gaya puntir motor

Teori dan pembahasan aerodinamika

Moderator: NGL

User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: gaya puntir motor

Post by toto »

wah pak wak suhu iwan gitu deh ... pengalaman ini pernah terjadi waktu itu pakai pesawat mustang electric karena pikiran nya mau langsung wus saben mau take off begitu landing gear lepas pijakan langsung melintir ke kiri .... nah abis itu coba BL kecilan alhamdulillah kok bisa lempeng ... jadi kejadian ngelmu nya hanya kebenaran aja kok, tapi soal bener kagaknya ya kagak pasti tapi kenyataannya ya begitulah .... :hi3





salam
User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Re: gaya puntir motor

Post by wisnumurti »

hehehe mungkin bener juga apa yang dikatakan pak Toto, soal skil juga pengaruh, ini mungkin terperangah ngowoh lihat pesawat asal stick bisa melayang terus muntir kiri, dan gak pede dengan nerbangin pesawat dengan motor di hidung udah makan shaft banyak untuk ada tips bikin shaft motor di gaero.. hehe pokokmen lagi dicoba lagi dengan pesawat stick yang sama tapi motor taruh dibelakang alias pusher, biar shaft motor dan propeler sedikit awet.
untuk motor saya sempat ukur rpm 22000 dengan propeler 7 x 4.
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: gaya puntir motor

Post by iwan21 »

rpm 22000 dg prop 7x4? itu no load kvnnya berapa ya?
sepanjang yg saya tahu, nilai kv yg tertera di motor adalah no load kv,alias itu motor muter gak dikasih beban
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: gaya puntir motor

Post by toto »

kalau pesawat secara desain punya karakteristik glide bagus tapi sering nyungsep ada kemungkinan terlalu nose heavy jadi dibantu elevator kagak ngejar, nah entar gantian umumnya pesawat dengan power model pusher umumnya kalau kurang pas CG nya cenderung tail heavy jadi gantian deh jadi nya terbang model lumba2 ..... jadi saran saya mendingan terusin dulu tuh pesawat dengan power model tractor cari CG nya yg okay sedikit saja kasih nose heavy kemungkinan besar shaft motor bisa terselamatkan deh ..... semoga .... :doa




salam
User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Re: gaya puntir motor

Post by wisnumurti »

iwan21 wrote:rpm 22000 dg prop 7x4? itu no load kvnnya berapa ya?
sepanjang yg saya tahu, nilai kv yg tertera di motor adalah no load kv,alias itu motor muter gak dikasih beban


saya ganti pake DYS2212 , saya pake tachometer tembak infrared pada propeler saya strip dengan spidol silver terus saya jalankan motor sampe mentok dengan prop 7x4 di tachometer terbaca sekitar 22000 rpm om iwan
User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Re: gaya puntir motor

Post by wisnumurti »

toto wrote:kalau pesawat secara desain punya karakteristik glide bagus tapi sering nyungsep ada kemungkinan terlalu nose heavy jadi dibantu elevator kagak ngejar, nah entar gantian umumnya pesawat dengan power model pusher umumnya kalau kurang pas CG nya cenderung tail heavy jadi gantian deh jadi nya terbang model lumba2 ..... jadi saran saya mendingan terusin dulu tuh pesawat dengan power model tractor cari CG nya yg okay sedikit saja kasih nose heavy kemungkinan besar shaft motor bisa terselamatkan deh ..... semoga .... :doa




salam


power mmodel factor apa ya pak toto heheheh...:)
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: gaya puntir motor

Post by christoffel »

wisnumurti wrote:andaikan gaya puntir bisa di ukur dan gaya dorong bisa di ukur , apakah metode ini bisa digunakan untuk menentukan sudut right thrustnya..heheheh...

bisa om, dan gampang sekali ...
cuman perlu punya timbangan digital aja ....

untuk ngukur thrust, kalau saya pake timabangan gantung, diikat pake tali ke pantat pesawat (tali nya di usahakan satu sumbu dg propeller) trus tinggal dibaca saja angkanya berapa waktu full throtle.

kalau untuk ngukur torsi, ganjal ujung2 sayap pesawat (jarak nya harus sama) trus pada salah satu sayap (di sisi sayap yg akan menekan kebawah saat di full throtle) di beri timbangan meja. baca hasil timbang nya saat di full throtle, dikurangi dengan bacaan saat prop berhenti. angka ini dibagi 2 dulu (karena ada dua titik tumpu) lalu hasilnya di kali dengan jarak titik timbang ke garis sumbu prop.
hasil ini adalah nilai torsi motor tersebut pada RPM tertentu (RPM full throtle). dengan prop yg berbeda, hasilnya juga akan berbeda.
dari sini bisa kita hitung ukuran prop yg cocok untuk pesawat tersebut.

rumus yg berkaitan :
Torsi (Kg.cm) =Power (Hp) * 72611.5 / RPM
Last edited by christoffel on 12 Feb 2013, 09:56, edited 1 time in total.
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: gaya puntir motor

Post by toto »

tractor = motor di depan
pusher = motor di belakang


cuman istilah doang kok om






salam
User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Re: gaya puntir motor

Post by wisnumurti »

christoffel wrote:
wisnumurti wrote:andaikan gaya puntir bisa di ukur dan gaya dorong bisa di ukur , apakah metode ini bisa digunakan untuk menentukan sudut right thrustnya..heheheh...

bisa om, dan gampang sekali ...
cuman perlu punya timbangan digital aja ....

untuk ngukur thrust, kalau saya pake timabangan gantung, diikat pake tali ke pantat pesawat (tali nya di usahakan satu sumbu dg propeller) trus tinggal dibaca saja angkanya berapa waktu full throtle.

kalau untuk ngukur torsi, ganjal ujung2 sayap pesawat (jarak nya harus sama) trus pada salah satu sayap (di sisi sayap yg akan menekan kebawah saat di full throtle) di beri timbangan meja. baca hasil timbang nya saat di full throtle, dikurangi dengan bacaan saat prop berhenti. angka ini dibagi 2 dulu (karena ada dua titik tumpu) lalu hasilnya di kali dengan jarak titik timbang ke garis sumbu prop.
hasil ini adalah nilai torsi motor tersebut pada RPM tertentu (RPM full throtle). dengan prop yg berbeda, hasilnya juga akan berbeda.
dari sini bisa kita hitung ukuran prop yg cocok untuk pesawat tersebut.

rumus yg berkaitan :
Torsi (Kg.cm) =Power (Hp) * 72611.5 / RPM


waha yayaya om chris..jadi :ngl kebayang hmm andaikan dudukan motor dibikin swivel apakah kemungkinan kita bisa meminimalkan gaya puntir oleh motor?
heheh gak kebayang ribetnya itungan matematiknya...paling enggak secara logika bisa diterima om chris kenapa untuk pesawat propeler di depan dibuat right thrusnya kira kira 3 derajat. ini untuk meminimalisir pesawat guling saat take off, dan pada saat pesawat sudah di udara gaya puntir tadi akan di counter dengan gaya lift pada sayap. :cling heheh maap kalo analisanya salah mohon dikoreksi

apakah right thrus ini juga berlaku pada pesawat model pusher? sempat baca baca digoogle kok cuma dibikin up thrust, straight thrust atau down thrust saja yaa?
User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Re: gaya puntir motor

Post by wisnumurti »

toto wrote:tractor = motor di depan
pusher = motor di belakang


cuman istilah doang kok om






salam


yayaya heheh jadi nambah pengetahuan istilah pak toto
Post Reply