Re: OVER KILL POWER
Posted: 09 Aug 2013, 21:50
cari RPM yg tinggi kali ya 

KBSantoso wrote:zaki wrote:maksih om dan mbah toto ..
sebenarnya kejadiannya sudah beberapa tahun yg lalu saya lupa tanyakan.... dan kejadian ini satu2nya pesawat homemade sy yg gagal terbang![]()
intinya sy bikin pesawat dgn WS 70cm FS mengikuti ( niat bikin yg rada kecil klo ga salah AUW 400gr dgn motor ko ga salah 2409 trust 800grm prop juga standar nya 8x6.. biar ngebut niatnya..hehehe) .. pas di handlaunch langsung itu pesawat [color=#FF0000]twist/melintir/roll langsung gabrug ......![]()
nah setelah di ingat2.... apakah ini efek overpower / aileron terbalik ...![]()
saya ambil asumsi overpower sih .....
nah untuk mbah toto dan om flylow... apakah yg pernah terjadi pada saya itu ( jika ail normal ) apakah bisa dari overpower ...?
Share pengalaman Om Zaki
Kalo efek melintir/roll pada saat take off itu akibat dari torsi motor.
Biasanya melintir ke kanan. Efek itu akan semakin nyata bila perbandingan power motor dengan AUW tidak seimbang (terlalu besar).
Right thrust tidak bisa menghilangkan efek torsi ini, hanya mengurangi.
Efek ini akan diseimbangkan pada saat pesawat sudah memiliki cukup laju sehingga gaya aerodinamik sayap bisa menetralkannya.
Pada saat take off/hand launch kita cenderung full throttle sehingga torsi motor juga maksimum, sedangkan pesawat belum memperoleh cukup laju untuk meng-counter torsi ini.
Biasanya kalo mau take off dengan hand launch atau full throttle saya counter sedikit aileron ke kiri. Biasakan juga jika handlaunch sendirian, pakai tangan kanan untuk mengontrol Tx yaitu aileron dan elevator, tangan kiri untuk launch. Pengaktifan throttle bisa pakai dagu/mulut. Jika sebaliknya, kuatir tidak akan sempat mengantisipasi jika terjadi efek melintir.
Hal ini sering saya temui pada teman2 saya di Marina Semarang,...
Bukan hanya saat take off, tapi pada saat panic recovery saat mau landing, throttle didorong secara tiba2 sehingga pesawat yang sedang lowspeed mengalami efek puntir dan gabruuggg....![]()
Semoga bisa membantu....
toto wrote:Sejauh yg saya pahami dalam melakukan takeoff ada dua aliran yg pertama mengandalkan gas pol rem pol dan yg kedua menikmati gaya angkat yg ditimbulkan oleh sayap melalui throttle management
Dengan meningkatkan skill throttle management kemungkinan pesawat melintir akibat over power kayanya sih masih bisa di eliminir beda dengan apabila throttle langsung dibejek dijamin begitu pesawat lift of langsung melintir dan hal ini bisa terjadi pada pesawat under power kecepetan airborne apalagi di tambah dgn langsung narik elevator hasil nya akan sama yaitu apalagi kalau enggak bikin pesawat langsung melintir
Jadi paling bikin hati tenang ya pasang lah sumber tenaga sesuai dengan spesifikasinya sambil terus meningkatkan skill throttle management abis itu baru deh meningkat meneko neko in tuh pesawat
Ini semua cerita soal takeoff loh ya bukan soal manuver karena ceritanya bisa lain ... nah bagi yg sudah menggunakan remote digital alangkah indah nya bisa bisa mengoptimal kemampuan sang remote dgn melakukan setting mode lepas landas dan/atau mendarat serta manuver yv berbeda, sayangkan udah pake remote digital kalau menu yg disediakan hanya digunakan kurang dari 50% ini juga kalau sampai loh ya
Mohon maaf ya kalau curhat saya ini tidak sejalan apalagi tidak benar adanya
Salam
zaki wrote:
nah setelah di ingat2.... apakah ini efek overpower / aileron terbalik ...![]()
saya ambil asumsi overpower sih .....
nah untuk mbah toto dan om flylow... apakah yg pernah terjadi pada saya itu ( jika ail normal ) apakah bisa dari overpower ...?
toto wrote:Sejauh yg saya pahami dalam melakukan takeoff ada dua aliran yg pertama mengandalkan gas pol rem pol dan yg kedua menikmati gaya angkat yg ditimbulkan oleh sayap melalui throttle management
Dengan meningkatkan skill throttle management kemungkinan pesawat melintir akibat over power kayanya sih masih bisa di eliminir beda dengan apabila throttle langsung dibejek dijamin begitu pesawat lift of langsung melintir dan hal ini bisa terjadi pada pesawat under power kecepetan airborne apalagi di tambah dgn langsung narik elevator hasil nya akan sama yaitu apalagi kalau enggak bikin pesawat langsung melintir
Salam