Page 2 of 3

Re: antara engine nitro dn gasoline

Posted: 05 Jul 2013, 21:32
by Arya m 1991
Cukup dg fuel 0% nitro 4:1, yg penting bisa main glow engine dg fuel murah meriah, hehehe

Re: antara engine nitro dn gasoline

Posted: 06 Jul 2013, 05:50
by Faridfadlan
Jadi bingung yang ditanyakan Nitro dan Gasoline, kog jadi engine dan electric ........ :hmm :hmm

Re: antara engine nitro dn gasoline

Posted: 06 Jul 2013, 08:55
by Listya Nugroho
Arya m 1991 wrote:Cukup dg fuel 0% nitro 4:1, yg penting bisa main glow engine dg fuel murah meriah, hehehe


bener itu om, saya juga pernah pake trik itu, tapi saya make buat kalau terbang santai, seperti kalau terbang trainer. Kalau untuk aerobatik sayang, power yang dihasilkan masih kurang.

Re: antara engine nitro dn gasoline

Posted: 06 Jul 2013, 10:08
by ahmadbenny
Yang saya bingung TS nya kmana nih..... :hmm ap lgi k HS bli engine nitro sama gassoline..... :gg :kabur

Re: antara engine nitro dn gasoline

Posted: 06 Jul 2013, 11:41
by Arya m 1991
Listya Nugroho wrote:
Arya m 1991 wrote:Cukup dg fuel 0% nitro 4:1, yg penting bisa main glow engine dg fuel murah meriah, hehehe


bener itu om, saya juga pernah pake trik itu, tapi saya make buat kalau terbang santai, seperti kalau terbang trainer. Kalau untuk aerobatik sayang, power yang dihasilkan masih kurang.


Yupp sekedar terbang patroli aja, yg penting bisa menikmati penerbangan dg engine,, hehehe

Re: antara engine nitro dn gasoline

Posted: 06 Jul 2013, 12:44
by muchtar
ahmadbenny wrote:Yang saya bingung TS nya kmana nih..... :hmm ap lgi k HS bli engine nitro sama gassoline..... :gg :kabur


Iya nih mestinya Kembali Ke LAPTOP,......
jadi kesimpulannya apa nih?........
Kalau pendapat saya: ....Buat pemula seperti saya
Engine Nitro lebih simpel, tapi itu Nitro (BBM) yang dijual di Indo. mesti Impor dan yang pastinya bikin harga lebih mahal,.

Engine Gassoline Agak ruwet, dengan spec yg sama ,..harga enggin itu sendiri lebih mahal dibandingkan nitro Enggine. tapi perawatan dan BBm nya lebih murah


sekarang tinggal kita yg menentukan : ,.... :ktk

Re: antara engine nitro dn gasoline

Posted: 06 Jul 2013, 17:07
by Andri_Adr
izin menyimak om..
dan berbagi pengalaman..

saya setelah sekian lama pake nitro, skr udah mulai beralih ke gasser..
tidak sesuai dengan yang dibayangkan, ternyata engine gasoline lebih mudah, murah, powerfull, suaranya merdu..
dan pastinya kalo dah pake engine gasoline, pesawatnya gede-gede..

salam,

Re: antara engine nitro dn gasoline

Posted: 07 Jul 2013, 10:42
by toto
Sedikit berbagi informasi tapi belum tentu bener loh ya :

1. Apapun engine nya baik glow atau spark performance yg dihasilkan berawal dari saat break'in dan memang utk mendapatkan hasil yg optimal hasil break'in untuk engine spark memerlukan waktu dan step yg lebih lama dan banyak dibandingkan engine glow

2. Pada engine spark begitu broken'in atau selesai br3ak'in dan setting sudah ketemu praktis setiap akan terbang tidak lagi memerlukan resetting dibandingkan dgn engine glow yg setiap awal penerbangan memerlukan setting diantara seperti mengangkat posisi pesawat jadi vertikal pakai di koclak2 segala. Engine spark yang pasti memerlukan sedikit setting ulang bila lokasi terbang memiliki beda ketinggian yg relatif berbeda banyak dr lokasi penerbangan sebelumnya

3. Mengingat power yg dihasilkan oleh engine spark kira2 3/4 dr engine glow untuk volume engine yg sama maka patut dipertimbangkan apabila ingin mengkonversi powertrain drpesawat yg tadi nya pakai engine glow utk di diganti pakai engine spark biar nanti hasilnya enggak under power

4. Pesawat terkecil yg akan dipasangkan dengan engine spark di rekomendasikan tidak lebih kecil pesawat kelas 60 dengan engine gas 15cc tapi alangkah lebih optimal kelas 90

Re: antara engine nitro dn gasoline

Posted: 07 Jul 2013, 11:51
by topankaltim
toto wrote:Sedikit berbagi informasi tapi belum tentu bener loh ya :

2. Pada engine spark begitu broken'in atau selesai br3ak'in dan setting sudah ketemu praktis setiap akan terbang tidak lagi memerlukan resetting dibandingkan dgn engine glow yg setiap awal penerbangan memerlukan setting diantara seperti mengangkat posisi pesawat jadi vertikal pakai di koclak2 segala. Engine spark yang pasti memerlukan sedikit setting ulang bila lokasi terbang memiliki beda ketinggian yg relatif berbeda banyak dr lokasi penerbangan sebelumnya



Halo Pakde Suhu Toto..boleh ya tanya sedikit tentang lokasi dengan ketinggian yang berbeda dengan lokasi semula..yang disetting ulang bagian engine spark bagian apanya dan biar bagaimana ya Suhu? kok saya belum dapat dikasih ilmunya ya Pakde Suhu..

matur nuwun

salam dari murid di Kaltim

Re: antara engine nitro dn gasoline

Posted: 07 Jul 2013, 11:56
by Maria Nindhya
:hmm klu saya.. engine gasoline atau nitro... tetep pake methanol.. abis blm ada CL pake gasoline.. he.. he.. :kabur