jadi semakin terbuka wawasan nich.......terima kasih pak D toto yang sudah merangkai kata sedemikian bagus..karena sebenarnya itu rangkaian kata di awal yang ingin diutarakan,cuma sperti pepatah ingin hati merangkai kata apa daya kamus tak ada....(ngarang.com)
juga kepada Om cristofell penjelasanya secerah matahari masuk dihati menembus ke dalam dada.... :
inertial wahana nya lembam (karena biasanya defleksi bidang control akan menyebabkan perputaran),untuk yg ini mungkin bisa dijelaskan dengan bahasa yg lebih ringan....om cristoffell
kelembaman : kemampuan suatu benda untuk mempertahankan kecepatan awal nya. kelembaman inertia : khusus untuk gerak putar. jadi kalau inertial nya lembam artinya kalau sedang diam tidak mudah di putar, kalau sedang berputar tidak mudah di hentikan. kalau di pelajaran fisika SMA, ini lambangnya I. coba buka2 lagi buku fisika SMA, benda seperti apa yg I nya besar (I lebih besar belum tentu masa nya lebih besar).
penjelasannya : misal servo di gunakan pada elevator, berarti menggerakkan elevator keatas kalau mau climb. (asumsi sebelumnya pesawat dalam kondisi level). kalau pesawat inertial nya tinggi, berarti tidak mudah (lambat) di putar, padahal bidang elevator sedang keras2 nya kena angin dari depan. kalau pesawat cepat berputar, angin pada elevator sudah tidak sekeras tadi karena arahnya sudah berubah (seolah olah AoA elevator berkurang).
Jadi pengen nambah pertanyaan semoga diperbolehkan dan enggak bosen ngajarin nya ya ... Gini nih kenapa kok untuk model pesawat tertentu servo utk elevator nya memerlukan torsi yg besar dibandingkan dengan servo utk control surface lainnya .... Mohon pencerahannya ya suhu .....
Jadi pengen nambah pertanyaan semoga diperbolehkan dan enggak bosen ngajarin nya ya ... Gini nih kenapa kok untuk model pesawat tertentu servo utk elevator nya memerlukan torsi yg besar dibandingkan dengan servo utk control surface lainnya .... Mohon pencerahannya ya suhu .....
Salam
Selamat malam pak Toto, menurut sepengetahuan saya, alasan terbesar adalah safety. Untuk mencegah stall pada servo elevator, maka designer merekomendasi higher torque servo. Pada pesawat dengan full house control (aileron, rudder, elevator, throttle), stall (kegagalan) pada salah satu servo masih ada chance buat pilot untuk menyelamatkan pesawatnya untuk mendarat dengan aman. Terkecuali kegagalan pada servo elevator. semoga ini cukup membantu. Maaf kalau ada kesalahan. Salam aeromodelling.
selamat malam om suhu james .... terima kasih atas penjelasannya sangat membantu dalam memahami atas kebutuhan servo jadi nantinya enggak main tanjep aja cuman gara2 salah memilih servo atau mau ngirit tapi berbuntut hancur pesawat bikin runyam dan malah bisa bikin perang bharata yudha di rumah deh ............
gimana suasana per aeroan di new zealand apakah sangat cepat regenerasi nya dan juga bertambah anggotanya atau so so saja nih ........
Selamat malam pak Jendral Toto, terimakasih. bulan ini mulai masuk winter, masih banyak hujan nya. hampir setiap hari. Jadi kegiatan terbang outdoor agak sepi. biasanya winter kita lebih aktif di garasi, membangun pesawat baru, atau memperbaiki pesawat pesawat rusak. pada akhir winter nanti sekitar September, biasanya kita aktif terbang slope soaring. Di Auckland sini banyak bukit bukit dan slope soaring sangat populer, karena murah, tidak perlu engine tapi bisa terbang seharian. Salam buat rekan rekan aeromodeller di Cibinong-Bogor. Sepertinya saya harus simpan satu pesawat siap terbang nih di rumah orang tua di Cibinong. Jadi kalau saya tengok orang tua, bisa terbang bareng pak Toto.
Om james entar kalau mudik kabar2in aja dan enggak perlu kok sampai harus repot nyimpen pesawat segala soalnya kalau di SJAC-Perjuangan banyak kok pesawat yang di ojeg kin entar sekalian bakal untuk test servo ..... ..... Sip di tunggu deh dan selamat ngadem ....