Page 2 of 4
Re: nanya tentang flap
Posted: 13 Jan 2013, 17:55
by BZ123456
Pak D, yang anda kerjakan disebut flaperon. Memanfaatkan bilah aileron untuk sekalian jadi flap. Keuntungan....praktis dan murah.....sayang saya banyak gagalnya. Kalau setting flap di pesawat saya, dua bilah flap dengan masing2 servo terkonek Y connector untuk menuju servo port kosong di Rx (biasanya ch 5 kalo di saya). Untuk deploy flap (flap down) saya memakai 3 point switch dengan switch 0 flap retract, switch 1 flap down 10 derajat buat take off, switch 2 flap down 35 derajat untuk landing. Kecepatan servo delay....untuk down/deploy flap selalu lebih lama dibanding flap retract, artinya kecepatan untuk ke atas aku bikin cepet untuk recover pesawat. Sedangkan ke bawah lambat supaya jempol aku yang kurang terlatih ini bisa mengcounter gerakan down elevator dan throtle management lebih lanjut.
Oh iya servo reverse artinya servonya bisa dibalik arah gerakan nya dari tx, itu bukan maksudnya pak D?
Re: nanya tentang flap
Posted: 13 Jan 2013, 18:03
by rosgana
nah ini yang saya akan tanyakan.... saya ada Bixler... sudah dipasang servo... tapi saya gak punya Servo reverser. jadi Flap nya belum bisa berfungsi ya??? karena gerakan servonya berlawanan...
Re: nanya tentang flap
Posted: 13 Jan 2013, 18:08
by BZ123456
Kalo seperti itu pake mekanik saja pak rosgana, servone dibalik arahnya....Tapi ngomong2 tx nya masa gak ada reverse? Tx generasi 2002 ke bawah yang setahu saya kadang2 belum punya....tapi generasi berikutnya itu adalah standar, kecuali produk Tx RTF
Hati2 kalau tidak mempunyai servo delay....jika flap deployed tiba2 pesawat akan zooming ( nanjak tiba2) dan bisa stall...Berikan nilai flap kecil dulu untuk menilai karakteristik pesawat
Re: nanya tentang flap
Posted: 13 Jan 2013, 18:13
by Arya m 1991
rosgana wrote:nah ini yang saya akan tanyakan.... saya ada Bixler... sudah dipasang servo... tapi saya gak punya Servo reverser. jadi Flap nya belum bisa berfungsi ya??? karena gerakan servonya berlawanan...
Kebetulan sy pnya pesawat coro dg flap mmg pas pertama instal servo gerakannya malah berlawanan (seperti aile) sy akal2'in di balik aja posisi instalan servo dan armnya alhasil gerakan jd sama tnpa utak-atik kabel
Re: nanya tentang flap
Posted: 13 Jan 2013, 18:17
by BZ123456
Arya m 1991 wrote:Kebetulan sy pnya pesawat coro dg flap mmg pas pertama instal servo gerakannya malah berlawanan (seperti aile) sy akal2'in di balik aja posisi instalan servo dan armnya alhasil gerakan jd sama tnpa utak-atik kabel
Ya setuju, ini juga yang saya kerjakan....pake Y connector, semua servo diarahin sama, jangan memasang servo posisinya seperti aileron.
Ini ada contohnya

Lihat penempatan servo flapnya beda dengan yang di aileron

Re: nanya tentang flap
Posted: 13 Jan 2013, 18:19
by zaki
BZ123456 wrote:zaki wrote:untuk kecepatan servo bisa setting angka pd TX menu EXPO dan besar bukaan pakai D/R
Pak zaki, ini di tx merk apa ya? Kalo di futaba dan hitec saya, expo adalah merubah korelasi antara gerakan di tx stick dan servo horn, yang harusnya linier/ sepadan ( misal di tx stick ada di mid/ center...ya servo ada di mid) menjadi bentu kurva...( tx di mid, bisa saja servo masih di bawah mid atau di luar titik mid sesuai dengan setting)
Kalo servo speed pada futaba ada di menu servo speed/ time....bisa didelay waktunya.
Kalo gak punya tx model begini ada juga caranya pake servo delay...ada di warung sebrang lautan....gak mahal kok....
Kalo D/R setahu saya juga bukan ngatir bukaan, yang ngatur bukaan biasanya di sebut servo travel atau bisa juga EPA (end point adjusment). Kalau D/R di set jika ingin dalam satu flight kita mau servo travel bisa beda geraknya. Misalnya untuk take off kita gak mau servo travel terlalu jauh jadi D/R pertama di set kecil, begitu air borne switch ke D/R kedua dengan servo travel besar untuk main ugal2an....begitu sepengetahuan saya...maaf jika salah

saya blom pernah coba flap atau mixing.. saya hanya sebatas memanfaatkan fasilitas EXPO dan DR pada pesawat dgn fungsi standar
jadi EXPo yg saya maksud di sini biasanya untuk RESPON ,jadi biasanya pesawat yg gerakanya sensitif ( mungkin pengaruh besar lebar dan posisi aileron ) ini di buat agak lemot gerak servo nya ) yg juga D/R sebagi pendukung nya .
mungkin pak dokter juga tau deh..mungkin beda gambaran... yg saya maksud sih standar dari fungsi expo aja pak
klo saya mainin besar kecil kurva expo pd TX ( Fut / Spektrum ) ...sambil saya mainin aileron.... gerakannya jadi lambat / cepat
begitu pak ....

Re: nanya tentang flap
Posted: 13 Jan 2013, 18:30
by sutavijaya
BZ123456 wrote:Pak D, yang anda kerjakan disebut flaperon. Memanfaatkan bilah aileron untuk sekalian jadi flap. Keuntungan....praktis dan murah.....sayang saya banyak gagalnya. Kalau setting flap di pesawat saya, dua bilah flap dengan masing2 servo terkonek Y connector untuk menuju servo port kosong di Rx (biasanya ch 5 kalo di saya). Untuk deploy flap (flap down) saya memakai 3 point switch dengan switch 0 flap retract, switch 1 flap down 10 derajat buat take off, switch 2 flap down 35 derajat untuk landing. Kecepatan servo delay....untuk down/deploy flap selalu lebih lama dibanding flap retract, artinya kecepatan untuk ke atas aku bikin cepet untuk recover pesawat. Sedangkan ke bawah lambat supaya jempol aku yang kurang terlatih ini bisa mengcounter gerakan down elevator dan throtle management lebih lanjut.
Oh iya servo reverse artinya servonya bisa dibalik arah gerakan nya dari tx, itu bukan maksudnya pak D?
Iya om BZ saya pakai flaperon. masih bingung setting cara memperlambat gerakan flaps, saya pakai dx 6i.
Terimakasih om BZ telah banyak membantu.

Re: nanya tentang flap
Posted: 13 Jan 2013, 18:31
by BZ123456
Pak Zaki, kalo pake expo sbenernya bukan kata lambat yang tepat ya...mungkin lemot dan responsif yang tepat. Jadi kalo disetting lemot...stick tx digerakin udah jauh tapi arm masih loyo di titik2 tertentu sesuai grafik, jika di set responsif begitu tx digoyang dikiiit saja...yang di arm sudah ngelonjak-lonjak kegirangan...
Kalau yang dimaksud di sini mungkin speed/ delay ya....supaya gak bingung istilahnya
Pak D: wah saya gak tau deh kalao tx JR atau Spectrum, setau saya harusnya punya servo delay atau speed. Tapi kalau memang bener gak ada, pak D bisa pakai produk yang nanti saya PM saja.
Re: nanya tentang flap
Posted: 13 Jan 2013, 18:42
by Arya m 1991
BZ123456 wrote:Arya m 1991 wrote:Kebetulan sy pnya pesawat coro dg flap mmg pas pertama instal servo gerakannya malah berlawanan (seperti aile) sy akal2'in di balik aja posisi instalan servo dan armnya alhasil gerakan jd sama tnpa utak-atik kabel
Ya setuju, ini juga yang saya kerjakan....pake Y connector, semua servo diarahin sama, jangan memasang servo posisinya seperti aileron.
Ini ada contohnya

Lihat penempatan servo flapnya beda dengan yang di aileron

Nah ini dia yg sy maksud sama seperti ini,
thx udh upload fotonya, tdnya sy mw up load, hehehehe
Re: nanya tentang flap
Posted: 13 Jan 2013, 19:22
by christoffel
BZ123456 wrote:Pak Zaki, kalo pake expo sbenernya bukan kata lambat yang tepat ya...mungkin lemot dan responsif yang tepat. Jadi kalo disetting lemot...stick tx digerakin udah jauh tapi arm masih loyo di titik2 tertentu sesuai grafik, jika di set responsif begitu tx digoyang dikiiit saja...yang di arm sudah ngelonjak-lonjak kegirangan...
Kalau yang dimaksud di sini mungkin speed/ delay ya....supaya gak bingung istilahnya
100 untuk pak dokter ...
untuk pak guru : sesuai namanya, expo = exponensial
artinya kurva transfer gerak stick menjadi gerak servo tidak linier lagi melainkan exponensial ...
tidak ada perubahan pada kecepatan gerak servo nya.