OVER KILL POWER

Diskusi pesawat rc elektrik
User avatar
zaki
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2247
Joined: 19 May 2008, 20:43
Location: Cilegon - BANTEN
Contact:

Re: OVER KILL POWER

Post by zaki »

cari RPM yg tinggi kali ya :hmm
User avatar
hulmannapit
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 715
Joined: 31 Dec 2009, 11:35
Location: Ambon&Bandung

Re: OVER KILL POWER

Post by hulmannapit »

KBSantoso wrote:
zaki wrote:maksih om dan mbah toto ..

sebenarnya kejadiannya sudah beberapa tahun yg lalu saya lupa tanyakan.... dan kejadian ini satu2nya pesawat homemade sy yg gagal terbang :nw

intinya sy bikin pesawat dgn WS 70cm FS mengikuti ( niat bikin yg rada kecil klo ga salah AUW 400gr dgn motor ko ga salah 2409 trust 800grm prop juga standar nya 8x6.. biar ngebut niatnya..hehehe) .. pas di handlaunch langsung itu pesawat [color=#FF0000]twist/melintir/roll langsung gabrug ...... :hi3

nah setelah di ingat2.... apakah ini efek overpower / aileron terbalik ... :gg
saya ambil asumsi overpower sih .....

nah untuk mbah toto dan om flylow... apakah yg pernah terjadi pada saya itu ( jika ail normal ) apakah bisa dari overpower ...?


Share pengalaman Om Zaki
Kalo efek melintir/roll pada saat take off itu akibat dari torsi motor.
Biasanya melintir ke kanan. Efek itu akan semakin nyata bila perbandingan power motor dengan AUW tidak seimbang (terlalu besar).
Right thrust tidak bisa menghilangkan efek torsi ini, hanya mengurangi.
Efek ini akan diseimbangkan pada saat pesawat sudah memiliki cukup laju sehingga gaya aerodinamik sayap bisa menetralkannya.
Pada saat take off/hand launch kita cenderung full throttle sehingga torsi motor juga maksimum, sedangkan pesawat belum memperoleh cukup laju untuk meng-counter torsi ini.
Biasanya kalo mau take off dengan hand launch atau full throttle saya counter sedikit aileron ke kiri. Biasakan juga jika handlaunch sendirian, pakai tangan kanan untuk mengontrol Tx yaitu aileron dan elevator, tangan kiri untuk launch. Pengaktifan throttle bisa pakai dagu/mulut. Jika sebaliknya, kuatir tidak akan sempat mengantisipasi jika terjadi efek melintir.
Hal ini sering saya temui pada teman2 saya di Marina Semarang,...
Bukan hanya saat take off, tapi pada saat panic recovery saat mau landing, throttle didorong secara tiba2 sehingga pesawat yang sedang lowspeed mengalami efek puntir dan gabruuggg.... :nw

Semoga bisa membantu....


Penjelasannya mantap...
Saya jadi ingat dulu waktu awal2 mulai kenal pesawat aeromodelling, sering mengalami hal ini...(panic...malah injek gas) :hi3
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: OVER KILL POWER

Post by toto »

Sejauh yg saya pahami dalam melakukan takeoff ada dua aliran yg pertama mengandalkan gas pol rem pol dan yg kedua menikmati gaya angkat yg ditimbulkan oleh sayap melalui throttle management

Dengan meningkatkan skill throttle management kemungkinan pesawat melintir akibat over power kayanya sih masih bisa di eliminir beda dengan apabila throttle langsung dibejek dijamin begitu pesawat lift of langsung melintir dan hal ini bisa terjadi pada pesawat under power kecepetan airborne apalagi di tambah dgn langsung narik elevator hasil nya akan sama yaitu apalagi kalau enggak bikin pesawat langsung melintir

Jadi paling bikin hati tenang ya pasang lah sumber tenaga sesuai dengan spesifikasinya sambil terus meningkatkan skill throttle management abis itu baru deh meningkat meneko neko in tuh pesawat

Ini semua cerita soal takeoff loh ya bukan soal manuver karena ceritanya bisa lain ... nah bagi yg sudah menggunakan remote digital alangkah indah nya bisa bisa mengoptimal kemampuan sang remote dgn melakukan setting mode lepas landas dan/atau mendarat serta manuver yv berbeda, sayangkan udah pake remote digital kalau menu yg disediakan hanya digunakan kurang dari 50% ini juga kalau sampai loh ya

Mohon maaf ya kalau curhat saya ini tidak sejalan apalagi tidak benar adanya


Salam
User avatar
zaki
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2247
Joined: 19 May 2008, 20:43
Location: Cilegon - BANTEN
Contact:

Re: OVER KILL POWER

Post by zaki »

toto wrote:Sejauh yg saya pahami dalam melakukan takeoff ada dua aliran yg pertama mengandalkan gas pol rem pol dan yg kedua menikmati gaya angkat yg ditimbulkan oleh sayap melalui throttle management

Dengan meningkatkan skill throttle management kemungkinan pesawat melintir akibat over power kayanya sih masih bisa di eliminir beda dengan apabila throttle langsung dibejek dijamin begitu pesawat lift of langsung melintir dan hal ini bisa terjadi pada pesawat under power kecepetan airborne apalagi di tambah dgn langsung narik elevator hasil nya akan sama yaitu apalagi kalau enggak bikin pesawat langsung melintir

Jadi paling bikin hati tenang ya pasang lah sumber tenaga sesuai dengan spesifikasinya sambil terus meningkatkan skill throttle management abis itu baru deh meningkat meneko neko in tuh pesawat

Ini semua cerita soal takeoff loh ya bukan soal manuver karena ceritanya bisa lain ... nah bagi yg sudah menggunakan remote digital alangkah indah nya bisa bisa mengoptimal kemampuan sang remote dgn melakukan setting mode lepas landas dan/atau mendarat serta manuver yv berbeda, sayangkan udah pake remote digital kalau menu yg disediakan hanya digunakan kurang dari 50% ini juga kalau sampai loh ya

Mohon maaf ya kalau curhat saya ini tidak sejalan apalagi tidak benar adanya


Salam



yg di warna..maksudnya setingan apa nya mbah ... menu opo
User avatar
BZ123456
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1177
Joined: 26 Dec 2011, 21:46
Location: Jak-Tim

Re: OVER KILL POWER

Post by BZ123456 »

maksud e Pak dhe mungkin adalah Flight Condition...(bener tidak pak dhe?). Saya juga sering memakai program Flight condition untuk take off dan landing (mungkin satu perguruan wekekekek)...tapi dengan alasan yang berbeda. Jempol tangan kiri saya tremor sehingga untuk throtle gradually change agak susah untuk tidak nyenggol-nyenggol rudder yang biasanya saya iket dengan tail wheel. Jadi pas take off saya non sensitifkan itu rudder sehingga kesenggol dikit gak bakalan ngaruh tapi harus pake input lebih besar untuk membuatnya bergerak....begitu airborn...flight condition take off dimatikan....Begitulah adanya
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: OVER KILL POWER

Post by toto »

Waduh ketahuan deh sama pak dokter guru ... Ya begitulah adanya sama dengan saya yg bawaannya binun jadi biarin remote aja yg bikin takeoff dan mendaratin tuh pesawat dengan inget2 ceklekan flight condition mana yg musti diaktifkan biar bisa menggantikan jempol saya yang kaku ini .... :hi3

Saya yakin belon ampe 50% deh mengeksplore semua menu yg disediaken sama sang remote dan untuk ini kiranya pak dokter guru bersedia membimbing murid dari desa cikaret .... :doa




Salam
User avatar
zaki
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2247
Joined: 19 May 2008, 20:43
Location: Cilegon - BANTEN
Contact:

Re: OVER KILL POWER

Post by zaki »

:hmm :hmm ya ya ..sedikit paham deh :dj
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: OVER KILL POWER

Post by flylow »

zaki wrote:
nah setelah di ingat2.... apakah ini efek overpower / aileron terbalik ... :gg
saya ambil asumsi overpower sih .....

nah untuk mbah toto dan om flylow... apakah yg pernah terjadi pada saya itu ( jika ail normal ) apakah bisa dari overpower ...?


pernah kemaren2 oom sutanto SRAC Palembang, maksa warbird 46 nitro dipakein 20cc,
kasus kedua corsair F4U juga 46 dipake 20cc punya pak fei,
permasalahannya sama, cuma pada waktu landing, gak bisa mulus karena terlalu berat, jadi stalling speednya jg gak bisa pelan,
walhasil landing harus kencang.

justru efek twisting itu saya baru pernah dengar, dan harusnya juga ada counter force yg namanya kelembaman alias inertia,
jadi walaupun throttle dikencengin harusnya attitude longitudinal pesawat gak akan terlalu pengaruh.
pesawat saya sekarang 80% 3D semua, dan sedikit overpowered kira2 20%, tapi saya nggak pernah merasakan efek twist yg dimaksud walaupun throttle dikocok2.

jika melintir waktu terbang, apalagi baru pertama kali bisa banyak sebabnya, antara lain
- crosswind
-wind gust
-aileron belom pernah/belum sempat di trim
-tail heavy (ini yg klasik) coba aja, pesawat berat belakang pasti melintir :crg
walau secara visual aileron rata tetapi belom tentu terbangnya lurus tanpa trim, apalagi pesawat2 homemade. :gg

mudah2an berguna dan maaf kalo tidak berkenan
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: OVER KILL POWER

Post by flylow »

toto wrote:Sejauh yg saya pahami dalam melakukan takeoff ada dua aliran yg pertama mengandalkan gas pol rem pol dan yg kedua menikmati gaya angkat yg ditimbulkan oleh sayap melalui throttle management

Dengan meningkatkan skill throttle management kemungkinan pesawat melintir akibat over power kayanya sih masih bisa di eliminir beda dengan apabila throttle langsung dibejek dijamin begitu pesawat lift of langsung melintir dan hal ini bisa terjadi pada pesawat under power kecepetan airborne apalagi di tambah dgn langsung narik elevator hasil nya akan sama yaitu apalagi kalau enggak bikin pesawat langsung melintir

Salam


saya sangat setuju juga dengan hal ini,
biasakan take-off ala scale airplane, bayangin aja ada penumpang di dalamnya, gimana caranya supaya penumpang di dalam nyaman gak sampe muntah2.
kecenderungan orang take off ketakutan gak akan terbang, jadi speed belom nyampe V2 (take off speed) elevator udah diangkat kenceng2, jadinya melintir juga karena stall.
saya lihat pemain2 rasanya 75% masih bertabiat begini :nw

resep take off saya kalo runway memadai, tungguin aja sampe V2, tak lupa koreksi rudder biar lurus dgn landasan,
begitu dirasa udah V2 angkat elevator dikit2, kalo dishoot pake kamera video kan keren
plus dikasih tepuk tangan sama yg nonton karena take-offnya cantik.
User avatar
zaki
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2247
Joined: 19 May 2008, 20:43
Location: Cilegon - BANTEN
Contact:

Re: OVER KILL POWER

Post by zaki »

sip....
jika selain dari overpowernya ..saya cenderung ke aileron terbalik ( saya lupa..kasusnya dah lama ) :nw
Post Reply