ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot

Diskusi pesawat rc elektrik
User avatar
BZ123456
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1177
Joined: 26 Dec 2011, 21:46
Location: Jak-Tim

Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot

Post by BZ123456 »

Gimana kalo cari esc yang ada reverse motor nya saja kaya rc car. Tapi gimana caranya? La wong kalo di rc car throtle 0 ada di tengah, sedangkan pesawat nilai 0 ada di dasar stick. Tapi juga tidak akan efektif menurut saya karena arah blade yang tidak sesuai lagi dengan putaran....cuman muter doang gak ada efek reverse thrust.
Atau kalau memang short runway...boleh dicoba cara kapal induk saja...pakai kaitan...atau pakai jala model emergency runway beneran
Dulu ada yang memaparkan di forum ini gimana caranya pakai hook....kalau gak salah landing pesawat 40 di lapangan bola volly...sukses...tapi saya lupa threadnya
Mungkin bisa di search di youtube karena waktu itu pake video.

Salam
User avatar
soloflight
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 68
Joined: 07 Jul 2012, 11:21
Location: Bangka Belitung

Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot

Post by soloflight »

BZ123456 wrote:Gimana kalo cari esc yang ada reverse motor nya saja kaya rc car. Tapi gimana caranya? La wong kalo di rc car throtle 0 ada di tengah, sedangkan pesawat nilai 0 ada di dasar stick. Tapi juga tidak akan efektif menurut saya karena [b]arah blade yang tidak sesuai lagi dengan putaran....cuman muter doang gak ada efek reverse thrust.
Atau kalau memang short runway...boleh dicoba cara kapal induk saja...pakai kaitan...atau pakai jala model emergency runway beneran
Dulu ada yang memaparkan di forum ini gimana caranya pakai hook....kalau gak salah landing pesawat 40 di lapangan bola volly...sukses...tapi saya lupa threadnya
Mungkin bisa di search di youtube karena waktu itu pake video.

Salam


hmm ide nya boleh juga sih om pake sistem jala. tapi saya udah coba kok om, memang daya thurst nya tidak sekuat maju, tapi sangat efektif sekali membuat pesawat untuk berhenti. memang arah pitch blade nya gak sesuai tapi daya thrust nya lumayan om. Masalah saya sekarang hanya pada relay nyayang kurang tahan panas, karena saya pake relay yang agak kecil. sementara motor saya lumayan gede arus nya. Memang bisa pake relay yang agak besar, tapi siapa tahu disini para suhu punya cara lain, misal nya ada yang punya skema/ tpernah buat relay non mekanik (non magnetic) untuk menggantikan relay mekanik (magnetic).
User avatar
soloflight
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 68
Joined: 07 Jul 2012, 11:21
Location: Bangka Belitung

Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot

Post by soloflight »

mungkin saya akan mencoba dengan cara seperti ini..
User avatar
yoyonh
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 707
Joined: 01 Aug 2010, 23:16
Location: Bekasi
Contact:

Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot

Post by yoyonh »

Relay panas kemungkinan karena kelebihan beban, atau arus mengalir terlalu besar.
:hmm
Secara logika ketika motor berputar, tiba tiba arah putaran motor di balik maka akan ada beban yang sangat besar.
Secara mudah kita di analogikan ketika pesawat crash propeller menyentuh tanah tetapi throttle masih belum nol.
Keseringan ESC akan jadi korban karena over load.
Gak beda dengan hal di atas saat propeller berputar lalu putaran di balik maka beban motor jadi maksimum, dan akan nyedot arus maksimum, tinggal ukur saja berapa besar arus yang lewat, nah kalau relay kemampuannya dibawah arus maksimum, pasti panas dan kalau kelamaan bisa jebol.
Mungkin bisa sedikit membantu dengan memprogram ulang ESC nya.
beberapa ESC bisa di program ketika cut off motor langsung berhenti (BREAK), ini membuat beban motor di reset jadi minimum.
Nah kalau sudah minimum arah putaran mau dibolak balik juga beban relay juga rendah.

Urutannya jadi begini.
Saat selesai roda menyentuh run way - throttle cut (motor break) - relay reverse on- throttle up (motor berputar kebalikan)
dengan cara ini arus yang mengalir sebanding dengan arus normal.
CMIIW.
User avatar
soloflight
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 68
Joined: 07 Jul 2012, 11:21
Location: Bangka Belitung

Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot

Post by soloflight »

yoyonh wrote:Relay panas kemungkinan karena kelebihan beban, atau arus mengalir terlalu besar.
:hmm
Secara logika ketika motor berputar, tiba tiba arah putaran motor di balik maka akan ada beban yang sangat besar.
Secara mudah kita di analogikan ketika pesawat crash propeller menyentuh tanah tetapi throttle masih belum nol.
Keseringan ESC akan jadi korban karena over load.
Gak beda dengan hal di atas saat propeller berputar lalu putaran di balik maka beban motor jadi maksimum, dan akan nyedot arus maksimum, tinggal ukur saja berapa besar arus yang lewat, nah kalau relay kemampuannya dibawah arus maksimum, pasti panas dan kalau kelamaan bisa jebol.
Mungkin bisa sedikit membantu dengan memprogram ulang ESC nya.
beberapa ESC bisa di program ketika cut off motor langsung berhenti (BREAK), ini membuat beban motor di reset jadi minimum.
Nah kalau sudah minimum arah putaran mau dibolak balik juga beban relay juga rendah.

Urutannya jadi begini.
Saat selesai roda menyentuh run way - throttle cut (motor break) - relay reverse on- throttle up (motor berputar kebalikan)
dengan cara ini arus yang mengalir sebanding dengan arus normal.
CMIIW.


terimakasih om yoyon, jadi begini om.., relay nya menjadi panas karena memang dia otomatis berfungsi jadi penghantar (kabel) karena dari esc harus melewati relay dulu baru menuju motor. penampang penghantar pada relay kan tidak sebesar kabel yang kita gunakan jadi otomatis apabila dialiri arus yang lumaya besar akan menjadi panas. mungkin bisa kita akali dengan menggunakan relay yang agak sedikit besar ya om.
User avatar
yoyonh
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 707
Joined: 01 Aug 2010, 23:16
Location: Bekasi
Contact:

Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot

Post by yoyonh »

soloflight wrote:
yoyonh wrote:Relay panas kemungkinan karena kelebihan beban, atau arus mengalir terlalu besar.
:hmm
Secara logika ketika motor berputar, tiba tiba arah putaran motor di balik maka akan ada beban yang sangat besar.
Secara mudah kita di analogikan ketika pesawat crash propeller menyentuh tanah tetapi throttle masih belum nol.
Keseringan ESC akan jadi korban karena over load.
Gak beda dengan hal di atas saat propeller berputar lalu putaran di balik maka beban motor jadi maksimum, dan akan nyedot arus maksimum, tinggal ukur saja berapa besar arus yang lewat, nah kalau relay kemampuannya dibawah arus maksimum, pasti panas dan kalau kelamaan bisa jebol.
Mungkin bisa sedikit membantu dengan memprogram ulang ESC nya.
beberapa ESC bisa di program ketika cut off motor langsung berhenti (BREAK), ini membuat beban motor di reset jadi minimum.
Nah kalau sudah minimum arah putaran mau dibolak balik juga beban relay juga rendah.

Urutannya jadi begini.
Saat selesai roda menyentuh run way - throttle cut (motor break) - relay reverse on- throttle up (motor berputar kebalikan)
dengan cara ini arus yang mengalir sebanding dengan arus normal.
CMIIW.


terimakasih om yoyon, jadi begini om.., relay nya menjadi panas karena memang dia otomatis berfungsi jadi penghantar (kabel) karena dari esc harus melewati relay dulu baru menuju motor. penampang penghantar pada relay kan tidak sebesar kabel yang kita gunakan jadi otomatis apabila dialiri arus yang lumaya besar akan menjadi panas. mungkin bisa kita akali dengan menggunakan relay yang agak sedikit besar ya om.


Yup itu mutlak om, bukan lebih besar relaynya tetapi daya tahannya harus diatas dari daya yang melewatinya.
sama lah dengan MCB buat listrik di rumah.
good luck
:mtp
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot

Post by christoffel »

pake relay memang satu2nya jalan mas. kapasitas arusnya disesuaikan saja.

kalau pake semiconductor untuk pengganti relay, jadinya akan sangat rumit dan mahal, karena yg harus ditukar ada 2 kabel dan masing2 polaritasnya berubah-ubah.

secara prinsip ada 2 cara untuk membalik arah putaran (selain menukar kabel) (yg pernah saya coba)
1. membalik polaritas feedback. ini saya lakukan pada sensored motor, untuk sensorless jelas nggak worthed karena banyak signal harmonisnya, dan harus pake op-amp 3 biji.
2. kalau cukup berani coba2 dengan solder, jalur gate pada mosfet driver di esc bisa ditukar. ada 3 pasang mosfet, untuk menukar 2 pasang maka diperlukan 2 relay dpdt atau kalau ada relay yg 3 pole cukup pake satu aja. prinsip nya sama seperti yg sekarang sudah mas lakukan, cuman kabel nya jadi ada 4 yg harus di tukar. keuntungan nya karena arus gate nya kecil maka relay nya cukup yg kecil saja, bahkan kalau mau pake gerbang logika juga bisa (saya pake 4 biji gerbang AND yg kebetulan memang 1 kenasan IC sudah isi 4 gerbang AND).
kalau pake relay, jangan lupa kaki gate nya di kasih resistor ke ground (untuk sisi N) supaya saat transisi mosfet nya pasti off.

selamat mencoba.
User avatar
soloflight
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 68
Joined: 07 Jul 2012, 11:21
Location: Bangka Belitung

Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot

Post by soloflight »

christoffel wrote:pake relay memang satu2nya jalan mas. kapasitas arusnya disesuaikan saja.

kalau pake semiconductor untuk pengganti relay, jadinya akan sangat rumit dan mahal, karena yg harus ditukar ada 2 kabel dan masing2 polaritasnya berubah-ubah.

secara prinsip ada 2 cara untuk membalik arah putaran (selain menukar kabel) (yg pernah saya coba)
1. membalik polaritas feedback. ini saya lakukan pada sensored motor, untuk sensorless jelas nggak worthed karena banyak signal harmonisnya, dan harus pake op-amp 3 biji.
2. kalau cukup berani coba2 dengan solder, jalur gate pada mosfet driver di esc bisa ditukar. ada 3 pasang mosfet, untuk menukar 2 pasang maka diperlukan 2 relay dpdt atau kalau ada relay yg 3 pole cukup pake satu aja. prinsip nya sama seperti yg sekarang sudah mas lakukan, cuman kabel nya jadi ada 4 yg harus di tukar. keuntungan nya karena arus gate nya kecil maka relay nya cukup yg kecil saja, bahkan kalau mau pake gerbang logika juga bisa (saya pake 4 biji gerbang AND yg kebetulan memang 1 kenasan IC sudah isi 4 gerbang AND).
kalau pake relay, jangan lupa kaki gate nya di kasih resistor ke ground (untuk sisi N) supaya saat transisi mosfet nya pasti off.

selamat mencoba.


terimakasih om christoffel dan om yoyonh, saran om christoffel yang no 2 sangat menarik dan patut untuk di coba, tapi saya akan coba dengan esc yang lain aja dulu biar kalo gagal nggak terlalu menyakitkan...hehe...
om bisa kasih skema gak kira-kira gimana gambaran nya om....biar saya jadi tambah jelas...
terimakasis sebelum nya
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot

Post by christoffel »

waduh, kalau soal gambar saya paling nggak bisa.
saya coba pake kalimat saja ya ...
tiap kabel output esc (ada tiga phasa) masing2 bisa ditarik ke plus atau ke minus (oleh esc).
yg narik ke minus, pasti pake mosfet type N.
yg narik ke plus, bisa pake type P atau type N (tergantung esc nya).
untuk type N, akan on kalau gate nya di beri positif, dan off kalau gate nya di beri negatif (ground).
sebaliknya untuk type P.
karena ada 3 output, maka total ada 6 gate yg di kontrol oleh esc.
ambil salah dua dari output ini (misalkan saja output R dan S), lalu gate nya di tukar, gate R yg atas di tukar dg gate S yg atas, demikian juga dg yg bawah. jadi output dari microcontroller yg tadinya mengatur gate R yg atas sekarang jadi mengatur gate S yg atas, dst ...
kalau pake relay, karena saat perpindahan perlu waktu maka gate harus di tambatkan off supaya nggak on sendiri.
pada sisi bawah, untuk type N, berarti harus diberi R ke negatif.
untuk yg sisi atasnya type N, biasanya gate nya tidak langsung ke controller, melainkan melewati satu IC charge pump yg membangkitkan tegangan lebih tinggi dari Vbatt, jadi yg di tukar adalah input dari IC ini yg ke micro controller nya.
untuk yg sisi atasnya type P, biasanya gate sudah ada R ke positif, dan di tarik ke negatif oleh satu transistor NPN, basis dari transistor ini yg terhubung ke microcontroller, jadi yg ditukar haruslah jalur antara basis transistor dg output microcontroller nya.

ini ada gambar skema esc towerpro (punya orang, saya cari dari google), mungkin bisa lebih jelas...
Image
yg di tukar adalah sambungan ke microcontroller kaki no 9 dengan 11, 30 dengan 31 (sebagai contoh aja)
kalau pake relay maka ke empat jalur tersebut yg sisi bukan ke microcontroller nya (sisi yg ke gate mosfet dan ke basis transistor) di beri R (10K sudah cukup) ke ground. kalo pake gerbang logika, nggak perlu di beri R.
User avatar
soloflight
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 68
Joined: 07 Jul 2012, 11:21
Location: Bangka Belitung

Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot

Post by soloflight »

christoffel wrote:waduh, kalau soal gambar saya paling nggak bisa.
saya coba pake kalimat saja ya ...
tiap kabel output esc (ada tiga phasa) masing2 bisa ditarik ke plus atau ke minus (oleh esc).
yg narik ke minus, pasti pake mosfet type N.
yg narik ke plus, bisa pake type P atau type N (tergantung esc nya).
untuk type N, akan on kalau gate nya di beri positif, dan off kalau gate nya di beri negatif (ground).
sebaliknya untuk type P.
karena ada 3 output, maka total ada 6 gate yg di kontrol oleh esc.
ambil salah dua dari output ini (misalkan saja output R dan S), lalu gate nya di tukar, gate R yg atas di tukar dg gate S yg atas, demikian juga dg yg bawah. jadi output dari microcontroller yg tadinya mengatur gate R yg atas sekarang jadi mengatur gate S yg atas, dst ...
kalau pake relay, karena saat perpindahan perlu waktu maka gate harus di tambatkan off supaya nggak on sendiri.
pada sisi bawah, untuk type N, berarti harus diberi R ke negatif.
untuk yg sisi atasnya type N, biasanya gate nya tidak langsung ke controller, melainkan melewati satu IC charge pump yg membangkitkan tegangan lebih tinggi dari Vbatt, jadi yg di tukar adalah input dari IC ini yg ke micro controller nya.
untuk yg sisi atasnya type P, biasanya gate sudah ada R ke positif, dan di tarik ke negatif oleh satu transistor NPN, basis dari transistor ini yg terhubung ke microcontroller, jadi yg ditukar haruslah jalur antara basis transistor dg output microcontroller nya.

ini ada gambar skema esc towerpro (punya orang, saya cari dari google), mungkin bisa lebih jelas...
Image
yg di tukar adalah sambungan ke microcontroller kaki no 9 dengan 11, 30 dengan 31 (sebagai contoh aja)
kalau pake relay maka ke empat jalur tersebut yg sisi bukan ke microcontroller nya (sisi yg ke gate mosfet dan ke basis transistor) di beri R (10K sudah cukup) ke ground. kalo pake gerbang logika, nggak perlu di beri R.


ok om..., terimakasih atas penjelasan nya., sekarang semuanya menjadi jelas. thanks
Post Reply