Page 2 of 5

Posted: 01 Sep 2007, 03:05
by Budiman
IVAN BUKAN wrote:terima kasih pak
@andre , saya masih belajar , awal electric FALCON cuma 1 bulan , karena part nya sulit , atas saran teman akhirnya ganti titan 50 , sudah hampir 3 bulan , aku bisa hover , side in kiri & kanan , sekarang mau FF , tapi nyali nya kecil , bagaimana pengalamanmu NDRE ?


Pak Ivan Bukan,

FF itu gampang,pak...apalagi side-in hover sudah dikuasai... =P~
Satu tips dari saya..utk memulai FF...heli jangan terlalu rendah dgn tanah.. sekitar 2-3 meter utk amannya..krn kalo terlalu rendah,dgn posisi side in, sulit sekali utk recovery...saya mendapatkan ini dari berbagai kesalahan yg sudah saya lakukan..apalagi pd posisi side-in ini, heli mau miring kemana,susah di lihat..
Satu lagi utk pemula..kalo suatu saat heli pd posisi side-in dan ketinggian dr tanah terlalu dekat..misalnya 20cm dr tanah...aeleron dan elevator jangan dimainkan terlalu banyak..ato jangan sama sekali...cukup tambah pitch/throttle dan tail utk memperbaiki arah heli..sehingga heli menanjak lagi...baru setelah itu koreksi manuvernya..
Saya dulu..krn belajar FF tanpa simulator..heli selalu gubrak krn heli terlalu dekat dgn tanah..dan cyclic respons terlalu aktif..jadinya main blade nyamber tanah terus...hehehhehe..

Demikian semoga bisa memberikan insipirasi,

salam,

budi

Posted: 01 Sep 2007, 08:51
by tn
sip om Budi..
sangat membantu buat para pemula yg mau belajar terbangkan heli...thx

Posted: 01 Sep 2007, 10:21
by andre77
Om Ivan menurut saya kalo kita mau sabar pasti resiko crash bisa di minimalisir,jadi kalo kita bisa lakukan gerakan di simulator tanpa ada kesalahan lagi coba aja di real pasti sukses dan gak ada bedanya,cuma bedanya saat menerbangkan yang real kita sedikit gemetar,Hover all posision adalah mutlak harus di kuasai agar saat recovery reflek kita udah terbiasa.jadi tips hemat dan cepat belajar heli cuma 1 pak "Simulator"

Selamat mencoba.

Posted: 01 Sep 2007, 10:29
by yoedhas
bener kata pak andre. simulator penting banget
saya merasakan sekali manfaat dari simulator, setelah bisa hover all position di simulator, ke real-nya tinggal siapin mental aja.
bedanya kalo di simulator jempol gak gemeteran, kalo di real sudah pasti gemeteran. hehehe

salam..

Posted: 01 Sep 2007, 11:22
by sevenslidegrills
Idem ma pendapat belajar lewat simulator. Pengalaman, dulu mo hover rasanya sampe mo putus asa. Waktu itu mo beli simulator kok rasanya sayang banget, saya pikir apa gak sebaiknya beli optional part utk stabilitas heli. Tapi, akhirnya saya putus aja beli simulator. Ternyata setelah crash berulang2 di simulator dan bisa hover dari situ, langsung coba di real heli langsung dapet feelingnya counter gerakkan heli.

Posted: 01 Sep 2007, 14:35
by Budiman
Kawan2 sekalian,

Maksud dan tujuan saya utk membuka topik bahasan ini adalah berbagi pengalaman berbagai hal yg tiba2 muncul secara nyata pada saat kita belajar untuk memulai suatu manuver baru dari heli...
Memang penggunaan simulator memudahkan semuanya,saya tidak menyangkal akan manfaatnya.. saya juga tidak menyarankan utk tidak memakai simulator...dan saya tidak anti jg terhadap simulator

Pada simulator semua kondisi pada heli dan cuaca dibuat sesempurna mungkin...sedangkan pada kondisi nyata di lapangan...semua itu hampir mustahil utk didapat...terutama faktor cuaca..
Dan juga soal mental...kita tidak merasakan beban psikologis yg sangat mengganggu saat menerbangkan heli di simulator...tapi hal ini akan berbeda sebaliknya pada saat di lapangan...

Harapan saya pd postingan ini adalah...memunculkan gagasan2 yg telah anda temui dan hadapi selama proses belajar tersebut di lapangan... pada saat kita menghadapi heli itu sendiri..bukan pd saat di simulator

Munculnya berbagai faktor yg tak terduga adalah sangat penting utk dibahas...Utamanya memberikan dorongan moril kepada rekan2 pemula yg hendak mengawali proses belajar...trick2 yg perlu diberikan ato diaplikasikan..baik pada heli dan Tx...setiap pilot pasti punya trick yg kebetulan ditemui pd saat di lapangan...Nah..inilah yg perlu kita bahas dan tularkan kepada rekan2 pemula...
Sekali lagi...untuk sementara simulator kita singkirkan dulu...
Bukankah lebi asyik dan menarik untuk membahas hal yg nyata di lapangan daripada liat heli jumpalitan tapi cuma dalam monitor?...

salam,

budi

Posted: 01 Sep 2007, 15:44
by yoedhas
@pak Budiman
maaf kalo postingan tentang simulator agak Out Of Topic
sedikit trick yang saya dapat dari temen forum juga sih, maaf kalo sudah ada yang bahas.
pada saat posisi hover nose-in, control kan jadi kebalik semua tuh..
kalo dalam kondisi tail-in, heli ke kiri, kita harus kasih control ke kanan kan, supaya heli bisa hover
tapi kalo dalam posisi nose-in agak sulit, karena semua kebalik.

jadi trick-nya dalam posisi nose-in. kalo heli ke kiri, kita bales juga ke kiri, sebaliknya heli ke kanan, kita bales juga ke kanan. trick ini berguna sekali bagi saya waktu belajar hover nose-in.
semoga bermanfaat.


salam..

Posted: 01 Sep 2007, 15:48
by Budiman
yoedhas wrote:@pak Budiman
maaf kalo postingan tentang simulator agak Out Of Topic
sedikit trick yang saya dapat dari temen forum juga sih, maaf kalo sudah ada yang bahas.
pada saat posisi hover nose-in, control kan jadi kebalik semua tuh..
kalo dalam kondisi tail-in, heli ke kiri, kita harus kasih control ke kanan kan, supaya heli bisa hover
tapi kalo dalam posisi nose-in agak sulit, karena semua kebalik.

jadi trick-nya dalam posisi nose-in. kalo heli ke kiri, kita bales juga ke kiri, sebaliknya heli ke kanan, kita bales juga ke kanan. trick ini berguna sekali bagi saya waktu belajar hover nose-in.
semoga bermanfaat.



salam..


Nah..ini salah satunya yang saya harapkan.. =P~
Terima kasih Pak Yoedhas....trick anda sangat membantu...

salam,

budi

Posted: 01 Sep 2007, 15:49
by yoedhas
share pengalaman di lapangan yah..
kalo bisa jangan main pas kondisi langit udah gelap, dan lapangan sekitar kita banyak pohon, karena bisa menyulitkan kita dalam melihat orientasi heli. karena susah melihat mana tail, mana nose. bisa kehilangan orientasi nantinya... CMIIW :)

Posted: 02 Sep 2007, 15:31
by Syafik
Budiman wrote:
yoedhas wrote:@pak Budiman
maaf kalo postingan tentang simulator agak Out Of Topic
sedikit trick yang saya dapat dari temen forum juga sih, maaf kalo sudah ada yang bahas.
pada saat posisi hover nose-in, control kan jadi kebalik semua tuh..
kalo dalam kondisi tail-in, heli ke kiri, kita harus kasih control ke kanan kan, supaya heli bisa hover
tapi kalo dalam posisi nose-in agak sulit, karena semua kebalik.

jadi trick-nya dalam posisi nose-in. kalo heli ke kiri, kita bales juga ke kiri, sebaliknya heli ke kanan, kita bales juga ke kanan. trick ini berguna sekali bagi saya waktu belajar hover nose-in.
semoga bermanfaat.

Membiasakan kondisi seperti ini yang agak sulit dilakukan pada saat kita sudah bener2 flight... krn sedikit aja (waktu sangat cepat) terjadi perubahan posisi kalau kita salah counter pasti kejadiannya akan membahayakan... ya inilah yang harus dicoba sesering mungkin, terutama diusahakan kalau bljr nose-in minimal ketinggian cukup


salam..


Nah..ini salah satunya yang saya harapkan.. =P~
Terima kasih Pak Yoedhas....trick anda sangat membantu...

salam,

budi