Page 2 of 4

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Posted: 18 Sep 2013, 21:06
by Irwan Bossanova
Ms flylow, utk pertnyaan no.2 scr rata2 ktk full throtle rpm stabil. 1.Klo sensor carbu dh dimodif spt dgmbar apa msh diperlukan cowling ms. 2. Perpindahan gas tinggi ke rendah jk setting needle sdh pas mestinya terjd diposisi throtle mana ms apa diposisi throtle 1/2, 1/3, ato 1/4?

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Posted: 18 Sep 2013, 22:11
by toto
flylow wrote: ........
saran saya, coba pake cowling dengan bobokan depan yg cukup dan bawah yg cukup, .....

good luck



Dari hasil ngelmu sama suhu2 agar flow udara berjalan dengan relatif lancar flow nya maka secara empiris perbandingan lubang antara intake dengan out let minimal 1 : 3 tapi apabila dibuat 1 : 5 akan lebih optimal


Salam

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Posted: 19 Sep 2013, 06:58
by Irwan Bossanova
aduh....mf om toto istilahnya jgn cangih2 donk blom ngerti soalnya. 1).apa sih mksd perbandingan lubang antara intake dengan out let 1 : 3, 2).trus arti lubang intake dn outlet> sklg mf ya om krn istilah2 ini br sy dengar dn blom paham maksdnya

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Posted: 19 Sep 2013, 09:10
by toto
Halo om Irwan, yang saya maksudkan disini adalah perbandingan lubang yang di depan (intake) dan belakang bawah (out let) cowl .... Jadi untuk mengakali nya biar coakan di belakang bawah cowl tidak menjadi besar maka di bagian depan cowl dibuatkan penyekat yg posisi nya sedemikian rupa membuat arus udara optimal mengalir melalui cylinder head fin



Salam

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Posted: 19 Sep 2013, 10:54
by christoffel
sudah 2 halaman, tapi masih belum jelas ini engine apa, gasoline kah? atau methanol kah?
kalo pake cdi mestinya gasoline ya ...

pake ubec, mestinya nggak mungkin panas lagi karena sudah pake switching, disipasi dayanya kecil.
kalau masih panas berarti rating arusnya sudah tercapai.
saya sih curiganya yg dipakai bukan ubec tetapi bec linier biasa, jadi memang panas ...

coba deh, data2 nya dilengkapi dulu om, biar yg mau membantu lebih enak, nggak meraba-raba begini ...
minimal engine nya merek apa dan tipe apa, ubec nya, dan ukuran prop nya ...

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Posted: 19 Sep 2013, 11:27
by flylow
Irwan Bossanova wrote:Ms flylow, utk pertnyaan no.2 scr rata2 ktk full throtle rpm stabil. 1.Klo sensor carbu dh dimodif spt dgmbar apa msh diperlukan cowling ms. 2. Perpindahan gas tinggi ke rendah jk setting needle sdh pas mestinya terjd diposisi throtle mana ms apa diposisi throtle 1/2, 1/3, ato 1/4?



transisi needle biasanya di 50%
50% kebawah dihandle sama low needle, 50% keatas high needle.
kalo dari atas kebawah diturunin gak langsung turun, terasa ada delay dulu lihat aja transisinya dimana, kalo dibagan setengah ke atas berarti high needle terlalu lean alias kurang banyak bukaan, demikian jg kalo di 50% kebawah berarti low needle kurang dibuka dikit.

kalo udah dilakukan modif sensor, gak usah pake cowling gpp, asal ujung selangnya dimasukan ke fuselage posisi yg tekanannya gak berubah2 kena angin propeller

walaupun full throttle udah stabil tp tetep jangan terlalu nafsu harus inget nuruin throttle biar awet mesin dan tentunya jadi awet juga pesawatnya

eh propeller merk dan ukurannya belom dikasih tahu, terus apa udah diukur rpm maksimum pake tachometer?

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Posted: 19 Sep 2013, 11:30
by flylow
christoffel wrote:sudah 2 halaman, tapi masih belum jelas ini engine apa, gasoline kah? atau methanol kah?
kalo pake cdi mestinya gasoline ya ...

pake ubec, mestinya nggak mungkin panas lagi karena sudah pake switching, disipasi dayanya kecil.
kalau masih panas berarti rating arusnya sudah tercapai.
saya sih curiganya yg dipakai bukan ubec tetapi bec linier biasa, jadi memang panas ...

coba deh, data2 nya dilengkapi dulu om, biar yg mau membantu lebih enak, nggak meraba-raba begini ...
minimal engine nya merek apa dan tipe apa, ubec nya, dan ukuran prop nya ...



engine gasolin rcgf 15cc, kayaknya bukan masalah dari cdi karena udah pake bec 5v, kemungkinan overvoltage sudah dieliminir.
nah ukuran propeller si oom ini belon bilang

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Posted: 19 Sep 2013, 11:32
by flylow
Irwan Bossanova wrote:spy lbh paham ms, kalo kita mau menambah atau mengurangi needle karna terlalu lean ato rich arah putarannya kemana? baik tuk high maunpun low needle. TRus 1 hal lg klo kt pke UBEC 5 volt, tp battry pke 11volt sy lihat UBEC panas, apa itu beresiko BEC terbakar? Mkasih penejlasannya, maklum msih belajar om!


kalo ubecnya itu memang bisa handle 3s ya gak masalah, tapi baiknya kalo ada 2s lipo aja lebih adem pasti

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Posted: 19 Sep 2013, 22:08
by Irwan Bossanova
makasih sebelumnya om2. propeler standar aj ukuran 15x6 rekomendasi pabrik blh smp 15x8. utuk hasil tachometer rpm tinggi sama rendah ntar hasilnya sy khbari om flylow sekalian video terbang dn gambarnya. Mksih ya om, skli lg maaf byk nanya. tuk Mas cristopel engine mrek rcgf 15cc, ubec 5volt, propeler 15x6, engine ng pke cowling, rx dn cdi pke ubec sma. Maaf om cristofel jdi byk nanya ya krn sy mmg sangat awam di engine mas, kemudian main di sampit-kalimantan sangat minim teman ato komunitas tuk diajak diskusi. mk dr itu sy jd byk nanya krn apa yg diajarkan para suhu lwt forum ini lgs sy praktekkan, kemudian sy lapaorkan tahap demi tahap jk ada problem. d sampit mgk hanya saya sendiri yg baru main mas. maaf skl lg!

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Posted: 23 Sep 2013, 13:18
by Irwan Bossanova
Ms ini yg ngetes engine : a. HIDUP 1 MENIT 10 detik



b. ENGINE IDLE THROTLE POSITION


c. Geber Throtle Naik Turun


Tuk ngukur RPM BELOM bisa mas krna blom py tachometer