Page 2 of 2

Re: Posisi motor seperti ini....bingung..????

Posted: 14 Apr 2013, 20:33
by Bodyguard
Mohon izin untuk sekedar berbagi juga eyang suhu.... :gg
selama menggeluti hobby ini sy hanya bisa bikin yg homemade dan itu disebabkan krn sy gak bisa beli yg pabrikan... :gg
berarti mau gak mau, sy harus tau dan tidak pernah bosan berusaha bagaimana pesawat yg pusher harus bisa terbang...
selama sy bikin pesawat jet dengan posisi motor model pusher tidak selamanya harus ada upthrust nya...
dalam artian tergantung model dan kondisi pesawat yg kita bikin....

Contohnya :

Sy pernah bikin Flying Wing model pusher...ketika di test CG nya dengan cara di lempar tanpa power motor, glidingnya dapet...tpi ketika ada power(di naikin throtle), alhasil pesawatnya mendongak terus....maka jalan satu2nya yg sy tempuh adalah memberikan efek downthrust pada motor sehingga mendapatkan hasil yg maksimal....

Jadi kesimpulannya...untuk pemberian efek upthrust maupun downthrust tergantung kondisi pesawat kita dan tanpa harus mengabaikan posisi CG supaya dapet gliding yg pas...
Demikian dan mohon maaf atas kelancangan sy eyang suhu.... :gg
Permisi... :kabur

Re: Posisi motor seperti ini....bingung..????

Posted: 15 Apr 2013, 08:08
by 01062010
Bodyguard wrote:Ini om yg nanya kemana ya.... :hl :gg



m'f om BG maklum online pake inet kantor....jadi bisa onlinenya pas hari kerja saja.. :cling
klo OL pake hp ga enak...

Terima kasih untuk masukanya....

klo pesawatnya klo ga sukses saya langsung ancurin jadi ga sempat di photo2 dulu,,karena bikin yg baru ya otomatis elektriknya diambilin dari situ...tpi nanti klo coba bikin lagi tak potoin dulu dech... :gg

Re: Posisi motor seperti ini....bingung..????

Posted: 15 Apr 2013, 08:31
by 01062010
toto wrote:nambahin catatan suhu BG dan suhu mandiridjaya, kemungkinan pesawat nyungsep bisa terjadi antara lain karena :

1. posisi up/down thrust nya belum pas;
2. posisi CG belum pas jadi nose heavy;
3. incident angle sayap negatif;
4. posisi horisontal stabilazer dongak;
5. ....... apa lagi ya, ayo diisi biar komplit atau silahkan koreksi no. 1 s/d 4 bisa jadi saya salah


nah makanya paling enak di posting foto nya dari samping dan depan biar bisa kelihatan profil nya juga posisi di gantung pada titik CG nya semoga nanti bisa mendapatkan resep cespleng bablas angine dari suhu BG dan suhu mandiridjaya .... :mtp

Terima kasih Suhu sdh kasih masukanya....M'f suhu dicobain dirunut ulang ya suhu...

1. posisi up/down thrust nya belum pas; = sudah dicoba dengan mengubah-ubah sudut angle up/down thrust tetap suhu
2. posisi CG belum pas jadi nose heavy; = Sudah di coba dengan menggeser-geser posisi battery hasilnya sama
3. incident angle sayap negatif; = ini yang blom saya ngerti maksudnya apa...? mohon pencerahanya
4. posisi horisontal stabilazer dongak; = sudah dilakukan dengan diukur pake mistar panjang disejajarkan dengan sayap

sedikit pertanyaan klo jenis propeller ngaruh ga ya.....karena saya waktu test pake jenis ini
Image

sedangkan klo saya liat yang pabrikan sering liatnya yang model gini
Image

maklumn memanfaatka source yang ada aja

terima kasih untuk semua masukanya....








salam