JFC Giant TL2000 Sting Ultralight 30cc build

Moderator: DIMAS

User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: JFC Giant TL2000 Sting Ultralight 30cc build

Post by Andri_Adr »

flylow wrote:utk engine saya saranin pake dle35ra aja, jadi gak bobok pinggir cowlingnya.
lebh cantik, lebih bertenaga, lebih handal.
engine pertama saya dle30, mengecewakan sering mati tanpa sebab, korban 2 pesawat, ada yg mau nampung jadi sy hibahkan sama enginenya.
engine kedua dle30 korban 1 pesawat tapi masih agak mending jarang mati, yg ini mau coba saya pake di goldwing pitts 30cc yg sedang sy rakit skrg.

sejak itu saya beli 4 buah dle35ra utk pesawat beda2, dari 4 itu hanya 1x pernah mati, dan itupun.... kehabisan fuel karena maiden lupa belom set timer. jadi keasyikan.

dle35ra, sehabis priming dalam keadaan choke diengkol batuk sekali, buka choke diengkol sekali langsung hidup.
dle30 kadang harus bbrp kali engkol baru hidup.
bukan ikut kampanye tapi dle35ra gak pernah mengecewakan.

pengalaman lain, saya jg nyoba jc30, rasa2nya lebih enak dibanding dle30, rpm idle bisa lebih rendah dan getaran lebih kecil.
pernah sekali nyoba DM33 dari hobbyking, mati pas hover setinggi 5 meter, korbannya moncong sama landing gear lumayan parah.

itu tambahan perbandingan dr engine2 type/merk lain


saya juga rencana mau beli DLE35RA biar ga perlu beli pitts muffler maksudnya..
tapi sharing pengalaman om ini sangat berharga..
sampai saat ini sih saya tidak pernah mengalami masalah dengan DLE30cc, dan jangan sampai ada masalah :gg
klo boleh tau, yang 50cc berat total+engine nya brp ya?
apakah kurang lebih 10kg?
kalo TWM mustang saya 7,1kg kelas 30cc pake DLE30..
power cukup (malah lebih kencang dari yang diharapkan).
TL2000 ini kalo lebih dari 7,5kg saya mau pake DLE35RA aja..
User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: JFC Giant TL2000 Sting Ultralight 30cc build

Post by Andri_Adr »

justinus wrote:
Andri_Adr wrote:eh, maaf nih om-om,

saya ga salah kamar kan om?
mau tanya juga, apakah ada yang udah pernah terbangkan pesawat ini?
berat terbangnya berapa ya?

terima kasih


Coba tanya suhu2 disini:

viewtopic.php?f=105&t=13983


Terima kasih suhu Justinus,
saya sudah melihat forumnya, dan ada 3 TL2000 nongkrong dsana..
:gg
keren keren....
User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: JFC Giant TL2000 Sting Ultralight 30cc build

Post by Andri_Adr »

oiya satu lagi om,
lampu bawaan yang udah ada di wing tip nya perlu power brp volt ya?
thanks
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: JFC Giant TL2000 Sting Ultralight 30cc build

Post by flylow »

Andri_Adr wrote:oiya satu lagi om,
lampu bawaan yang udah ada di wing tip nya perlu power brp volt ya?
thanks


saya coba pake 5V, itu ada pake pcb lagi di dalam. yg 1 nyala yg 1nya lagi gak nyala, jadi gak disambungin aja dua2nya.
rekan2 yg bertiga itu jg gak ada yg nyalain lampunya.

rencana jg pengen terbang ber4 dgn 3 TL2000 lain minggu ini, tapi oom sutanto mau mudik katanya :ktk
jadi batal lagi
User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: JFC Giant TL2000 Sting Ultralight 30cc build

Post by Andri_Adr »

flylow wrote:
Andri_Adr wrote:oiya satu lagi om,
lampu bawaan yang udah ada di wing tip nya perlu power brp volt ya?
thanks


saya coba pake 5V, itu ada pake pcb lagi di dalam. yg 1 nyala yg 1nya lagi gak nyala, jadi gak disambungin aja dua2nya.
rekan2 yg bertiga itu jg gak ada yg nyalain lampunya.

rencana jg pengen terbang ber4 dgn 3 TL2000 lain minggu ini, tapi oom sutanto mau mudik katanya :ktk
jadi batal lagi


saya coba lampunya dua2nya ga nyala..
:gg :nw
ganti aja deh ama yang lebih bagus..
saya ga diajak terbang bareng nih om flylow..
hehehe
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: JFC Giant TL2000 Sting Ultralight 30cc build

Post by flylow »

ayo welcome, cuma terbangnya di palembang, silaken dateng hari minggu pagi di depan danau waterski stadion jakabaring.
sepertinya lampu bawaannya gak berguna, makanya gak ada yg dinyalain.

dle35ra konsumsi bahan bakarnya lebih boros dikit, jadi jangan lupa diitung dulu waktunya.
kalo saya pake timer dulu pertama terbang 8 menit, sehabis turun dilihat lagi kira2 nyisa berapa kalo terbang normal.
kemudian 8 menit dicoba lagi dengan terbang hover2 dan banyak full throttle, kemudian dilihat lagi sisanya berapa.
dari situ udah bisa kita lihat seting timer berapa yg aman bbiar gak kehabisan bensin.
yg udah normal jalan saya berani 14 menit. hover2 banyak full throttle nyisa 1/5 tangki untuk tangki 380cc
User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: JFC Giant TL2000 Sting Ultralight 30cc build

Post by Andri_Adr »

flylow wrote:ayo welcome, cuma terbangnya di palembang, silaken dateng hari minggu pagi di depan danau waterski stadion jakabaring.
sepertinya lampu bawaannya gak berguna, makanya gak ada yg dinyalain.

dle35ra konsumsi bahan bakarnya lebih boros dikit, jadi jangan lupa diitung dulu waktunya.
kalo saya pake timer dulu pertama terbang 8 menit, sehabis turun dilihat lagi kira2 nyisa berapa kalo terbang normal.
kemudian 8 menit dicoba lagi dengan terbang hover2 dan banyak full throttle, kemudian dilihat lagi sisanya berapa.
dari situ udah bisa kita lihat seting timer berapa yg aman bbiar gak kehabisan bensin.
yg udah normal jalan saya berani 14 menit. hover2 banyak full throttle nyisa 1/5 tangki untuk tangki 380cc


wahahahaha..
pantesan mustang saya ga habis2 fuelnya..
30 cc tangkinya 800 cc :gg
yang TL2000 ini tangki nya 550cc berarti bisa lah 20menitan..
kejauhan om ke palembangnya..
insyaAllah kalo ada acara ke palembang mampir deh dsana..
:mtp
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: JFC Giant TL2000 Sting Ultralight 30cc build

Post by flylow »

Andri_Adr wrote:
flylow wrote:ayo welcome, cuma terbangnya di palembang, silaken dateng hari minggu pagi di depan danau waterski stadion jakabaring.
sepertinya lampu bawaannya gak berguna, makanya gak ada yg dinyalain.

dle35ra konsumsi bahan bakarnya lebih boros dikit, jadi jangan lupa diitung dulu waktunya.
kalo saya pake timer dulu pertama terbang 8 menit, sehabis turun dilihat lagi kira2 nyisa berapa kalo terbang normal.
kemudian 8 menit dicoba lagi dengan terbang hover2 dan banyak full throttle, kemudian dilihat lagi sisanya berapa.
dari situ udah bisa kita lihat seting timer berapa yg aman bbiar gak kehabisan bensin.
yg udah normal jalan saya berani 14 menit. hover2 banyak full throttle nyisa 1/5 tangki untuk tangki 380cc


wahahahaha..
pantesan mustang saya ga habis2 fuelnya..
30 cc tangkinya 800 cc :gg
yang TL2000 ini tangki nya 550cc berarti bisa lah 20menitan..
kejauhan om ke palembangnya..
insyaAllah kalo ada acara ke palembang mampir deh dsana..
:mtp


gasolin lebih irit dari nitro.
800cc itu biasanya buat tangki dle110
tl2000 saya dle60 pake 450cc tangkinya

dulu saya cenderung cari aman selalu ganti fuel tank dgn yg lebih gede
tapi sekarang2 malah yg saya kejar gimana caranya supaya bisa terbang lebih ringan

800cc terbang santai pake dle30 bisa sejaman kali
User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: JFC Giant TL2000 Sting Ultralight 30cc build

Post by Andri_Adr »

flylow wrote:
Andri_Adr wrote:
flylow wrote:ayo welcome, cuma terbangnya di palembang, silaken dateng hari minggu pagi di depan danau waterski stadion jakabaring.
sepertinya lampu bawaannya gak berguna, makanya gak ada yg dinyalain.

dle35ra konsumsi bahan bakarnya lebih boros dikit, jadi jangan lupa diitung dulu waktunya.
kalo saya pake timer dulu pertama terbang 8 menit, sehabis turun dilihat lagi kira2 nyisa berapa kalo terbang normal.
kemudian 8 menit dicoba lagi dengan terbang hover2 dan banyak full throttle, kemudian dilihat lagi sisanya berapa.
dari situ udah bisa kita lihat seting timer berapa yg aman bbiar gak kehabisan bensin.
yg udah normal jalan saya berani 14 menit. hover2 banyak full throttle nyisa 1/5 tangki untuk tangki 380cc


wahahahaha..
pantesan mustang saya ga habis2 fuelnya..
30 cc tangkinya 800 cc :gg
yang TL2000 ini tangki nya 550cc berarti bisa lah 20menitan..
kejauhan om ke palembangnya..
insyaAllah kalo ada acara ke palembang mampir deh dsana..
:mtp


gasolin lebih irit dari nitro.
800cc itu biasanya buat tangki dle110
tl2000 saya dle60 pake 450cc tangkinya

dulu saya cenderung cari aman selalu ganti fuel tank dgn yg lebih gede
tapi sekarang2 malah yg saya kejar gimana caranya supaya bisa terbang lebih ringan

800cc terbang santai pake dle30 bisa sejaman kali


saya udah lama ga pake engine nitro lagi semenjak pake gasoline..
engine nitro nganggur, Rossi 45 Racing pula..
:gg
terakhir pake nitro 4 stroke udah djual juga..
:gg
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: JFC Giant TL2000 Sting Ultralight 30cc build

Post by flylow »

beratnya gak pernah nimbang, tapi yg jelas lebih berat dari 50cc balsa. kebiasan (buruk) pemain SRAC gak pernah nimbang pake kiloan, pake feeling aja, asal CG tepat hajar langsung.
kebetulan saya cuma punya timbangan dapur yg max 6kg
Post Reply