flylow wrote:utk engine saya saranin pake dle35ra aja, jadi gak bobok pinggir cowlingnya.
lebh cantik, lebih bertenaga, lebih handal.
engine pertama saya dle30, mengecewakan sering mati tanpa sebab, korban 2 pesawat, ada yg mau nampung jadi sy hibahkan sama enginenya.
engine kedua dle30 korban 1 pesawat tapi masih agak mending jarang mati, yg ini mau coba saya pake di goldwing pitts 30cc yg sedang sy rakit skrg.
sejak itu saya beli 4 buah dle35ra utk pesawat beda2, dari 4 itu hanya 1x pernah mati, dan itupun.... kehabisan fuel karena maiden lupa belom set timer. jadi keasyikan.
dle35ra, sehabis priming dalam keadaan choke diengkol batuk sekali, buka choke diengkol sekali langsung hidup.
dle30 kadang harus bbrp kali engkol baru hidup.
bukan ikut kampanye tapi dle35ra gak pernah mengecewakan.
pengalaman lain, saya jg nyoba jc30, rasa2nya lebih enak dibanding dle30, rpm idle bisa lebih rendah dan getaran lebih kecil.
pernah sekali nyoba DM33 dari hobbyking, mati pas hover setinggi 5 meter, korbannya moncong sama landing gear lumayan parah.
itu tambahan perbandingan dr engine2 type/merk lain
saya juga rencana mau beli DLE35RA biar ga perlu beli pitts muffler maksudnya..
tapi sharing pengalaman om ini sangat berharga..
sampai saat ini sih saya tidak pernah mengalami masalah dengan DLE30cc, dan jangan sampai ada masalah

klo boleh tau, yang 50cc berat total+engine nya brp ya?
apakah kurang lebih 10kg?
kalo TWM mustang saya 7,1kg kelas 30cc pake DLE30..
power cukup (malah lebih kencang dari yang diharapkan).
TL2000 ini kalo lebih dari 7,5kg saya mau pake DLE35RA aja..