Yagee wrote:Saya pernah 4 x break in mesin itu..saya sarankan jangan menggunakan bahan bakar oplosan ..akan susah ketemunya..gunakan fuel pabrikan yg sudah ada campuran oli nya 20% ..saat proses break in jgn di geber...cukup nyalakan dengan posisi throttle sedikit dibawah setengah atau dilihat dari lobang carbu lebih dari seperempat terbuka dibawah setengah biarkan idle 3x80cc sudah cukup
saya gunakan prop 7x4 masterscrew..dan setelah proses selesai saya pasang di modelnya 6x4..coba hub NTC di jakarta utk produk tsb
catatan **salah break in indikasinya engine susah nyala, kurang bertenaga dan selalu overhit **engine ini hanya mampu di pasang pada model dibawah 600gram **gunakan plug seri Panas ( A3 ) **Jika dalam kondisi baru tolong diperhatikan dalam meng install carbu karena jika kurang hati2 sekrup dan pegangan jarumnya mudah patah ..ini yg menyebabkan angin sering bocor
Om apa itu ga keberatan dg 7x4, sdngkan di manual max 7x3 Sy jg udh kontak technical surabaya break-in ttp 6x3,.. Trus fuel merk apa om yg nitro tp pelumasan msh castor 20%, sdangkan banyak yg beredar full sintetik??
saya waktu itu pake byron 15 didalamnya ada kandungan oli sintetis 16%
yagus wrote:propeler pake 6x4 APC elektrik. engine ini saya dapat second hand. jadi gk tau dulunya breaking seperti apa. krmin-kmrin dah hampir habis 1/2 liter dengan minyak oplosan dan gk pernah overheat. karena minggu kmrin susah nyalain, nyoba pake nitro 15%. eh tetep overheat. kalo saran temen suruh ganti linier dan piston
Jadi ingat kemarin pas lomba pylon di surabaya. Ada engine yang biasa pake 15%, pada saat lomba menggunakan 30%, baru satu putaran sudah over heat dan power loyo. Mungkin enginenya kaget ya..
yagus wrote:propeler pake 6x4 APC elektrik. engine ini saya dapat second hand. jadi gk tau dulunya breaking seperti apa. krmin-kmrin dah hampir habis 1/2 liter dengan minyak oplosan dan gk pernah overheat. karena minggu kmrin susah nyalain, nyoba pake nitro 15%. eh tetep overheat. kalo saran temen suruh ganti linier dan piston
Jadi ingat kemarin pas lomba pylon di surabaya. Ada engine yang biasa pake 15%, pada saat lomba menggunakan 30%, baru satu putaran sudah over heat dan power loyo. Mungkin enginenya kaget ya..
kmrin nyoba pake oplosan susah nyalanya, jadi langsung di kasih yg bergizi... masak engine ada istilah kaget kalo tanda2 engine minta ganti linier dan piston apa ya?
yagus wrote:kira-kira hal apa saja yang membuat mesin jadi overheat. engine Thunder Tiger 07. kmrin di lapangan dicoba dengan BBM nitro coolpower15%, tetapi sekitar 2 menitan mesin mati(overheat)-di pegang knalpot dan head engine panas. kira-kira penyebabnya apa ya? setingan dah diputer kekiri biar lebih rich, tapi sama saja. kmrin temen bilang harus ganti linier dan piston, apakah bener harus ganti?
Engine fix wing sepertinya kebanyakan dirancang untuk nitro 5% makanya biasanya akan cenderung overheat kalau digunakan nitro di atas 5% apalagi pilotnya hobby gaspolllll, ciri kalau harus ganti piston & liner adalah kalau engine diputar udah gak ada lagi tendangan balik, maaf kalau salah itu berdasarkan pengalaman temen-temen.
yagus wrote:kira-kira hal apa saja yang membuat mesin jadi overheat. engine Thunder Tiger 07. kmrin di lapangan dicoba dengan BBM nitro coolpower15%, tetapi sekitar 2 menitan mesin mati(overheat)-di pegang knalpot dan head engine panas. kira-kira penyebabnya apa ya? setingan dah diputer kekiri biar lebih rich, tapi sama saja. kmrin temen bilang harus ganti linier dan piston, apakah bener harus ganti?
Engine fix wing sepertinya kebanyakan dirancang untuk nitro 5% makanya biasanya akan cenderung overheat kalau digunakan nitro di atas 5% apalagi pilotnya hobby gaspolllll, ciri kalau harus ganti piston & liner adalah kalau engine diputar udah gak ada lagi tendangan balik, maaf kalau salah itu berdasarkan pengalaman temen-temen.
Hmm bisa jd tuh, apa lg ini type GP / non ball bearing ky OS LA kepanasan mogok deh krn nitro terlalu besar, hehe Mmg engine ini type slow fly
yagus wrote:propeler pake 6x4 APC elektrik. engine ini saya dapat second hand. jadi gk tau dulunya breaking seperti apa. krmin-kmrin dah hampir habis 1/2 liter dengan minyak oplosan dan gk pernah overheat. karena minggu kmrin susah nyalain, nyoba pake nitro 15%. eh tetep overheat. kalo saran temen suruh ganti linier dan piston
sebelum engine diotak atik dan keluar uang untuk part ada baiknya dicoba dulu saran dari suhu Yagee om yaitu dengan perbandingan castor oil yang pas untuk engine tersebut
saya juga punya engine small block dari pertama breakin saya kasih 25% castor oil sebagai pelumasnya
Alhamdulillah sampai sekarang engine tersebut masih joss
bentar..menurut pengalaman saya semakin kecil engine semakin butuh nitro tinggi dan pelumas yg seimbang...misalnya 15% nitro + 16% oli sintetis..coba om kalo masih nemu produk byron warna orange 15%...sebab ternyata saya udah pernah ngrakit pesawat dan breakin engin TT07 itu sebanyak 5x dengan minuman tersebut diatas...dan semuanya berhasil..dan memang untuk menuju sempurna susah untuk di putar menggunakan tangan ( manual ) harus menggunakan electrik start...apalagi dalam kondisi mesin masih panas..kecuali anda menggunakan nitro heli yg 30% akan sangan mudah sekali ...untuk engine kecil dibawah 10' susah merasakan tendangan baliknya karena kompresinya kecil..kecuali pada saat di putar di posisi final tidak ada tekanan sama sekali ya berarti engine iytu udah loyo...saran saya buat pajangan aja...kalo di belikan ini itu meskipun partnya baru balikin kerapatannya susah banget soalnya sekrupnya kecil2 ..beda cara kita pasang dengan cara mesin pabrik...tapi apa salahnya di coba memang jika masih penasaran
Beli engine baru aja omm,, haha Engine udh minum nitro yg tinggi bakal susah di minumin oplos
Kmarin TT 07 sy baru break-in 1 tangki dg oplos 4:1 + prop master airsc 6x3.5 bukaan throt kurg dri 50% hampir 1 jam, busi di ganti dari bawaan R2 jd OS A3, no electric starter (ga punya)
Arya m 1991 wrote:Beli engine baru aja omm,, haha Engine udh minum nitro yg tinggi bakal susah di minumin oplos
Kmarin TT 07 sy baru break-in 1 tangki dg oplos 4:1 + prop master airsc 6x3.5 bukaan throt kurg dri 50% hampir 1 jam, busi di ganti dari bawaan R2 jd OS A3, no electric starter (ga punya)
lalu bagaimana...? bisa idle/langsam..? di bawa terbang... stabil, ga gampang mati