
salam
Moderator: NGL
iwan21 wrote:rpm 22000 dg prop 7x4? itu no load kvnnya berapa ya?
sepanjang yg saya tahu, nilai kv yg tertera di motor adalah no load kv,alias itu motor muter gak dikasih beban
toto wrote:kalau pesawat secara desain punya karakteristik glide bagus tapi sering nyungsep ada kemungkinan terlalu nose heavy jadi dibantu elevator kagak ngejar, nah entar gantian umumnya pesawat dengan power model pusher umumnya kalau kurang pas CG nya cenderung tail heavy jadi gantian deh jadi nya terbang model lumba2 ..... jadi saran saya mendingan terusin dulu tuh pesawat dengan power model tractor cari CG nya yg okay sedikit saja kasih nose heavy kemungkinan besar shaft motor bisa terselamatkan deh ..... semoga ....![]()
salam
wisnumurti wrote:andaikan gaya puntir bisa di ukur dan gaya dorong bisa di ukur , apakah metode ini bisa digunakan untuk menentukan sudut right thrustnya..heheheh...
christoffel wrote:wisnumurti wrote:andaikan gaya puntir bisa di ukur dan gaya dorong bisa di ukur , apakah metode ini bisa digunakan untuk menentukan sudut right thrustnya..heheheh...
bisa om, dan gampang sekali ...
cuman perlu punya timbangan digital aja ....
untuk ngukur thrust, kalau saya pake timabangan gantung, diikat pake tali ke pantat pesawat (tali nya di usahakan satu sumbu dg propeller) trus tinggal dibaca saja angkanya berapa waktu full throtle.
kalau untuk ngukur torsi, ganjal ujung2 sayap pesawat (jarak nya harus sama) trus pada salah satu sayap (di sisi sayap yg akan menekan kebawah saat di full throtle) di beri timbangan meja. baca hasil timbang nya saat di full throtle, dikurangi dengan bacaan saat prop berhenti. angka ini dibagi 2 dulu (karena ada dua titik tumpu) lalu hasilnya di kali dengan jarak titik timbang ke garis sumbu prop.
hasil ini adalah nilai torsi motor tersebut pada RPM tertentu (RPM full throtle). dengan prop yg berbeda, hasilnya juga akan berbeda.
dari sini bisa kita hitung ukuran prop yg cocok untuk pesawat tersebut.
rumus yg berkaitan :
Torsi (Kg.cm) =Power (Hp) * 72611.5 / RPM
toto wrote:tractor = motor di depan
pusher = motor di belakang
cuman istilah doang kok om
salam