Page 2 of 2
Re: Mohon bantuan Engine JBA61 di vertrikalin mati terus
Posted: 25 Sep 2013, 19:40
by toto
Jeli dan teliti juga om suhu Andri memperhatikan fotonya ... Sejalan dgn usul om suhu andri coba slang utk back pressure ganti dengan 1 slang utuh dan slang yg nancep di muffler dan di fuel tanl coba di ikat juga untuk meyakinkan bahwa tidak ada kebocoran pada titik tersebut sehingga bisa menciptakan kondisi vakum yg optimal ... Semoga membantu dan mohon maaf kalau tidak menghasilkan perubahan ya om ......
Salam
Re: Mohon bantuan Engine JBA61 di vertrikalin mati terus
Posted: 25 Sep 2013, 22:21
by Firman87
maaf sekedar menambahkan,klo salah maaf kan ya.maklum masih baru nih
coba diperiksa bahan bakarnya,untuk pesawat model itu menggunakan yg berapa persen kandungannya. kan klo biasanya untuk pesawat itu kisaran 5% sampai 15% kandungan campuran nitronya, kalo lebih biasanya mesinnya bisa mati-mati gitu.
mudah2an sedikit membantu.

Re: Mohon bantuan Engine JBA61 di vertrikalin mati terus
Posted: 30 Sep 2013, 06:50
by mandiridjaya
terimakasih atas saran suhu2 semua.... sangat membantu
kenapa saya foto bagian knalpotnya??? krn saya curiga dg knalpot jenis ini, yaitu tendanganya yg kurang... krn memang baru kali ini ketemu knalpot jenis ini..
klo masalah slang, tanki, kebocoran, posisi tangki dll nampaknya sy sudah teliti sebelumnya dan sudah tidak asing dg penyebab klasik engine2 yg macet2...
untuk sementara sedikit teratasi dengan mengganti jarum neddle dengan milik OS... dan agak mendingan sudah tidak mati2 lagi seperti semula hanya memang power berkurang....
mungkin krn knalpot kurang nendang ke tangki sehingga tekanan di tangki kurang utk mendorong nitro ke karbu... sementara blm coba utk menutup lobang knalpot udah keburu pesawat diambil tuan nya

Re: Mohon bantuan Engine JBA61 di vertrikalin mati terus
Posted: 30 Sep 2013, 06:57
by mandiridjaya
Firman87 wrote:maaf sekedar menambahkan,klo salah maaf kan ya.maklum masih baru nih
coba diperiksa bahan bakarnya,untuk pesawat model itu menggunakan yg berapa persen kandungannya. kan klo biasanya untuk pesawat itu kisaran 5% sampai 15% kandungan campuran nitronya, kalo lebih biasanya mesinnya bisa mati-mati gitu.
mudah2an sedikit membantu.

klo menurut saya bukan masalah bahan bakar, biasa pake 0% klo memang settingnya pas, tetep lancar jaya... trus klo di atas 15% biasanya di pake di RC Car, Heli Engine dg RPM yg lebih tinggi...

Re: Mohon bantuan Engine JBA61 di vertrikalin mati terus
Posted: 01 Oct 2013, 16:08
by Andri_Adr
mandiridjaya wrote:terimakasih atas saran suhu2 semua.... sangat membantu
kenapa saya foto bagian knalpotnya??? krn saya curiga dg knalpot jenis ini, yaitu tendanganya yg kurang... krn memang baru kali ini ketemu knalpot jenis ini..
klo masalah slang, tanki, kebocoran, posisi tangki dll nampaknya sy sudah teliti sebelumnya dan sudah tidak asing dg penyebab klasik engine2 yg macet2...
untuk sementara sedikit teratasi dengan mengganti jarum neddle dengan milik OS... dan agak mendingan sudah tidak mati2 lagi seperti semula hanya memang power berkurang....
mungkin krn knalpot kurang nendang ke tangki sehingga tekanan di tangki kurang utk mendorong nitro ke karbu... sementara blm coba utk menutup lobang knalpot udah keburu pesawat diambil tuan nya

oiya om,
engine rossi saya ga pake pressure dari muffler masih normal lho..
ketauannya pas landing, selangnya dah lepas dari muffler, padahal terbangnya lama dan ga ada gangguan..
untuk brainstorming aja, saya juga heran..
kalo boleh tau, jarum needle bawaan ama os bedanya apa?
trus pengaruhnya apa om?
itu untuk pengaturan fuel+air mixture ya?
Re: Mohon bantuan Engine JBA61 di vertrikalin mati terus
Posted: 01 Oct 2013, 17:05
by mandiridjaya
tidak terlalu beda jauh untuk jarumnya tetapi perbedaan 1mm aja sangat berpengaruh terhadap idle engine...
saya menemukan kasus seperti itu di 2 engine yg berbeda merk, ketika saya ganti jarum nedlle nya ternyata teratasi... itu aja inget setelah saya posting kasus ini di gaero dan kebetulan punya jarum neddle bekas OS
sy pernah juga slang dari knalpot lepas dan engine masih menyala sampai mendarat, ken kebetulan waktu itu pipa slang di knalpoot lem2an jadi lepas krn panas heee