pernah juga ngalami mbakar 100A HV (max burst 120A) ... di atas kertas sesuai spek motor harusnya cukup, ternyata pas terbang kebakar. jadi harus dikalikan 1.5 kalinya alias harusnya pake yg 160A. Arus minta besar pas membentak (throttle dihentak naik) motor utk manuver 3D krn ada beban propeller. pengaman maksimum arus esc telat beraksi jadi mbakar mosfetnya. begitu sharing pengalaman om-om ...
demikian liputan yg sempat di foto mohon maaf jika ada yg tidak berkenan. tetap semangat..........
barusan ngamati, ternyata prop-nya bukan versi elektrik ya om? beda beratnya biasanya hampir 2 kalinya, alias versi elektrik separoh beratnya. jadi semakin tinggi arus yg diperlukan utk muter prop-nya. versi elektrik gak perlu efek flywheel spt utk enjin 2 langkah, makanya bisa lebih ringan dan power yg diperlukan gak terlalu melonjak2. mohon maaf kalo ada salah pengamatan.
kok bisa kebakar gimana ya? untung lipo ga ikut meledug..
Terbakar karena ada settingan idel prm diradio (sehingga putaran prop masih putar seperti cara kerja engine walau throttel diposisi 0'') pas hardlanding idelnya masih on jadi esc terus memasok power untuk memutar prop sementara prop tertahan,makanya escnya meleduk sampai meleleh, malahan Battnya aman hanya hitam terkena asap esc.
dadhipta wrote:pernah juga ngalami mbakar 100A HV (max burst 120A) ... di atas kertas sesuai spek motor harusnya cukup, ternyata pas terbang kebakar. jadi harus dikalikan 1.5 kalinya alias harusnya pake yg 160A. Arus minta besar pas membentak (throttle dihentak naik) motor utk manuver 3D krn ada beban propeller. pengaman maksimum arus esc telat beraksi jadi mbakar mosfetnya. begitu sharing pengalaman om-om ...