE pada ESC ?
Nin, brake dipake kalo mau pake folding prop....itu looo yang bilahnya ngeplek ketekuk kalo motor berhenti berputar.... Kalo brake dipake dengan prop yang non foldable, prop akan berhenti berputar sesuai posisi motor....drag akan besar...tidak efisien. Jadi brake disable aja supaya prop tetep spin pada saat throtle off Kalo esc digedein di atas permintaan power yang diminta ya gak ada masalah....paling berat pesawat nambah beberapa gram karena esc jadi besar
BZ123456 wrote:Nin, brake dipake kalo mau pake folding prop....itu looo yang bilahnya ngeplek ketekuk kalo motor berhenti berputar.... Kalo brake dipake dengan prop yang non foldable, prop akan berhenti berputar sesuai posisi motor....drag akan besar...tidak efisien. Jadi brake disable aja supaya prop tetep spin pada saat throtle off Kalo esc digedein di atas permintaan power yang diminta ya gak ada masalah....paling berat pesawat nambah beberapa gram karena esc jadi besar
Mas BZ123456 tanya juga, kenapa saya sering baca kalau untuk pesawat brake di sarankan di set ke ON, padahal yang dipake bukan folding prop. Apalagi pada pesawat Wing yang tidak ada landing gearnya. Kalau itu prop lock di satu posisi, katakan vertical, apa tidak patah waktu mendarat? Apakah kalau brake = ON, posisi prop akan (dan dipastikan) horizontal?
Pemikiran saya sama dengan anda pak....jadi menurut saya, saya tidak akan mengikuti anjuran yang bapak baca Dan setahu saya, posisi prop pada saat brake on tidak dapat diprogram seperti pada engine berpiston Non landing gear aircraft biasanya hanya saya pasang prop safer supaya prop aman jika landing dengan prop strike
kalo brake on batrei jadi cepet panas dan habis ya suhu kalo kita mencoba dive gitu pemikiran saya sih esc juga butuh daya yang besar buat menghentikan putaran motor maaf jika salah
BZ123456 wrote:Pemikiran saya sama dengan anda pak....jadi menurut saya, saya tidak akan mengikuti anjuran yang bapak baca Dan setahu saya, posisi prop pada saat brake on tidak dapat diprogram seperti pada engine berpiston Non landing gear aircraft biasanya hanya saya pasang prop safer supaya prop aman jika landing dengan prop strike
Doc brake pada pswt itu diperlukan untuk jenis jenis pswt tertentu spt patern yg butuh kecepatan konstan terutama pada saat downloop kalau brake gak di set maka speed pswt akan naik tapi kalau brake di set up dgn pas maka gerakan loop tersebut akan punya speed yang konstan